Penerapan Model Pembelajaran Brainstroming dalam Meningktkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Bebantuan Media Quizizz
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13368Keywords:
Brainstroming, Quizizz, Keterampilan Menulis, Teks EksplanasiAbstract
Penelitian mengenai penerapan model pembelajaran brainstorming berbantuan Quizizz dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi kelas XI bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis. Covid-19 membuat proses belajar mengajar dilakukan secara daring di rumah masing-masing, sehingga pengajar dituntut untuk kreatif dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang dapat membangun suasana belajar yang efektif agar tecapainya tujuan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran Brainstroming berbantuan media Quizizz ini telah diterapkan pada kelas XI SMK Informatika bertujuan membangun minat belajar siswa pada keterampilan menulis teks eksplanasi pada pembelajaran daring. Hasil dari penelitian adalah keefektifkan pada saat pembelajaran daring dengan menerapkan model pembelajaran Brainstroming berbantuan Quizizz dan juga nilai tes siswa yang mengalami peningkatan sehingga dapat mencapai KKm yang telah ditentukan.
References
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
Suandi, I Nengah. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Depok: Rajawali Pers
Tafonao, Talizaro. 2018. Penerapan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2. No. 2. Diakses 2 Februari 2021.
Tarigan, Henry Guntur. 2018. Menulis Sebagai Suatu Kerampilan Berbahasa. Bandung. Penerbit Angkasa
Noor, Subagio. 2020. Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati. Vol. 6. No. 1. Diakses 4 Januari 2021.
Aini, Yulia Isratul. 2019. Pemanfaat Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan. Vol. 2. No. 25. Diakses akses 30 November 2020.
Citra, Cahyani Amildah dan Rosy, Brilian. 2020. Keefektifan Penggunaann Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran (PAP). Vol. 8. No. 2. Diakses 4 Januari 2021.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.