Penerapan Model Pembelajaran Brainstroming dalam Meningktkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Bebantuan Media Quizizz

Fitri Nurjanah, Lutfi Syauki Faznur

Abstract


Penelitian mengenai penerapan model pembelajaran brainstorming berbantuan Quizizz dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi kelas XI bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis. Covid-19 membuat proses belajar mengajar dilakukan secara daring di rumah masing-masing, sehingga pengajar dituntut untuk kreatif dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang dapat membangun suasana belajar yang efektif agar tecapainya tujuan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran Brainstroming berbantuan media Quizizz  ini telah diterapkan pada kelas XI SMK Informatika bertujuan membangun minat belajar siswa pada keterampilan menulis teks eksplanasi pada pembelajaran daring. Hasil dari penelitian adalah keefektifkan pada saat pembelajaran daring dengan menerapkan model pembelajaran Brainstroming berbantuan Quizizz dan juga nilai tes siswa yang mengalami peningkatan sehingga dapat mencapai KKm yang telah ditentukan.


Keywords


Brainstroming; Quizizz; Keterampilan Menulis; Teks Eksplanasi

References


Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Suandi, I Nengah. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Depok: Rajawali Pers

Tafonao, Talizaro. 2018. Penerapan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2. No. 2. Diakses 2 Februari 2021.

Tarigan, Henry Guntur. 2018. Menulis Sebagai Suatu Kerampilan Berbahasa. Bandung. Penerbit Angkasa

Noor, Subagio. 2020. Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati. Vol. 6. No. 1. Diakses 4 Januari 2021.

Aini, Yulia Isratul. 2019. Pemanfaat Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan. Vol. 2. No. 25. Diakses akses 30 November 2020.

Citra, Cahyani Amildah dan Rosy, Brilian. 2020. Keefektifan Penggunaann Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran (PAP). Vol. 8. No. 2. Diakses 4 Januari 2021.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v9i1.13368

Copyright (c) 2022 Fitri Nurjanah, Lutfi Syauki Faznur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020