Pengaruh Metode Joyfull Learning Berbantuan Media Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v9i2.13555Keywords:
Joyfull learning, Articulate Storyline, Menulis Naskah DramaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Joyfull learning dan media Articulate Storyline terhadap kemampuan menulis naskah drama. Penelitian ini dilaksanakan di MA Islamiyah Ciputat pada kelas XI IIS dan kelas XI MIA semester 2 tahun ajaran 2020/2021. Sampel pada penelitian yaitu kelas XI MIA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS sebagai kelas kontrol. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode joyfull learning berbantuan media articulate storyline. Teknik yang digunakan yakni random sampling di mana diperoleh sampel penelitian meliputi 25 siswa kelas XI MIA sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas XI IIS sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu posttes yang diberikan pada akhir pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam kelas eksperimen diberi perlakukan metode joyfull learning dan media articulate storyline, sedangkan kelas kontrol articulate storyline terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI MA Islamiyah Ciputat.tidak menggunakan metode joyfull learing dan media articulate storyline. Hasil penelitian yang diperoleh menggunakan uji t yaitu thitung 6.394 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode joyfull learning dan media articulate storyline terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI MA Islamiyah Ciputat.
References
Alwasilah, C. 2013. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Amiroh. 2019. Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Jawa Tengah: Cipta Artha Media.
Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asmara, Adhy. 2015. Apresiasi Drama (untuk s. l. a). Yogyakarta: C.V Nur Cahaya.
Dalman, 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Darmansyah, 2011. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
Darnawati, dkk. 2019. Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1, nomer 1. h. 8-16 (https://garuda.ristekbin.go.id/documents/detail/1754779, diakses 21 Oktober 2021).
Daryanto, 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra, Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Fachruddin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. Yogyakarta: Andi.
Fadillah, M, dkk. 2014. Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik Kreatif, dan Menyenangkan. Jakarta: Kencana, 2014.
Hamiyah, Nur dan Muhammad Jauhar. 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Hasan, M, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Tahta Media.
Hasanuddin, W. S. 2015. Drama Karya Dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.
Jailinus, nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Kadaruddin, 2018. Mahir desain slide presentasi dan multimedia pembelajaran berbasis powerpoint. Yogyakarta: Deepublish.
Kadir. 2015. Statistika Terapan. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Kaniah, 2018. 9 Metode Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khoriarti, Vera Etika. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Joyfull Learning Barbantuan Model Smart. Interaktif Pada Hasil Gerak Lurus. Skripsi. Semarang: Universitas Negri Semarang.
Kosasih, Engkos. 2014. Jenis-jenis teks. Bandung: Yrama Widya.
Kusumaningsih, Dewi, dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi.
Latief, Rusman dan Yusiatie Utud. 2015. Siaran Televisi Non-Drama. Jakarta: Prenada Media.
Mahmud, Saifuddin dan Muhammad idham. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Aceh: Syia Kuala University Press.
Milawati, Teti. 2011. Peningkatan Kemampuan Anak Memahami Drama dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual. Nomor 2, H. 70-78 (http://jurnal.upi.esu/biosainstifika/view/669/peningkatan-kemampuan-anak-memahami-drama-dan-menulis-teks-drama-melalui-model-pembelajaran-sistomis-auditori-visual-intelektual-(savi).html, diakses 21 Oktober 2021).
Mulyadi, dkk. 2016. Intisari sastra indonesia. Bandung: Yrama Widya.
Mulyati. 2017. Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: Kencana.
Mustofa. 2012. Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP 1 Ujungpangkah Kabupaten Gersik. (http//iccic.ac.id>Buku-1-All_NoCopy, diakses 21 Oktober 2021).
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Purnama, S. I., & Asto B, I Gusti Putu..2015 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 Di SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 03, Nomor 02 H 8-16 (http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/43, di akses 21 Oktober 2021).
Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Saifuddin, 2016. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis, Yogyakarta: Deepublish.
Sani, Abdulah Riwan. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardila, Vera. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam, Vol.40, No.2 110-117 (http://ejournal.uin-suska.ac.id/indek.php//Anida/article/view/1500, diakses 21 Oktober 2021).
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo, Yoni. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya.(https://www.neliti.com/publications/209679/model-pembelajaran-berbasis-masalah-untuk-meningkatkan-kemampuan-berpikir-kritis, diakses 21 Oktober 2021).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tarigan, H. G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Uno B. Hamzah dan Nurdin Mohamad. 2015. Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Lampung: Garudhawaca.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.