Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Peserta Didik Kelas X SMA Semester Gasal dengan Pendekatan Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13720Keywords:
Modul Elektronik, Bahasa Indonesia Kelas X SMA Semester Gasal, AddieAbstract
Penelitian pengembangan bahan ajar berupa modul elektronik untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X semester gasal yang memiliki tujuan antara lain (1) merumuskan kebutuhan bahan ajar berupa modul elektronik menurut guru dan peserta didik, (2) mengembangkan purwarupa menjadi modul elektronik mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA semester gasal, (3) mendeskripsikan purwarupa modul elektronik mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA semester gasal, (4) mengetahui keefektifan modul elektronik mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA semester gasal yang dikembangkan, dan (5) mengetahui kualitas modul elektronik mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA semester gasal yang dikembangkan ditinjau dari aspek kelayakan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang langkah-langkahnya meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil uji keefektifan dengan menggunakan effect size diperoleh nilai d = 1,1122 berada pada interval 0,8 ≤ d ≤ 2,0 yaitu pada kategori Tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul elektronik memberikan efek yang tinggi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil uji kelayakan diperoleh data aspek penyajian materi sebesar 3,57 dengan kriteria layak, aspek tampilan sebesar 3,66 dengan kriteria layak, aspek pembelajaran dengan modul dan manfaat sama-sama sebesar 3,56 dengan kriteria layak. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
References
Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. YogyaÂkarta: Gava Media.
_______. 2014. Pendekatan PembelajaÂran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan ZaÂin. 2010. Strategi Belajar MeÂngaÂjar. Jakarta: Rineka Cipta.
Enterprise, Jubilee. 2021. Desain Grafis dengan Canva untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media KompuÂtindo.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam PembelajaÂran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kemendikbud. 2013. Lampiran IV PeraÂturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.
_______. 2017. Panduan Praktis PenyuÂsunan E-Modul Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
_______. 2018. Peraturan Menteri PenÂdidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 tentang PeruÂbahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah MeneÂngah Atas/ Madrasah Aliyah.
_______. 2018. Peraturan Menteri PenÂdidikan dan Kebudayaan RepuÂblik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndoÂnesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran paÂda Kurikulum 2013 pada PenÂdidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Kosasih, Engkos. 2016. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. BanÂdung: YramaWidya.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Mansyur, Abd. Rahim. 2020. Dampak COVID-19 terhadap Dinamika Pendidikan di Indonesia. EducaÂtion and Leraning Journal Vol. 1, No. 2, Juli 2020, pp. 113-123.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Rayanto, Yudi Hari dan Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan MoÂdel ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktik. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: CV Alfabeta.
Suherli, dkk. 2016. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.