Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Peserta Didik Kelas X SMA Semester Gasal dengan Pendekatan Saintifik

Authors

  • Wahyu Budi Nugroho SMA Negeri 1 Bobotsari
  • Furqanul Azies Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13720

Keywords:

Modul Elektronik, Bahasa Indonesia Kelas X SMA Semester Gasal, Addie

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar berupa modul elektronik untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X semester gasal yang memiliki tujuan antara lain (1) merumuskan kebutuhan bahan ajar berupa modul elektronik menurut guru dan peserta didik, (2) mengembangkan purwarupa menjadi modul elektronik mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA semester gasal, (3) mendeskripsikan purwarupa modul elektronik mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA semester gasal, (4) mengetahui keefektifan modul elektronik mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA semester gasal yang dikembangkan, dan (5) mengetahui kualitas modul elektronik mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA semester gasal yang dikembangkan ditinjau dari aspek kelayakan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang langkah-langkahnya meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil uji keefektifan dengan menggunakan effect size diperoleh nilai d = 1,1122 berada pada interval 0,8 ≤ d ≤ 2,0 yaitu pada kategori Tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul elektronik memberikan efek yang tinggi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil uji kelayakan diperoleh data aspek penyajian materi sebesar 3,57 dengan kriteria layak, aspek tampilan sebesar 3,66 dengan kriteria layak, aspek pembelajaran dengan modul dan manfaat sama-sama sebesar 3,56 dengan kriteria layak. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

References

Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogya­karta: Gava Media.

_______. 2014. Pendekatan Pembelaja­ran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Za­in. 2010. Strategi Belajar Me­nga­jar. Jakarta: Rineka Cipta.

Enterprise, Jubilee. 2021. Desain Grafis dengan Canva untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Kompu­tindo.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelaja­ran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. 2013. Lampiran IV Pera­turan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

_______. 2017. Panduan Praktis Penyu­sunan E-Modul Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

_______. 2018. Peraturan Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 tentang Peru­bahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Mene­ngah Atas/ Madrasah Aliyah.

_______. 2018. Peraturan Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan Repu­blik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indo­nesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pa­da Kurikulum 2013 pada Pen­didikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kosasih, Engkos. 2016. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Ban­dung: YramaWidya.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Mansyur, Abd. Rahim. 2020. Dampak COVID-19 terhadap Dinamika Pendidikan di Indonesia. Educa­tion and Leraning Journal Vol. 1, No. 2, Juli 2020, pp. 113-123.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rayanto, Yudi Hari dan Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Mo­del ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktik. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: CV Alfabeta.

Suherli, dkk. 2016. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Nugroho, W. B., & Azies, F. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Peserta Didik Kelas X SMA Semester Gasal dengan Pendekatan Saintifik. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13720

Issue

Section

Article