Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Inspiratif Yang Membangun Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX SMP
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13722Keywords:
Bahan Ajar, Teks Cerita Inspiratif, Kemandirian Belajar SiswaAbstract
Pengembangan produk bahan ajar sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis teks cerita inspiratif bagi siswa diperlukan. Hal ini dilatarbelakangi oleh : (1) guru memiliki metode yang berbeda-beda dalam pembelajaran menulis;(2) siswa menemui kesulitan dalam menulis teks cerita inspiratif;(3) guru menemui kesulitan dalam mengajar menulis teks cerita inspiratif;(4) pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk:(1)mengembangkan bahan ajar menulis teks cerita inspiratif yang membangun kemandirian belajar siswa; (2) mengetahui kelayakan bahan ajar menulis teks cerita inspiratif yang dikembangkan menurut ahli ;(3) Mengetahui respon guru terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D).Dalam penelitian ini, digunakan enam tahapan yaitu: (1) potensi dan masalah , (2) mengumpulkan informasi/data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji coba produk. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kemranjen tahun pelajaran 2021/2022 dengan sampel siswa kelas IX D sebagai kelompok kontrol dan kelas IX E sebagai kelompok eksperimen. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Data hasil penelitian yang diperoleh yaitu validator ahli I dan II rata-rata 76dengan kriteria baik dan validator pengguna guru rata-rata 85 yaitu , kriteria sangat baik. Rata-rata penilaian produk bahan ajar adalah 80,5 kriteria sangat baik. Hasil uji coba produk pada siswa kelas IX E sebagai kelompok eksperimen dengan rata-rata nilai postest meningkat 8,05 (dari 70,47 menjadi 78,52) dengan ketuntasan juga meningkat 50% (dari 43,75 menjadi 93,75). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah produk bahan ajar menulis teks cerita inspiratif yang membangun kemandirian belajar siswa, efektif digunakan di kelas IX Sekolah Menengah Pertama.
References
Achmad, Ida farida. 2008. Pengaruh KemanÂdirian Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntasi Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2007/ 2008. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Akhadiyah, Sabarti.dkk.1990. Pembinaan KeÂmamÂpuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Brookfield, Stephen. 2002. Understanding and Facilitating Adult Learning. Josey Bass Publisher: San Fransisco.
Depdiknas. 2004. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. JakarÂta: Ditjen Dikdasmenum.
Doyin, Mukh. Wagiran. 2002. Bahasa IndoneÂsia dalam Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Nusa Budaya.
Haris, Mujiman. 2009. Belajar Mandiri. JaÂkarÂta: Lembaga Pengembangan PenÂdidikan.
Hariyanto dan Suyono. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja RosÂdakarya.
Kemendikbud.2018. Pelajaran Bahasa IndoÂneÂsia Kelas IX SMP/MTs. Jakarta: Bumi Pustaka.
Keraf, Gorys. 2007. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. EndeFlores: Nusa Indah.
Kusprandono, Gantyo. 2008. Kick Andy- Kumpulan Cerita Inspiratif. JakarÂta: Pesona Edu.
Kusumaningrum, Endah. 2018. PengemÂbangan Bahan Ajar Menulis DoÂngeng dengan Pendekatan Proses Berbasis Gaya Belajar Siswa untuk Kelas VII Paket B Setara SMP. Tesis. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Nurhayati. 2020. Metode Pembelajaran Daring yang Efektif. Bali: UniverÂsitas Pendidikan Ganesha SingaÂraja.
Muhammad, Irham dan Novan Ardy Wiyani. 2013. Proses PembelajaÂran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Pannen, Paulina dan Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: PuÂsat Antar Universitas.
Rismasellia, Eggy. 2017. Model DiscoÂvery Learning dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Cerita Fantasi dan Hubungannya dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Jatisari Kota Karawang. Skripsi. Universitas Pasundan.
Rusdi, M., 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Pendidikan. JakarÂta: Rajawali Press.
Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaÂwali Press.
Sauqi, A., 2020. Pengembangan Buku Pengayaan Teks Cerita Inspiratif Bermuatan Nilai Humanis. LapoÂran Penelitian. Universitas Negeri Semarang.
Semi, Atar. 2005. Dasar-Dasar KeteramÂpilan Menulis. Bandung: AngÂkasa.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian PendiÂdikan. Bandung: Alfabeta.
______ 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Sukarno, Anton. 1989. Perbedaan KeefekÂtifan Sistem Buku Pegangan KuliÂah Ditinjau dari Bakat, Sikap Mandiri, Persepsi Kualitas PengaÂjaran Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP UNS. Tesis: IKIP Jakarta.
Sukirno. 2013. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. YogyaÂkarta: Pustaka Pelajar.
_____. 2009. Pembelajaran Menulis KreÂatif dengan Strategi Belajar Akselerasi. Purworejo: UM PurwoÂrejo Press.
Syam, Muhammad Nur. 1999. Pengantar Filsafat Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang.
Tarigan, Henry Guntur. 2003. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan BerÂbaÂhasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.