Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Inspiratif Yang Membangun Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX SMP

Authors

  • Supriyanto Supriyanto SMP Negeri 1 Kemranjen
  • Kuntoro Kuntoro Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13722

Keywords:

Bahan Ajar, Teks Cerita Inspiratif, Kemandirian Belajar Siswa

Abstract

Pengembangan produk bahan ajar sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis teks cerita inspiratif bagi siswa diperlukan. Hal ini dilatarbelakangi oleh : (1) guru memiliki metode yang berbeda-beda dalam pembelajaran menulis;(2) siswa menemui kesulitan dalam menulis teks cerita inspiratif;(3) guru menemui kesulitan dalam mengajar menulis teks cerita inspiratif;(4) pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk:(1)mengembangkan bahan ajar menulis teks cerita inspiratif yang membangun kemandirian belajar siswa; (2) mengetahui kelayakan bahan ajar menulis teks cerita inspiratif yang dikembangkan menurut ahli ;(3) Mengetahui respon guru terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D).Dalam penelitian ini, digunakan enam tahapan yaitu: (1) potensi dan masalah , (2) mengumpulkan informasi/data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji coba produk. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kemranjen tahun pelajaran 2021/2022 dengan sampel siswa kelas IX D sebagai kelompok kontrol dan kelas IX E sebagai kelompok eksperimen. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Data hasil penelitian yang diperoleh yaitu validator ahli I dan II rata-rata 76dengan kriteria baik  dan validator pengguna guru rata-rata 85 yaitu , kriteria sangat baik. Rata-rata penilaian produk bahan ajar adalah 80,5 kriteria sangat baik. Hasil uji coba produk pada siswa kelas IX E sebagai kelompok eksperimen dengan rata-rata nilai postest meningkat 8,05 (dari 70,47 menjadi 78,52) dengan ketuntasan juga meningkat 50% (dari 43,75 menjadi 93,75). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah produk bahan ajar menulis teks cerita inspiratif yang membangun kemandirian belajar siswa, efektif digunakan di kelas IX Sekolah Menengah Pertama.

Author Biography

Kuntoro Kuntoro, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

SINTA ID: 6196694
Google Scholar ID: pYUby88AAAAJ

References

Achmad, Ida farida. 2008. Pengaruh Keman­dirian Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntasi Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2007/ 2008. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Akhadiyah, Sabarti.dkk.1990. Pembinaan Ke­mam­puan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Brookfield, Stephen. 2002. Understanding and Facilitating Adult Learning. Josey Bass Publisher: San Fransisco.

Depdiknas. 2004. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakar­ta: Ditjen Dikdasmenum.

Doyin, Mukh. Wagiran. 2002. Bahasa Indone­sia dalam Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Nusa Budaya.

Haris, Mujiman. 2009. Belajar Mandiri. Ja­kar­ta: Lembaga Pengembangan Pen­didikan.

Hariyanto dan Suyono. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Ros­dakarya.

Kemendikbud.2018. Pelajaran Bahasa Indo­ne­sia Kelas IX SMP/MTs. Jakarta: Bumi Pustaka.

Keraf, Gorys. 2007. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. EndeFlores: Nusa Indah.

Kusprandono, Gantyo. 2008. Kick Andy- Kumpulan Cerita Inspiratif. Jakar­ta: Pesona Edu.

Kusumaningrum, Endah. 2018. Pengem­bangan Bahan Ajar Menulis Do­ngeng dengan Pendekatan Proses Berbasis Gaya Belajar Siswa untuk Kelas VII Paket B Setara SMP. Tesis. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Nurhayati. 2020. Metode Pembelajaran Daring yang Efektif. Bali: Univer­sitas Pendidikan Ganesha Singa­raja.

Muhammad, Irham dan Novan Ardy Wiyani. 2013. Proses Pembelaja­ran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pannen, Paulina dan Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pu­sat Antar Universitas.

Rismasellia, Eggy. 2017. Model Disco­very Learning dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Cerita Fantasi dan Hubungannya dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Jatisari Kota Karawang. Skripsi. Universitas Pasundan.

Rusdi, M., 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Pendidikan. Jakar­ta: Rajawali Press.

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja­wali Press.

Sauqi, A., 2020. Pengembangan Buku Pengayaan Teks Cerita Inspiratif Bermuatan Nilai Humanis. Lapo­ran Penelitian. Universitas Negeri Semarang.

Semi, Atar. 2005. Dasar-Dasar Keteram­pilan Menulis. Bandung: Ang­kasa.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendi­dikan. Bandung: Alfabeta.

______ 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Sukarno, Anton. 1989. Perbedaan Keefek­tifan Sistem Buku Pegangan Kuli­ah Ditinjau dari Bakat, Sikap Mandiri, Persepsi Kualitas Penga­jaran Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP UNS. Tesis: IKIP Jakarta.

Sukirno. 2013. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogya­karta: Pustaka Pelajar.

_____. 2009. Pembelajaran Menulis Kre­atif dengan Strategi Belajar Akselerasi. Purworejo: UM Purwo­rejo Press.

Syam, Muhammad Nur. 1999. Pengantar Filsafat Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang.

Tarigan, Henry Guntur. 2003. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Ber­ba­hasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Supriyanto, S., & Kuntoro, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Inspiratif Yang Membangun Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX SMP. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 19–37. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13722

Issue

Section

Article