Penggunaan Metode Problem Based Learning pada Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kaida Kebahasaan Teks Persuasi Kelas VIII SMPN 3 Tangerang Selatan

Authors

  • Ifan Setiawan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Jesyischa Rizky Devista UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Rika Novitasari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Takhriyah Agustina SMP Negeri 3 Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v9i2.13968

Keywords:

Metode, Problem Based Learning, Teks Persuasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi siswa kelas 8.5 SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitain ini diambil melalui hasil Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikerjakan secara berkelompok kemudian dideskipsikan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 8.5 SMP Negeri 3 Tangerang Selatan sejumlah 24 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswi perempuan. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa metode Problem Based Learning (PBL) dapat digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi sesuai dengan tujuan yang diharapkan peneliti.

References

Amir, Taufiq. 2008. Inovasi Pendidikan Melaului Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdaya­kan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.

Ananda. 2021. "Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eks­planasi Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 2 Kota Probolinggo". Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jember: Universitas Jember.

Cahyaningsih & Wikanengsih. 2019. "Upaya Peningkatan Menulis Teks Persuasi Menggunakan Metode STAD pada Siswa SMP". Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 209–214.

Gudu. 2020. "Efektivitas Implementasi Metode Problem Based Learning pada Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi bagi Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Maumere". Journal on Teacher Education, 2(1), 101–117.

Hanafi Halim, Abdul. 2011. Metode Penelitian Bahasa untuk Penelitian, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Diadit Media Press.

Kosasih. 2017. Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/Mts. Kemendikbud: Jakarta.

Musriyatun. 2022. "Peningkatan Hasil Be­lajar Menelaah Struktur Kebahasaan Teks Pidato Persuasif Melalui Flipped Classroom Berbantu LKPD Interaktif Kelas IX C SMP Negeri 1 Pekalongan". Jurnal Mutiara Pendidikan, 6(2), 184–196.

Nana Syaodih, Sukmadinata. 2015. Meto­de Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susida & Rohmani. 2020. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Semester Genap Modul Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Jenjang SMP Kelas VIII. Kemendikbud: Jakarta.

Yulia Pramusinta. 2019. "Efektivitas Me­tode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa MI Tarbiyatul Athfal Barat". Jurnal At-Thullab. 4(1), 1–23.

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

Setiawan, I., Devista, J. R., Novitasari, R., & Agustina, T. (2022). Penggunaan Metode Problem Based Learning pada Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kaida Kebahasaan Teks Persuasi Kelas VIII SMPN 3 Tangerang Selatan. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(2), 81–91. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i2.13968

Issue

Section

Article