Penggunaan Metode Problem Based Learning pada Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kaida Kebahasaan Teks Persuasi Kelas VIII SMPN 3 Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v9i2.13968Keywords:
Metode, Problem Based Learning, Teks PersuasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi siswa kelas 8.5 SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitain ini diambil melalui hasil Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikerjakan secara berkelompok kemudian dideskipsikan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 8.5 SMP Negeri 3 Tangerang Selatan sejumlah 24 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswi perempuan. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa metode Problem Based Learning (PBL) dapat digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi sesuai dengan tujuan yang diharapkan peneliti.
References
Amir, Taufiq. 2008. Inovasi Pendidikan Melaului Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik MemberdayaÂkan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.
Ananda. 2021. "Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks EksÂplanasi Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 2 Kota Probolinggo". Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jember: Universitas Jember.
Cahyaningsih & Wikanengsih. 2019. "Upaya Peningkatan Menulis Teks Persuasi Menggunakan Metode STAD pada Siswa SMP". Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 209–214.
Gudu. 2020. "Efektivitas Implementasi Metode Problem Based Learning pada Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi bagi Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Maumere". Journal on Teacher Education, 2(1), 101–117.
Hanafi Halim, Abdul. 2011. Metode Penelitian Bahasa untuk Penelitian, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Diadit Media Press.
Kosasih. 2017. Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/Mts. Kemendikbud: Jakarta.
Musriyatun. 2022. "Peningkatan Hasil BeÂlajar Menelaah Struktur Kebahasaan Teks Pidato Persuasif Melalui Flipped Classroom Berbantu LKPD Interaktif Kelas IX C SMP Negeri 1 Pekalongan". Jurnal Mutiara Pendidikan, 6(2), 184–196.
Nana Syaodih, Sukmadinata. 2015. MetoÂde Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susida & Rohmani. 2020. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Semester Genap Modul Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Jenjang SMP Kelas VIII. Kemendikbud: Jakarta.
Yulia Pramusinta. 2019. "Efektivitas MeÂtode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa MI Tarbiyatul Athfal Barat". Jurnal At-Thullab. 4(1), 1–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.