KEEFEKTIFAN PENDEKATAN ESQ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, KEBIASAAN, DAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA RSBI

Authors

  • Laily Nurlina Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v1i1.152

Abstract

Abstrak: Membaca penting untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan prestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan ESQ untuk meningkatkan motivasi, kebiasaan membaca, dan kemampuan membaca, untuk mengetahui perbedaan motivasi membaca antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, perbedaan kebiasaan membaca dan kemampuan membaca. Peneliti melakukan eksperimen kuasi di SMP Negeri 2 Purwokerto dengan menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan ESQ mampu meningkatkan motivasi membaca secara signifikan (37%), kebiasaan membaca (37%) dibandingkan kelompok kontrol. Jadi peningkatn motivasi membaca (F hitung 78,827 > F tabel 4,05), kebiasaan membaca (F hitung 33,586 > F tabel 4,05) dan kemampuan membaca (F hitung 5,095 > F tabel 4,05). Peneliti menyarankan agar pembelajaran membaca sebaiknya menggunakan strategi yang menyenangkan sehingga akan memotivasi siswa untuk membaca, dan menerapkanpendekatan ESQ yang menyatu dalam pembelajaransehingga diharapkan bisa membangun karakter positif dan guru perlu menciptakan pembelajaran membaca yang kreatif dan inovatif. Kata kunci: pendekatan ESQ, motivasi membaca, kebiasaan membaca, kemampuan membaca

References

Agustian, Ary Ginanjar. 2001. Emotional Spiritual Quotient. Jakarta: Penerbit Arga.

Alsa, Asmadi. 2007. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta Kombinasinyadalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brown, James Dean. 1988. Understanding Research in Second Language Learning (A Teacher’s Guide to Statistics and Research Design). Australia: Cambridge University.

Creswell, John W. 2008. Educational Research. New Jersey: Pearson Educational International.

Day, R. and Bamford, J. 2000. “Reaching Reluctant Readers. English Teaching Forum” (July-Spetember 2000), Vol 38: 3,12. Tersediahttp://exchanges.state.gov/forum/vols/vol 38/no3/pl2-htm.

Escholz, Paul. 1990. Language Awareness. New York: St. Martin’s Press.

Gottman, John. 2003. Kiat-Kiat Membesarkan Anak yang Memiliki KecerdasanEmosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat, Rahayu. 1990. Pengetesan kemampuan membaca secara komunikatif. Jakarta: Intermasa.

Najati, Utsman.1993.Belajar EQ dan SQ dari Sunah Nabi. Bandung: Mizan Media Utama.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra EdisiKetiga. Yogyakarta: BPFE.

Santana, Septiawan. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Shapiro, Lawrence E. 2001. Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tampubolon, DP. 1993. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Penerbit Angkasa.

Downloads

How to Cite

Nurlina, L. (2016). KEEFEKTIFAN PENDEKATAN ESQ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, KEBIASAAN, DAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA RSBI. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1). https://doi.org/10.30595/mtf.v1i1.152

Issue

Section

Article