KEEFEKTIFAN PENDEKATAN ESQ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, KEBIASAAN, DAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA RSBI
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v1i1.152Abstract
Abstrak: Membaca penting untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan prestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan ESQ untuk meningkatkan motivasi, kebiasaan membaca, dan kemampuan membaca, untuk mengetahui perbedaan motivasi membaca antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, perbedaan kebiasaan membaca dan kemampuan membaca. Peneliti melakukan eksperimen kuasi di SMP Negeri 2 Purwokerto dengan menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan ESQ mampu meningkatkan motivasi membaca secara signifikan (37%), kebiasaan membaca (37%) dibandingkan kelompok kontrol. Jadi peningkatn motivasi membaca (F hitung 78,827 > F tabel 4,05), kebiasaan membaca (F hitung 33,586 > F tabel 4,05) dan kemampuan membaca (F hitung 5,095 > F tabel 4,05). Peneliti menyarankan agar pembelajaran membaca sebaiknya menggunakan strategi yang menyenangkan sehingga akan memotivasi siswa untuk membaca, dan menerapkanpendekatan ESQ yang menyatu dalam pembelajaransehingga diharapkan bisa membangun karakter positif dan guru perlu menciptakan pembelajaran membaca yang kreatif dan inovatif. Kata kunci: pendekatan ESQ, motivasi membaca, kebiasaan membaca, kemampuan membacaReferences
Agustian, Ary Ginanjar. 2001. Emotional Spiritual Quotient. Jakarta: Penerbit Arga.
Alsa, Asmadi. 2007. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta Kombinasinyadalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Brown, James Dean. 1988. Understanding Research in Second Language Learning (A Teacher’s Guide to Statistics and Research Design). Australia: Cambridge University.
Creswell, John W. 2008. Educational Research. New Jersey: Pearson Educational International.
Day, R. and Bamford, J. 2000. “Reaching Reluctant Readers. English Teaching Forum” (July-Spetember 2000), Vol 38: 3,12. Tersediahttp://exchanges.state.gov/forum/vols/vol 38/no3/pl2-htm.
Escholz, Paul. 1990. Language Awareness. New York: St. Martin’s Press.
Gottman, John. 2003. Kiat-Kiat Membesarkan Anak yang Memiliki KecerdasanEmosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hidayat, Rahayu. 1990. Pengetesan kemampuan membaca secara komunikatif. Jakarta: Intermasa.
Najati, Utsman.1993.Belajar EQ dan SQ dari Sunah Nabi. Bandung: Mizan Media Utama.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra EdisiKetiga. Yogyakarta: BPFE.
Santana, Septiawan. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Shapiro, Lawrence E. 2001. Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Tampubolon, DP. 1993. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Penerbit Angkasa.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.