INTERFERENSI BAHASA KOMPUTER PADA PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH

Authors

  • Maryono maryono SMP Negeri 3 Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v1i1.153

Abstract

Abstrak: Pada perkembangannya Indonesia tidak bisa lepas dari pengaruh bahasa lain. Hal ini disebabkan bahasa dan kontak budaya antara penutur bahasa Indonesia untuk penutur bahasa lain. Salah satu efek yang selalu ditemukan dalam bahasa yang berkembang adalah interferensi bahasa. Interferensi leksikal adalah bahasa komputer yang banyak jenis interferensi yang dihadapi dalam penggunaan bahasa Indonesia di sekolah-sekolah. Bentuk penggunaan bahasa komputer dalam kegiatan bahasa yang tidak selalu benar dalam hal bentuk dan makna. Dengan latar belakang ini penelitian dilakukan agar penggunaan bahasa komputer tidak berpengaruh negatif terhadap Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mengidentifikasi penggunaan bahasa komputer, (2) menentukan tingkat pemahaman siswa terhadap bahasa komputer, (3) menentukan kemampuan siswa dalam menerapkan bahasa komputer, dan (4) menentukan tingkat efektivitas bahasa komputer interferensi leksikal. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Purwokerto mengambil sampel dari 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa berkemampuan rendah dan 20 siswa tinggi kemampuan. Penelitian ini mencakup studi kuantitatif dengan menggunakan jenis pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi (penggunaan bahasa komputer) dan tes pemahaman kata dan aplikasi kata. Data akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil penelitian menunjukkan berbagai interferensi leksikal bahasa komputer. Bentuk bahasa komputer yang ditemukan dalam bentuk gejala dan substitusi impor, sedangkan dari segi makna bahasa komputer ada makna leksikal dan gramatikal yang signifikan paling berbeda dengan pada dasarnya berarti atau telah mengalami pergeseran makna. Tingkat pemahaman siswa terhadap bahasa komputer adalah 67,90 yang berarti sebanyak 67,90% dari siswa memahami bahasa komputer. Tingkat penerapan bahasa komputer siswa adalah 78,20% yang berarti bahwa siswa dapat menerapkan bahasa komputer. Kombinasi dari tingkat pemahaman dan penerapan interferensi leksikal menghasilkan efektivitas dalam bahasa komputer. 73,05% siswa menggunakan istilah komputer secara efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interferensi leksikal bahasa komputer mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia di sekolah-sekolah. Dalam hal dengan ini kita perlu selektif dan harus selalu menggunakan bahasa komputer tanpa efek negatif. Penelitian ini masih memiliki banyak keterbatasan dan membuka untuk penelitian lebih lanjut. Kata kunci: analitis, bahasa komputer, deskriptif, interferensi, leksikal

References

Alwi, Hasan. 2000. (Panitia Pengembangan Bahasa Indonesia)

Chaer, A. dan Agustina, L. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Collin, S.M.H. 2004. Dictionary of Computing (Fifth Edition). London: Bloombury Publishing.

Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Satria, S. 2010. Kamus Istilah Komputer, Kumpulan Istilah Komputer Super Lengkap. Yogyakarta: Klik Media.

Sumarsono. 2009. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda

Downloads

Published

2014-10-17

How to Cite

maryono, M. (2014). INTERFERENSI BAHASA KOMPUTER PADA PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1). https://doi.org/10.30595/mtf.v1i1.153

Issue

Section

Article