KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENGARANG DESKRIPSI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v1i1.158Abstract
Abstrak: Setiap kali siswa kelas IV SD menyusun karangan deskripsi selalu mengalami kebuntuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran mengarang deskripsi bagi siswa kelas IV SDN 3 Karangtengah Unit Pendidikan Kecamatan Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah pada tahun pelajaran 2010/2011. Digunakan metode penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan menggunakan tes esai. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statisktik inferensial uji-T. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% didapatkan nilai t-empirik (t-e) lebih besar daripada t-tabel (t-t). Berdasarkan data empirik dapat disimpulkan bahwa intervensi (treatment) yang berupa penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran mengarang deskripsi kepada siswa kelompok eksperimen telah menghasilkan peningkatan hasil belajar lebih besar jika dibandingkan dengan hasil belajar pada siswa kelompok kontrol. Saran terkait dengan pembelajaran menyusun karangan deskripsi bagi siswa sekolah dasar adalah guru berupaya secara maksimal untuk menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran mereka. Kata kunci: deskripsi, efektivitas, gambar, media, mengarangReferences
Anitah, S. 2010.Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka bekerja sama dengan FKIP UNS
Arikunto, S. 2009.Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2007.Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindi Persada.
Gie, T. L. 1995.Pengantar Dunia Karang-mengarang. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
_________,Undang-Undang Republik Indonesai Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Nurgiyantoro, B. 2001.Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Nurgiyantoro,B. dan Suyata, P. 2010.Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press.
Sadiman, A. S. dkk. 2009.Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sagala, S. 2010.Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Santrock, J. W. 2010.Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sudjana, N. dan Rivai, A. 2010.Media Pengajaran: Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suparno. 2007.Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka
Susanto, A. 2002.Pengaruh Penggunaan Media Gambar OHP terhadap Prestasi Belajar Keterampilan Servis Tangan Bawah Bola Voli,(Jurnal Pendidikan Penabur - No.01 / Th.I / Maret 2002, diunduh pada hari Sabtu tanggal 1 Januari 2011 pukul 06.23)
Suwartono, “Pembelajaran Pelafalan Bahasa Inggris melalui Teknik Sulih Suara”, Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Th. XXV, No. 1, Februari 2006.
Warsita, B. 2008.Teknologi Pembelajaran, Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.