KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENGARANG DESKRIPSI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Teguh Zaenudin SD Negeri 1 Ketenger, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v1i1.158

Abstract

Abstrak: Setiap kali siswa kelas IV SD menyusun karangan deskripsi selalu mengalami kebuntuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran mengarang deskripsi bagi siswa kelas IV SDN 3 Karangtengah Unit Pendidikan Kecamatan Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah pada tahun pelajaran 2010/2011. Digunakan metode penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan menggunakan tes esai. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statisktik inferensial uji-T. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% didapatkan nilai t-empirik (t-e) lebih besar daripada t-tabel (t-t). Berdasarkan data empirik dapat disimpulkan bahwa intervensi (treatment) yang berupa penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran mengarang deskripsi kepada siswa kelompok eksperimen telah menghasilkan peningkatan hasil belajar lebih besar jika dibandingkan dengan hasil belajar pada siswa kelompok kontrol. Saran terkait dengan pembelajaran menyusun karangan deskripsi bagi siswa sekolah dasar adalah guru berupaya secara maksimal untuk menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran mereka. Kata kunci: deskripsi, efektivitas, gambar, media, mengarang

References

Anitah, S. 2010.Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka bekerja sama dengan FKIP UNS

Arikunto, S. 2009.Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2007.Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindi Persada.

Gie, T. L. 1995.Pengantar Dunia Karang-mengarang. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

_________,Undang-Undang Republik Indonesai Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, B. 2001.Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Nurgiyantoro,B. dan Suyata, P. 2010.Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press.

Sadiman, A. S. dkk. 2009.Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. 2010.Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Santrock, J. W. 2010.Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sudjana, N. dan Rivai, A. 2010.Media Pengajaran: Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suparno. 2007.Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Susanto, A. 2002.Pengaruh Penggunaan Media Gambar OHP terhadap Prestasi Belajar Keterampilan Servis Tangan Bawah Bola Voli,(Jurnal Pendidikan Penabur - No.01 / Th.I / Maret 2002, diunduh pada hari Sabtu tanggal 1 Januari 2011 pukul 06.23)

Suwartono, “Pembelajaran Pelafalan Bahasa Inggris melalui Teknik Sulih Suara”, Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Th. XXV, No. 1, Februari 2006.

Warsita, B. 2008.Teknologi Pembelajaran, Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

How to Cite

Zaenudin, T. (2016). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENGARANG DESKRIPSI DI SEKOLAH DASAR. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1). https://doi.org/10.30595/mtf.v1i1.158

Issue

Section

Article