EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v2i2.160Abstract
Abstrak: Pembelajaran kontekstual merupakan strategi yang diarahkan kepada upaya membantu atau menginspirasi siswa melalui proses pengaitan suatu standar kompetensi dengan situasi dunia nyata. Proses yang dapat dikembangkan adalah melalui dorongan kea rah perkembangan pengalaman baru dengan cara memadukan antara pengetahuan dengan penerapan di dalam kehidupan siswa. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas 5 SD Negeri I Kedungmenjangan Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan lokasi penelitian SD Negeri I Kedungmenjangan dengan jumlah sampel 32 siswa kelompok eksperimen dan 30 siswa kelompok kontrol. Analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi (t hitung = 17,566 > t tabel 1,696). Model pembelajaran kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi (t hitung = 9,528 > t tabel = 1,671). Rata-rata peningkatan nilai kelompok eksperimen yang menggunaan model pembelajaran kontekstual sebesar 22,66, sedangkan rata-rata kenaikan nilai kelompok kontrol dengan konvensional sebesar 7,13.Kesimpulan penelitian ini adalah model kontekstual efektif dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas 5 SD Negeri I Kedungmenjangan Purbalingga. Saran peneliti adalah guru sebaiknya menggunakan model kontekstual dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi. Kata kunci: model kontekstual, kemampuan menulis puisiReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Baribin, R. 1990. Teori dan Apresiasi Puisi. Semarang: IKIP Semarang Press.
Creswell, J. W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pradopo, R. D. 2009. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N, S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryaman, M. dan Wiyatmi. 2012. Puisi Indonesia, Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.