PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENYUNTING KARANGAN MELALUI MODEL KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v2i2.162Abstract
Abstrak: Penelitian ini berjudul Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menyunting Karangan Model Kepala Bernomor Struktur, Siswa Kelas IX-G SMP Negeri 3 Gombong, Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun masalah yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini adalah (1) Apakah aktivitas belajar bahasa Indonesia materi menyunting karangan, siswa kelas IX-G SMP Negeri 3 Gombong dapat ditingkatkan melalui model kepala bernomor struktur?(2)Bagaimanakah peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia materi menyunting karangan, siswa kelas IX-G SMP Negeri 3 Gombong melalui model kepala bernomor struktur? Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar bahasa Indonesia materi menyunting karangan siswa kelas IX-G SMP Negeri 3 Gombong melalui model kepala bernomor struktur.(2) meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menyunting karangan, siswa kelas IX-G SMP Negeri 3 Gombong, melalui model kepala bernomor struktur. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Gombong, Kabupaten Kebumen, pada bulan Agustus, September, dan Oktober 2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus perbaikan pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-G SMP Negeri 3 Gombong yang berjumlah 32 orang siswa, dengan rincian 16 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi keaktivan belajar siswa dan hasil belajar siswa berupa menyunting karangan. Hasil penelitian menunjukkkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa yang meliputi keaktifan belajar siswa dari siklus I sebanyak 53% menjadi 91% pada siklus II. Peningkatan tanggung jawab siswa pada siklus I sebanyak 53% menjadi 81%. Peningkatan antusiasme siswa pada siklus I sebanyak 63%, pada siklus II sebanyak 88%. Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 75%, siklus II sebanyak 94%. Temuan ini mengandung implikasi bahwa guru diharapkan dapat menerapkan model yang tepat dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil dan kualitas pembelajaran. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, menyunting karangan, Model Kepala Bernomor Struktur.References
Wijono. 2007. Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo
Mulyati, Yeti, dkk. 2007. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka
Suparno, Paul. 2010. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Verhaar, J.W.M. 2008. Asas-asas Linguistik. Yogyakarta: Gadjahmada Univercity Press
Tarigan, H. G. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: Angkasa
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.