PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENYUNTING KARANGAN MELALUI MODEL KEPALA BERNOMOR STRUKTUR

Authors

  • Harni Iswati SMP Negeri 3 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v2i2.162

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berjudul Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menyunting Karangan Model Kepala Bernomor Struktur, Siswa Kelas IX-G SMP Negeri 3 Gombong, Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun masalah yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini adalah (1) Apakah aktivitas belajar bahasa Indonesia materi menyunting karangan, siswa kelas IX-G SMP Negeri 3 Gombong dapat ditingkatkan melalui model kepala bernomor struktur?(2)Bagaimanakah peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia materi menyunting karangan, siswa kelas IX-G SMP Negeri 3 Gombong melalui model kepala bernomor struktur? Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar bahasa Indonesia materi menyunting karangan siswa kelas IX-G SMP Negeri 3 Gombong melalui model kepala bernomor struktur.(2) meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menyunting karangan, siswa kelas IX-G SMP Negeri 3 Gombong, melalui model kepala bernomor struktur. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Gombong, Kabupaten Kebumen, pada bulan Agustus, September, dan Oktober 2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus perbaikan pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-G SMP Negeri 3 Gombong yang berjumlah 32 orang siswa, dengan rincian 16 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi keaktivan belajar siswa dan hasil belajar siswa berupa menyunting karangan. Hasil penelitian menunjukkkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa yang meliputi keaktifan belajar siswa dari siklus I sebanyak 53% menjadi 91% pada siklus II. Peningkatan tanggung jawab siswa pada siklus I sebanyak 53% menjadi 81%. Peningkatan antusiasme siswa pada siklus I sebanyak 63%, pada siklus II sebanyak 88%. Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 75%, siklus II sebanyak 94%. Temuan ini mengandung implikasi bahwa guru diharapkan dapat menerapkan model yang tepat dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil dan kualitas pembelajaran. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, menyunting karangan, Model Kepala Bernomor Struktur.

References

Wijono. 2007. Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo

Mulyati, Yeti, dkk. 2007. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka

Suparno, Paul. 2010. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Verhaar, J.W.M. 2008. Asas-asas Linguistik. Yogyakarta: Gadjahmada Univercity Press

Tarigan, H. G. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: Angkasa

Downloads

How to Cite

Iswati, H. (2016). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENYUNTING KARANGAN MELALUI MODEL KEPALA BERNOMOR STRUKTUR. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2). https://doi.org/10.30595/mtf.v2i2.162

Issue

Section

Article