EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF

Authors

  • Miftakhul Jannah SD Negeri 1 Taraban, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v2i2.163

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode CIRC dan Jigsaw untuk mencari informasi penting dalam sebuah bacaan pada pembelajaran membaca intensif siswa kelas VI SD Negeri Pakujati 01, Kecamatan District, Brebes Regency, Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Subject penelitian ini berasal dari tiga sekolah yaitu siswa kelas VI SD Negeri Pakujati 01 yang terdiri dari 56 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu VI A dan VI B sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VI SDN 1 Taraban dan SD N Kretek 04 yang masing-masing terdiri dari 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Dengan demikian total populasi dalam penelitian ini berjumlah 112 siswa. Semua populasi dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan teknik non randomly assignment. Data dikumpulkan menggunakan tes tertulis dan dianalisis ,engguanakn uji-t untuk mengetahui keefektifan metode CIRC dan Jigsaw untuk pembelajaran membaca intensif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan membaca intensif siswa berdasarkan uji-t dimana t hitung (4,278) lebih tinggi dibandingkan t-table (2,052) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa metode CIRC efektif untuk meningkatan kemampuan membaca intensif siswa kelas VI A SDN Pakujati 01 Paguyangan. Metode Jigsaw juga efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian dimana t-hitung (3,759) lebih tinggi dibandingkan t-table (2,052). Kedua metode tersebut kemudian dibandingkan untuk mengetahui metode yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan karena berdasarkan paired sample test, t-hitung (0,225) lebih rendah dibandingkan t-table (2,005). Kata kunci : keefektifan, metode CIRC dan Jigsaw, kemampuan membaca intensif

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Hasan, Iqbal. 2008. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Heryadi. Dedi. 2013. Statistika Praktis untuk Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya: UST

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Majid, Abdul. 2013. Stategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Bandung: Bumi Aksara

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suwartono. 2014. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi

Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa

Downloads

How to Cite

Jannah, M. (2016). EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2). https://doi.org/10.30595/mtf.v2i2.163

Issue

Section

Article