EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v2i2.163Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode CIRC dan Jigsaw untuk mencari informasi penting dalam sebuah bacaan pada pembelajaran membaca intensif siswa kelas VI SD Negeri Pakujati 01, Kecamatan District, Brebes Regency, Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Subject penelitian ini berasal dari tiga sekolah yaitu siswa kelas VI SD Negeri Pakujati 01 yang terdiri dari 56 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu VI A dan VI B sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VI SDN 1 Taraban dan SD N Kretek 04 yang masing-masing terdiri dari 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Dengan demikian total populasi dalam penelitian ini berjumlah 112 siswa. Semua populasi dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan teknik non randomly assignment. Data dikumpulkan menggunakan tes tertulis dan dianalisis ,engguanakn uji-t untuk mengetahui keefektifan metode CIRC dan Jigsaw untuk pembelajaran membaca intensif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan membaca intensif siswa berdasarkan uji-t dimana t hitung (4,278) lebih tinggi dibandingkan t-table (2,052) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa metode CIRC efektif untuk meningkatan kemampuan membaca intensif siswa kelas VI A SDN Pakujati 01 Paguyangan. Metode Jigsaw juga efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian dimana t-hitung (3,759) lebih tinggi dibandingkan t-table (2,052). Kedua metode tersebut kemudian dibandingkan untuk mengetahui metode yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan karena berdasarkan paired sample test, t-hitung (0,225) lebih rendah dibandingkan t-table (2,005). Kata kunci : keefektifan, metode CIRC dan Jigsaw, kemampuan membaca intensifReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
Hasan, Iqbal. 2008. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Heryadi. Dedi. 2013. Statistika Praktis untuk Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya: UST
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Majid, Abdul. 2013. Stategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Bandung: Bumi Aksara
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suwartono. 2014. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi
Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.