PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v2i2.165Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan membaca dan menulis peserta didik. Populasi ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Purwokerto berjumlah 110 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Random sampling di sini digunakan untuk memilih kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, yang menghasilkan kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI Akuntansi 1 sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, dengan desain non-equivalent grup pre-test-post-test design. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes. Analisis data menggunakan metode statistik dengan uji normalitas, homogenitas dan uji paired t-test dan uji independen t test. Berdasarkan uji paired t tes analisis dengan taraf signifikasi ᾳ= 0,025, diketahui implementasi pembelajaran berbasis masalah memiliki efektivitas dalam peningkatan nilai rata-rata kelas pada keterampilan membaca, terbukti dari hasil t hitung (2,732) > t tabel (2,048) dan selisih nilai rata-rata post-test membaca kelompok eksperimen (81,89) dengan kelompok kontrol (81,03) sebesar 0,86. Sedangkan berdasarkan uji independent sampel t-test dengan taraf signifikasi α = 0,025, t hitung 0,147 < t tabel (2,048) memberi arti bahwa implementasi pembelajaran berbasis masalah tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar membaca. Berdasarkan uji paired t-test dengan taraf signifikasi α = 0,025, diketahui implementasi pembelajaran berbasis masalah memiliki efektivitas dalam peningkatan nilai rata-rata kelas pada keterampilan menulis, terbukti dari hasil uji paired t-test hitung (15,573) > t tabel (2,048) dan selisih nilai rata-rata post-test menulis kelompok eksperimen (87,069) dengan kelompok kontrol (84,8276) sebesar 2,2414. Sedangkan berdasarkan uji independent sampel t-test dengan taraf signifikasi α = 0,025,t hitung 1,346 < t tabel (2,048) memberi arti bahwa implementasi pembelajaran berbasis masalah tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar menulis. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis.References
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta: Ditjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Menengah.
Haryadi. 2010. Membaca dan Pembelajarannya. Semarang: LPMP.
Ibrahim, Nini. 2010. Problematika Bahasa Indonesia dan Pengajarannya. Sawangan: PPPPTK
Kementerian Pendidikan Nasional. 2013. Materi Diklat Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia SMK. Jakarta:Badan Pengembangan SDM dan Penjamin Mutu Pendidikan.
Sanusi. 2010. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenang-kan. Sawangan:PPPTK.
Suryaman, Maman. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa. Yogya-karta: UNY Press.
Suwito, Hadi. 2010. Penilaian Sekolah Model SBI Invest. Bandung: Kemendiknas.
Tarigan, H.G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbaha-sa. Bandung: Percetakan Angkasa
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.