Pendekatan Teun A Van Dijk Terhadap Berita “Geger Potongan Jari Manusia di dalam Makanan”

Dedi Suyatna, Agus Hamdani

Abstract


Analisis wacana adalah studi tentang bahasa yang digunakan, baik secara tertulis maupun lisan. Sangat mudah untuk mengidentifikasi ideologi yang tersembunyi di balik berita dengan menganalisis wacana. Analisis ini akan mengungkapkan beberapa pertanyaan. 1. Bagaimana cara melakukan analisis kritis wacana dalam berita? 2. Bagaimana teori Van Dijk mempengaruhi wacana berita sosial sosial “Geger Potongan Jari Manusia di Dalam Makanan” Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode wacana kritis analisis Teun A Van Dijk sebagai dasar. Data deskriptif tidak dikumpulkan dalam bentuk angka, tetapi dalam bentuk kata-kata dan gambar. Oleh karena itu, laporan penelitian ini akan berisi informasi yang menjelaskan cara laporan disajikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis wacana dapat mempertahankan stabilitas sosial di masyarakat sehingga orang tidak mudah terpengaruh oleh berita sebelum menganalisa lebih lanjut. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa Sindonews berusaha untuk mempromosikan pihak yang merasa dirugikan dengan memberikan deskripsi tentang masalah tersebut.


Keywords


Media; Wacana; Van Dijk

References


Burton, Graeme. 2008. Yang Tersembunyi Di Balik Media (Pengantar Kepada Kajian Media). Yogyakarta: Jalasutra.

Eriyanto. (2009). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Jogjakarta: Lkis

Fitriana, R.A. (2019). Analisis Wacana Kritis Berita Online Kasus Penipuan Travel Umrah (Model Teun A. Van Dijk). Basindo: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya.

Gamal. (2021). “Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif”. Pada link https://serupa.id/teknik-analisis-data-penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif/. Diakses tanggal 12 juni 2022 pukul 13.15 WIB.

Haryatmoko.( 2016). Critical Discourse Analysis (Analisis Wacana Kritis). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mukhlis, M., Al Masjid, A., Widyaningrum, H. K., Komariah, K., & Sumarlam, S. (2020). Analisis wacana kritis model Teun A. van Dijk pada surat kabar online dengan tajuk kilas balik pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid-19. Geram, 8(2), 73-85.

Sindonews.com (2022). Geger Potongan Jari Manusia di Dalam Makanan, Pemilik Warung: Saya Difitnah Tersedia: https://daerah.sindonews.com/read/969231/174/geger-potongan-jari-manusia-di-dalam-makanan-pemilik-warung-saya-difitnah-1671016349

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfebata Thaborni,

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Van Dijk, Teun A. (1996). Discourse Analysis in Society. Londo: Akademik Pers Inc.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v10i2.17671

Copyright (c) 2023 Dedi Suyatna, Agus Hamdani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020