Representasi Wanita Dibalik Kosakata Berita (Analisis Wacana Kritis Sara Mills Kekerasan Seksual pada Media Indonesia)

Dewi Kania, Agus Hamdani

Abstract


Fokus penelitian ini berfokus pada kekerasan seksual yang terjadi terhadap perempuan dalam konten media online. Media yang berkualitas dapat memberikan informasi yang seimbang. Beberapa berita tentang pelecehan seksual yang sering dialami oleh perempuan mencerminkan suatu pandangan. Saat ini, eksploitasi terhadap perempuan dilakukan dengan cara yang lebih tersembunyi dan dikemas dengan baik, salah satunya melalui pemberitaan di media. Perempuan dalam media sering kali menarik secara visual, namun substansinya terabaikan. Jika situasi ini dibiarkan terus berlanjut, kesenjangan gender antara perempuan dan laki-laki akan semakin diperkuat, yang berpotensi memperburuk keadaan bagi perempuan sebagai korban. Penelitian ini akan membahas analisis wacana dengan menggunakan teori Sara Mills. Fokus penelitian Sara Mills adalah teori wacana yang menekankan feminisme sebagai topik utamanya. Dia mengeksplorasi isu-isu yang berkaitan dengan perempuan, seperti bagaimana perempuan digambarkan dalam media. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka. Temuan dari penelitian dan studi pustaka menunjukkan bahwa teks-teks tersebut menggambarkan perempuan secara tidak adil dalam dua berita media.


Keywords


Sara Mills; Pelecehan Seksual; Analisis Wacana Kritis

References


Alfrin Aladdin Y. Pemaknaan Putusan MA Terkait Calon Legislatif Mantan Koruptor: Analisis Wacana Kritis Sara Mills. Cover J Strateg Commun. 2018;9(1):35–44.

Alif, Zaini. (2006). Perubahan Dan Pergeseran Bentuk Mainan Anak Masyarakat Sunda. Jurnal Rekacipta Volume II No. 2. Kelompok Keilmuan Desain & Budaya Visual-ITB. Bandung

Budi Setiawan, Yulianto. Makna Vol. 2 no.1. 2011. Jurnal: Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Kekerasan Berbasis Gender di Surat Kabar Harian SUara Merdeka. Ilmu Komunikasi.

Classen, P. A. M., J. B. van Lier, A. M. L. Contreras, E. W. J. van Niel, L. Sijitsma, A. J. M. Stams, S. S. de Vries, dan R. A. Weusthuis. 1999. Utilisation of Biomass for the Supply of Energy Carriers. Appl. Microbiol Biotechnol 52 : 741-755.

Darma, Yoce Aliah. 2014. Analisis Wacana Kritis. Refika Aditama: Bandung.

Detik.com (2023) Atasan Dilaporkan Lecehkan Karyawati RS Solo Belum Ditangkap, Ini Alasannya. Tersedia: https://www.detik.com/jateng/hukum-dan-kriminal/d-6667271/atasan-dilaporkan-lecehkan-karyawati-rs-solo-belum-ditangkap-ini-alasannya

Eko Prasetyo, Denny. Vol.4 No. 3. 2016. E-jurnal : Analisis Berita Yuyun Dan Para Korban Kejahatan Akibat Minuman Keras Di Republika Online Edisi 7 Mei 2016. Ilmu Komunikasi

Eriyanto, 2009. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Wacana. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.2009

Eriyanto. 2012. Analisis Wacana (Pengantar Analisis Teks Media). Yogyakarta: LkiS.

Fairclough, Norman. (1995). Media Discourse (First Published). New York: Edward Arnold (A member of the Hodder Headline Group).

Hartanto, Ahmad. 2009. Skripsi: ANalisis Wacana Pemberitaan Kekerasan Pada Perempuan Di Halaman Patroli HU Solopos. Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah: UIN Sunan Kalijaga.

Haryani R, Surip M, Dalimunthe SF. Diduga Berkali-Kali Perkosa Santri Usia 15 Tahun. 2022;382–7.

iNews.com. (2023). Ironi Kasus Pelecehan Karyawati di RS Swasta Solo, Korban Trauma Berat, Pelaku Masih Bebas Kerja. Tersedia: https://wow.tribunnews.com/2023/04/11/ironi-kasus-pelecehan-karyawati-di-rs-swasta-solo-korban-trauma-berat-pelaku-masih-bebas-kerja

Meilani H, Surip M, Dalimunthe SF. Analisis wacana kritis model sara mills terhadap berita 3 pria sekap dan perkosa santriwati magelang berawal kenal di media sosial. 2022;388–91.

Nunan, David. 1989. Designing Tasks For the Communicative Classroom. New York. Cambridge University Press.

Pam, A. B. (1993). Title of the Book in Sentence Case. Publisher Name.

Puteri A, Ramadhan S, Gani E. WACANA BERITA KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DALAM MEDIA DARING JAMBIMETRO.COM (Analisis Wacana Kritis Perspektif Sara Mills). Kaji Linguist dan Sastra. 2020;5(1):74–81.

Sadiah E, Yanti PG, Tarmini W. Berita Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan dalam Dunia Pendidikan: Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills. 2022;11(3):230–8. Available from: https://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm

Sadli, Saparinah. 2010. Berbeda tetapi Setara. Kompas Media Nusantara. Jakarta.

Shella Yan Prantya P. Marjinalisasi Perempuan Dalam Berita Pelecehan Seksual Surat Kabar Harian Memorandum Edisi September 2013 Dan Juli 2015: Analisis Wacana Kritis Sara Mills Marjinalisasi Perempuan Dalam Berita Pelecehan Seksual Surat Kabar Harian Memorandum Edisi Septembe. 2015;(September 2013):1–7.

Siregar, Ashadi. 1998. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa. Yogyakarta : Penyunting Rondang Pasaribu, Kanisius.

Sorensen, Anne Scott and Charlotte Krolokke. (2006). Gender Communication Theories and Analyses. Thousand

Sunarto. (2009). Televisi, Kekerasan & Perempuan (Cetakan Pertama). Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Syahrul yosi zamzuardi; S. Analisis Wacana Kasus Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan Pada Berita Online Dalam Perspektif Analisis Sara Mills. Dialekt J Bahasa, Sastra, dan Pendidik Bhs dan Sastra Indones [Internet]. 2019;(Vol 6, NO 1 (2019)):36–53. Available from: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/article/downloadSuppFile/9750/1222

Tribun.com. (2023) Karyawati RS di Solo Diduga Jadi Korban Pelecehan Seksual. Tersedia: https://jateng.inews.id/berita/karyawati-rs-di-solo-diduga-jadi-korban-pelecehan-seksual

Wirawanda Y, Andreas R, Rahma VA. Bias Gender dalam Berita Kasus Vanessa Angel (Analisis Wacana Kritis Sara Mills dalam detik.com). CHANNEL J Komun. 2019;7(1):13.

Wulandari,Yulianti. 2014. Jurnal: Representasi Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada Rubrik “Nah Ini Dia” Di Surat Kabar Pos Kota (Analisis Wacana Sara Mills).


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v10i1.17674

Copyright (c) 2023 Dewi Kania, Agus Hamdani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020