Kesantunan Imperatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 3 Kebasen Periode Februari Tahun 2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesantunan imperatif pada tuturan deklaratif dan tuturan interogatif guru dan siswa di SMP Negeri 3 Kebasen. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana kesantunan imperatif pada tuturan deklaratif dan interogatif pada guru dan siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia Periode Februari tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mengambil data lisan dengan cara merekam percakapan guru dan siswa, mentranskipkan percakapan, mengklarifikasikan percakapan ke dalam data yang akan di analisis. Data tersebut akan dikaji menggunakan teori Kunjana Rahardi. Hasil penelitian menunjukan bahwa percakapan guru dan siswa SMP Negeri 3 Kebasen sudah memenuhi kesantunan imperatif. Tuturan yang bermakna imperatif meliputi: (1) tuturan yang bermakna imperatif dalam tuturan deklaratif dengan rincian: (a) tuturan deklaratif suruhan, (b) tuturan deklaratif ajakan, (c) tuturan deklaratif permohonan, (d) tuturan deklaratif persilaan, dan (e) tuturan deklaratif larangan, dan (2) tuturan yang bermakna imperatif dalam tuturan interogatif dengan rincian: (a) tuturan interogatif perintah, (b) tuturan interogatif ajakan, (c) tuturan interogatif permohonan, (d) tuturan interogatif persilaan, dan (e) tuturan interogatif larangan.
Keywords
References
Astuti, M. (2017). Kesantunan Direktif Dan Ekspresif Dalam Wacana Film Kartun Adit Sopo Jarwo (Directive and Expressive Politeness in the Discourse of the Cartoon Film of Adit Sopo Jarwo). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 7(1), 60. https://doi.org/10.20527/jbsp.v7i1.3767
Badelah, Mahsun, & Burhanuddin. (2019). Tindak Tutur Kesantunan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sakra: Tinjauan Pragmatik. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 16(2), 219–234.
Chaer, A. (2018). Kesantunan Berbahasa. PT Rineka Cipta.
Desi Septiani, Sumarti, D. N. E. R. (2020). Kesantunan Imperatif Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas VII SMP. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Rahardi, K. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperaktif Bahasa Indonesia. PT Gelora Aksara Pratama.
Yusuf. (2014). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenadamedia. Group.
DOI: 10.30595/mtf.v10i1.17854
Copyright (c) 2023 Lely Nur Tachi, Siti Fathonah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-6020

