Kesantunan Imperatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 3 Kebasen Periode Februari Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v10i1.17854Keywords:
Kesantunan Imperatif, Tuturan Deklaratif, Tuturan InterogatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesantunan imperatif pada tuturan deklaratif dan tuturan interogatif guru dan siswa di SMP Negeri 3 Kebasen. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana kesantunan imperatif pada tuturan deklaratif dan interogatif pada guru dan siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia Periode Februari tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mengambil data lisan dengan cara merekam percakapan guru dan siswa, mentranskipkan percakapan, mengklarifikasikan percakapan ke dalam data yang akan di analisis. Data tersebut akan dikaji menggunakan teori Kunjana Rahardi. Hasil penelitian menunjukan bahwa percakapan guru dan siswa SMP Negeri 3 Kebasen sudah memenuhi kesantunan imperatif. Tuturan yang bermakna imperatif meliputi: (1) tuturan yang bermakna imperatif dalam tuturan deklaratif dengan rincian: (a) tuturan deklaratif suruhan, (b) tuturan deklaratif ajakan, (c) tuturan deklaratif permohonan, (d) tuturan deklaratif persilaan, dan (e) tuturan deklaratif larangan, dan (2) tuturan yang bermakna imperatif dalam tuturan interogatif dengan rincian: (a) tuturan interogatif perintah, (b) tuturan interogatif ajakan, (c) tuturan interogatif permohonan, (d) tuturan interogatif persilaan, dan (e) tuturan interogatif larangan.
References
Astuti, M. (2017). Kesantunan Direktif Dan Ekspresif Dalam Wacana Film Kartun Adit Sopo Jarwo (Directive and Expressive Politeness in the Discourse of the Cartoon Film of Adit Sopo Jarwo). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 7(1), 60. https://doi.org/10.20527/jbsp.v7i1.3767
Badelah, Mahsun, & Burhanuddin. (2019). Tindak Tutur Kesantunan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sakra: Tinjauan Pragmatik. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 16(2), 219–234.
Chaer, A. (2018). Kesantunan Berbahasa. PT Rineka Cipta.
Desi Septiani, Sumarti, D. N. E. R. (2020). Kesantunan Imperatif Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas VII SMP. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Rahardi, K. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperaktif Bahasa Indonesia. PT Gelora Aksara Pratama.
Yusuf. (2014). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenadamedia. Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.