Analisis Nilai Sosial, Kemanusiaan, dan Edukasi dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi

Authors

  • Indalio Ritonga Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Boedi Martono Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Ninik Mardiana Universitas Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v10i2.18540

Keywords:

Analisis Nilai-Nilai, Novel “Anak Rantau”

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial, kemanusiaan dan edukasi yang terdapat dalam novel Anak Rantau karya A. Fuadi. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel Anak Rantau adalah metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai sosial, kemanusian, dan edukasi dalam novel Anak Rantau karya A. Fuadi yang diterbitkan oleh PT Falcon. Tahun 2017. Teknik analisis data menggunakan metode pembacaan model semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil Analisis data terhadap novel Anak Rantau Karya A. Fuadi dapat disimpulkan bahwa nilai sosial yang terdapat dalam novel tersebut yaitu nilai tolong menolong, tanggung jawab, gotong royong, musyawarah, dan kasih sayang. Sedangkan nilai kemanusian dan nilai edukasi yang terkandung dalam novel tersebut yaitu nilai tentang hubungan manusia denga Tuhan, manusia dengan manusia, manusia dengan dirinya sendiri, moral, agama dan estetika.

References

Amelya, D. (2022). Makna Nilai Moral dalam Novel I Am Sarahza Karya Hanum Salsabiela Rais. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 53. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.12968

Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai Sosial Dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2848

Citra, M. A. W. (2020). Aspek Psikologi dan Nilai Moral Tokoh Utama dalam Novel “Anak Rantau” Karya Ahmad Fuadi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(01), 62. https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i01.6664

Dhien, C. N., Nasrah, S., & Emilda. (2022). Analisis Nilai-Nilai Edukatif Dalam Novel Selamat Tinggal Karya Tere Liye. KANDE: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 79–92.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fatimah, N., & Faizah, U. (2018). Analisis Sosiologi Sastra Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya Dengan Metode Problem Solving Di Kelas Xii Sma. Surya Bahtera, 6(53), 446–453.

Fitriana, A. (2019). Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Naura & Genk Juara (The Adventure Begins) Karya Veronica Widyastuti Untuk Membangun Literasi Kritis Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 104–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018

Fuadi, A. (2017). Anak Rantau (2nd ed.). PT Falcon.

Hidayanti, N., & Azizah, L. (2021). Nilai Kemanusiaan dalam Novel Sawitri Karya Masdhar Zainal. Jurnal Kreatifitas Mahasiswa, 2, 68–75.

Karmini, N. N., Sudiarthi, D. N. A., & Arsani, N. P. M. (2020). Nilai Kkemanusiaan Dalam Novel Populer: Analisis Strukturalisme. Suluh Pendidikan, 18(2), 236–248.

Mujarod, S. S. (2022). Analisis Nilai Moral dalam Novel Temukan Aku dalam Istikharahmu Karya E. Sabila El Raihany. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 59. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.12972

Nurachmana, A., Purwaka, A., Supardi, S., & Yuliani, Y. (2020). Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.37304/enggang.v1i1.2462

Saragih, D. K., & Rohman, A. (2022). Nilai Kemanuasiaan dalam Jurnal Kumpulan Puisi Nyanyian Akar Rumput Karya Wiji Thukul (Kajian Sosiologi Sastra). SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(3), 17–34.

Sayuti, S. A., Wiyatmi, W., & Budiyanto, D. (2019). Membaca Nilai Kemanusiaan Dalam Novel Autobiografi. Diksi, 27(1), 65–72. https://doi.org/10.21831/diksi.v27i1.26178

Setiani, F., & Arifin, Z. (2022). Nilai Edukatif Tokoh Burlian Dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Sebagai Bahan Ajar Cerita Inspiratif. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 83–93. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i2.3886

Simanjuntak, M. M. (2021). Analisis Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat “Mado-Mado Nias.” Kode : Jurnal Bahasa, 10(4), 136–149. https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30770

Suhendro, E., & Syaefudin, S. (2020). Nilai-Nilai Kemanusian Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 1. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3430

Susiati, Tenriawali, A. Y., Mukadar, S., Nacikit, J., & Nursin, D. (2020). Nilai Edukasi dalam Novel Partikel Karya Dewi Lestari. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(3), 176–183.

Yulianti, S., & Nursaid, N. (2023). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Dear Nathan : Hello Salma Karya Erisca Febriani Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Teks Novel. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(1).

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Ritonga, I., Martono, B., & Mardiana, N. (2023). Analisis Nilai Sosial, Kemanusiaan, dan Edukasi dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 10(2), 73–81. https://doi.org/10.30595/mtf.v10i2.18540

Issue

Section

Article