Penggunaan Media Infografis Digital Berbasis Aplikasi Canva Sebagai Peningkat Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teks Anekdot
Abstract
Proses belajar mengajar membuat siswa pandai dalam bidang akademik, non akdemik, inovatif dengan menggunakan media digitalisasi. Belajar adalah kewajiban yang sangat penting untuk peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan media infografis yang dibuat menggunakan aplikasi canva dari sampel penelitian yang di pilih menggunakan metode pengambilan acak, penelitian ini dilakukan di kelas XI-Ipa 1MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI- Ipa 1. Penelitian tindakan kelas terdapat dua siklus dan pra-siklus, pada pra-siklus, siswa mendapat nilai rerata 67,04 dengan nilai ketuntasan klasikal 45%, pada siklus satu, setelah diberikan treatmen, didapatkan hasil rerata 73,7 dengan ketuntasan klasikal sebesar 63,7% dan pada siklus 2 setelah dilakukan perbaikan didapat rerata sebesar 79,3% dengan nilai klasikal 90%. Dari hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan jika media infografis dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar.
Keywords
References
Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ipa Di Madrasyah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang (Vol. 3).
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Hersita, A. F., Kusdiana, A., Respati, R., & Respati, R. (2020). Pengembangan Media Infografis sebagai Media Penunjang Pembelajaran IPS di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 192–198. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.30132
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202
Listya, A. (2018). Konsep dan Pengunaan Warna dalam Infografis. Jurnal Desain, 6(01), 10. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817
Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443
Nurjanah, F., & Faznur, L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Brainstroming dalam Meningktkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Bebantuan Media Quizizz. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 45. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13368
Prihanto, S. D., & Hawanti, S. (2021). Pengaruh Pengelolaan Kelas Guru Bahasa Indonesia Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tambak-Banyumas. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 71. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9743
Resnatika, A., Sukaesih, S., & Kurniasih, N. (2018). Peran infografis sebagai media promosi dalam pemanfaatan perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(2), 183–196. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.15440
Sholeh, K., & Purworejo, U. M. (2020). Penerapan Teknik Pembelajaran Partisipatid Berbasis Kecerdasan Majemuk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Esai. VI(2).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), 308.
Supriyanto, S., & Kuntoro, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Inspiratif Yang Membangun Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX SMP. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 19. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13722
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
DOI: 10.30595/mtf.v10i2.18639
Copyright (c) 2023 Nadia Nur Mala, Boedi Martono, Ninik Mardiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-6020