Penggunaan Media Infografis Digital Berbasis Aplikasi Canva Sebagai Peningkat Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teks Anekdot

Nadia Nur Mala, Boedi Martono, Ninik Mardiana

Abstract


Proses belajar mengajar membuat siswa pandai dalam bidang akademik, non akdemik, inovatif dengan menggunakan media digitalisasi. Belajar adalah kewajiban yang sangat penting untuk peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan media infografis yang dibuat menggunakan aplikasi canva dari sampel penelitian yang di pilih menggunakan metode pengambilan acak, penelitian ini dilakukan di kelas XI-Ipa 1MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI- Ipa 1. Penelitian tindakan kelas terdapat dua siklus dan pra-siklus, pada pra-siklus, siswa mendapat nilai rerata 67,04 dengan nilai ketuntasan klasikal 45%, pada siklus satu, setelah diberikan treatmen, didapatkan hasil rerata 73,7 dengan ketuntasan klasikal sebesar 63,7% dan pada siklus 2 setelah dilakukan perbaikan didapat rerata sebesar 79,3% dengan nilai klasikal 90%. Dari hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan jika media infografis dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar.


Keywords


Media Pembelajaran; Infografis; Canva; Hasil Belajar

References


Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ipa Di Madrasyah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang (Vol. 3).

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Hersita, A. F., Kusdiana, A., Respati, R., & Respati, R. (2020). Pengembangan Media Infografis sebagai Media Penunjang Pembelajaran IPS di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 192–198. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.30132

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Listya, A. (2018). Konsep dan Pengunaan Warna dalam Infografis. Jurnal Desain, 6(01), 10. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817

Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443

Nurjanah, F., & Faznur, L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Brainstroming dalam Meningktkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Bebantuan Media Quizizz. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 45. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13368

Prihanto, S. D., & Hawanti, S. (2021). Pengaruh Pengelolaan Kelas Guru Bahasa Indonesia Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tambak-Banyumas. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 71. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9743

Resnatika, A., Sukaesih, S., & Kurniasih, N. (2018). Peran infografis sebagai media promosi dalam pemanfaatan perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(2), 183–196. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.15440

Sholeh, K., & Purworejo, U. M. (2020). Penerapan Teknik Pembelajaran Partisipatid Berbasis Kecerdasan Majemuk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Esai. VI(2).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), 308.

Supriyanto, S., & Kuntoro, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Inspiratif Yang Membangun Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX SMP. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 19. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13722

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v10i2.18639

Copyright (c) 2023 Nadia Nur Mala, Boedi Martono, Ninik Mardiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020