Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Teks Eksposisi Kelas X SMK Al-Huda Grogol
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v10i2.18910Keywords:
Media Pembelajaran Flipbook, Teks Eksposisi, Model Borg and GallAbstract
Hasil observasi di SMK Al-Huda Grogol mengindikasikan minimnya penggunaan media pembelajaran terutama dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari praktik pengajaran di mana guru hanya menggunakan buku teks sebagai alat bantu, menyebabkan proses belajar menjadi pasif dikarenakan motivasi belajar siswa berkurang. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan solusi berupa alat bantu (media pembelajaran) yang lebih menarik dan interaktif guna memancing partisipasi aktif siswa saat pembelajaran berlangsung. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbentuk flipbook dalam konteks pengajaran teks ekposisi. Tujuan penelitian ini untuk memfasilitasi siswa saat belajar serta mendorong keterlibatan aktif mereka saat pembelajaran berlangsung. Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall adalah metode pengembangan yang digunakan. Data dikumpulkan melalui validasi oleh ahli media dan ahli materi, serta uji kevalidan. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian media pembelajaran flipbook pada materi Teks Eksposisi untuk kelas X SMK Al-Huda dinyatakan valid dengan persentase validasi sebagai berikut: aspek materi mendapatkan persentase validasi antara 90-97,7%, aspek bahasa mendapatkan persentase validasi antara 90-96,4%, dan aspek penyajian mendapatkan persentase validasi antara 89,4-95,5%.
References
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. edited by A. Holid. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Apriliani, Elyta, Ana Nurhasana, and Zerri Rahman Hakim. 2020. “3 Bab Ii Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pemb Ips Kelas Iv Sd.” (3):233–39.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Auliyah, Jannatul. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Tema 3 Subtema 3 ‘Ayo Cinta Lingkungan’ Kelas Iv Sekolah Dasar.” Repository.Usd.Ac.Id.
Erniati, and Sitti Nurjannah. 2020. “Penggunaan Media Flip Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.” DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar 3(September):364–69.
Hayati, Sri, Agus Setyo Budi, Erfan Handoko, Magister Pendidikan Fisika, and Universitas Negeri Jakarta. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Snf2015-Ii-49 Snf2015-Ii-50.” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) IV:49–54.
Istiq’faroh, Nurul, and Aimatul Aliyah. 2022. “Pengembangan Media Flipbook Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Fabel Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Muassis Pendidikan Dasar 1(1):1–9. doi: 10.55732/jmpd.v1i1.3.
Mulyadi, Dendik, Sri Wahyuni, and Rif’ati Handayani. 2016. “Development of Flash Flipbook Media to Improve Students’ Creative Thinking Skills in Science Learning in Middle School.” Jurnal Pembelajaran Fisika 4(4):296-301–301.
Nuryani, Luh, and Ida Gede Surya Abadi. 2021. “Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5(2):247. doi: 10.23887/jipp.v5i2.32934.
Pemerintah, Peraturan, Republik Indonesia, Perubahan Atas, Dengan Rahmat, Tuhan Yang, Maha Esa, and Presiden Republik Indonesia. 2013. “PP RI 32 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.”
Rahmawati, Desi, Sri Wahyuni, and Yushardi. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Benda Di Smp.” Jurnal Pembelajaran Fisika 6(4):326–32.
Rahmayantis, Marista Dwi. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Membaca Indah Puisi Untuk Siswa SMP Kelas VII KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya.” 2(1):47–56. doi: 10.22219/kembara.v2i1.4043
Sugianto, Dony, Ade Gafar Abdullah, Siscka Elvyanti, and Yuda Muladi. 2017. “Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital.” Innovation of Vocational Technology Education 9(2):101–16. doi: 10.17509/invotec.v9i2.4860.
Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” 38.
Ulfa, Melin Sri, and Cut Eva Nasryah. 2020. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP – UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD Beda Dalam Memahami Konep Pembelajaran . Hal Ini Dapat Menjadikan Mereka Memiliki Mudah , Dan Hasil Belajar Menjadi Lebih Baik . Dalam Proses Pembelajaran .” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(1):10–16.
Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. “Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Demographic Research 49(0):1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.
Zahra, Fatematus, Endang Wahyudiana, and Waluyo Hadi. 2021. “Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Berbasis Model Discovery Learning Pada Muatan Ipa Kelas Iv Sd.” OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 5(2):104–12. doi: 10.37478/optika.v5i2.1058.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.