Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Teks Eksposisi Kelas X SMK Al-Huda Grogol

Septian Hadi Nurwanto, Marista Dwi Rahmayantis, Sempu Dwi Sasongko, David Rindu Kurniawan

Abstract


Hasil observasi di SMK Al-Huda Grogol mengindikasikan minimnya penggunaan media pembelajaran terutama dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari praktik pengajaran di mana guru hanya menggunakan buku teks sebagai alat bantu, menyebabkan proses belajar menjadi pasif dikarenakan motivasi belajar siswa berkurang. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan solusi berupa alat bantu (media pembelajaran) yang lebih menarik dan interaktif guna memancing partisipasi aktif siswa saat pembelajaran berlangsung. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbentuk flipbook dalam konteks pengajaran teks ekposisi. Tujuan penelitian ini untuk memfasilitasi siswa saat belajar serta mendorong keterlibatan aktif mereka saat pembelajaran berlangsung. Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall adalah metode pengembangan yang digunakan. Data dikumpulkan melalui validasi oleh ahli media dan ahli materi, serta uji kevalidan. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian media pembelajaran flipbook pada materi Teks Eksposisi untuk kelas X SMK Al-Huda dinyatakan valid dengan persentase validasi sebagai berikut: aspek materi mendapatkan persentase validasi antara 90-97,7%, aspek bahasa mendapatkan persentase validasi antara 90-96,4%, dan aspek penyajian mendapatkan persentase validasi antara 89,4-95,5%.


Keywords


Media Pembelajaran Flipbook; Teks Eksposisi; Model Borg and Gall

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. edited by A. Holid. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Apriliani, Elyta, Ana Nurhasana, and Zerri Rahman Hakim. 2020. “3 Bab Ii Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pemb Ips Kelas Iv Sd.” (3):233–39.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Auliyah, Jannatul. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Tema 3 Subtema 3 ‘Ayo Cinta Lingkungan’ Kelas Iv Sekolah Dasar.” Repository.Usd.Ac.Id.

Erniati, and Sitti Nurjannah. 2020. “Penggunaan Media Flip Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.” DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar 3(September):364–69.

Hayati, Sri, Agus Setyo Budi, Erfan Handoko, Magister Pendidikan Fisika, and Universitas Negeri Jakarta. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Snf2015-Ii-49 Snf2015-Ii-50.” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) IV:49–54.

Istiq’faroh, Nurul, and Aimatul Aliyah. 2022. “Pengembangan Media Flipbook Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Fabel Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Muassis Pendidikan Dasar 1(1):1–9. doi: 10.55732/jmpd.v1i1.3.

Mulyadi, Dendik, Sri Wahyuni, and Rif’ati Handayani. 2016. “Development of Flash Flipbook Media to Improve Students’ Creative Thinking Skills in Science Learning in Middle School.” Jurnal Pembelajaran Fisika 4(4):296-301–301.

Nuryani, Luh, and Ida Gede Surya Abadi. 2021. “Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5(2):247. doi: 10.23887/jipp.v5i2.32934.

Pemerintah, Peraturan, Republik Indonesia, Perubahan Atas, Dengan Rahmat, Tuhan Yang, Maha Esa, and Presiden Republik Indonesia. 2013. “PP RI 32 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.”

Rahmawati, Desi, Sri Wahyuni, and Yushardi. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Benda Di Smp.” Jurnal Pembelajaran Fisika 6(4):326–32.

Rahmayantis, Marista Dwi. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Membaca Indah Puisi Untuk Siswa SMP Kelas VII KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya.” 2(1):47–56. doi: 10.22219/kembara.v2i1.4043

Sugianto, Dony, Ade Gafar Abdullah, Siscka Elvyanti, and Yuda Muladi. 2017. “Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital.” Innovation of Vocational Technology Education 9(2):101–16. doi: 10.17509/invotec.v9i2.4860.

Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” 38.

Ulfa, Melin Sri, and Cut Eva Nasryah. 2020. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP – UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD Beda Dalam Memahami Konep Pembelajaran . Hal Ini Dapat Menjadikan Mereka Memiliki Mudah , Dan Hasil Belajar Menjadi Lebih Baik . Dalam Proses Pembelajaran .” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(1):10–16.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. “Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Demographic Research 49(0):1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.

Zahra, Fatematus, Endang Wahyudiana, and Waluyo Hadi. 2021. “Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Berbasis Model Discovery Learning Pada Muatan Ipa Kelas Iv Sd.” OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 5(2):104–12. doi: 10.37478/optika.v5i2.1058.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v10i2.18910

Copyright (c) 2023 Septian Hadi Nurwanto, Marista Dwi Rahmayantis, Sempu Dwi Sasongko, David Rindu Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020