Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berbantuan Media Film Pendek pada Siswa Kelas XI APHP 2 SMKN 1 Plosoklaten

Authors

  • Vicky Prastyo Eko Desantoro Universitas Negeri Malang
  • Fitri Ulfasari SMK Negeri 1 Plosoklaten
  • Imam Agus Basuki Universitas Negeri Malang
  • David Rindu Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v10i2.19051

Keywords:

Keterampilan Menulis, Cerpen, Media Film Pendek

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia memiliki empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Pada jenjang SMA/sederajat, terdapat kompetensi siswa menulis cerpen berdasarkan pengalaman hidup sehari-hari. Cerpen merupakan cerita yang cenderung cerita yang pendek dan panjangnya tidak lebih dari 5000 kata. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru dan siswa kelas XI APHP 2 SMK Negeri 1 Plosoklaten mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis cerpen. Hal ini bermula dari keengganan siswa untuk menulis dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran. Hal ini membuat siswa tidak aktif dan tidak termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI APHP 2 SMK Negeri 1 Plosoklaten berbantuan media film pendek. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK kolaboratif, yaitu kolaborasi antara praktisi dan peneliti untuk memahami isu-isu konsensus, dalam suatu proses pengambilan keputusan yang pada akhirnya mengarah pada tindakan yang sama. Hasil penelitian membuktikan terdapat kenaikan kinerja peserta didik dan peningkatan hasil produk. Hal ini menunjukkan bahwa media film pendek dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis siswa kelas XI APHP 2 SMK Negeri 1 Plosoklaten. 

Author Biographies

Vicky Prastyo Eko Desantoro, Universitas Negeri Malang

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Profesi Guru Prajabatan

Fitri Ulfasari, SMK Negeri 1 Plosoklaten

Guru Bahasa Indonesia

Imam Agus Basuki, Universitas Negeri Malang

Program Studi Pendidikan Profesi Guru

David Rindu Kurniawan, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Jus’amma, Andi. (2020). Pengaruh Media Gambar terhadap Menulis Cerpen melalui Metode Picture and Picture Kelas IX SMP Negeri 1 Sajoanging. (Skripsi sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar). https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/15563-Full_Text.pdf

Kartono. (2009). Menulis Tanpa Rasa Takut Membaca Realitas dengan Kritis. Yogyakarta: Kanisius.

Kosasih, E. (2003). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya

Mabruri, T. (2010). Pandai Menulis Cerpen, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saputri, Tety Permana. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Pengaliran Imaji Berbantuan Media Rekaman Pada Siswa Kelas XI SMK Sakti Gemolong. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/53211/11/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Siregar, E. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Poster Oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 (Doctoral dissertation).

Sudjana, N dan A, Rivai. (1995). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana. (1995). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Desantoro, V. P. E., Ulfasari, F., Basuki, I. A., & Kurniawan, D. R. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berbantuan Media Film Pendek pada Siswa Kelas XI APHP 2 SMKN 1 Plosoklaten. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 10(2), 117–125. https://doi.org/10.30595/mtf.v10i2.19051

Issue

Section

Article