Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Menulis Teks Anekdot Berbasis E-Comic
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v10i2.19145Keywords:
Kebutuhan Bahan Ajar, Teks Anekdot, E-comicAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar guru dan siswa terhadap materi teks anekdot. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Kemudian untuk instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan angket berupa angket untuk kebutuhan guru dan siswa. Teknik analisis data digunakan untuk mengelompokkan informasi dari data kualitatif berupa tanggapan, kritik dan saran untuk bahan ajar berbasis e-comic Indonesia. Langkah-langkah dalam teknik analisis data kualitatif adalah sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian diperoleh dari angket yang meliputi angkte kebutuhan guru dan siswa. Pada data kebutuhan guru yang diperoleh melalui angket kebutuhan guru meliputi empat aspek yang menunjukkan hasil yaitu keberlakuan pendapat guru terhadap bahan ajar menunjukkan nilai akhir 3,28 dengan kriteria valid. Kemudian untuk aspek kebutuhan guru terhadap bahan ajar berbasis e-komik menunjukkan nilai 3,36 dengan kriteria valid. Kemudian untuk aspek kebutuhan guru terhadap tampilan bahan ajar menunjukkan nilai 3,48 dengan kriteria valid. Sedangkan untuk aspek kebutuhan guru terhadap isi dan materi bahan ajar menunjukkan nilai 3,62 dengan kriteria valid. Kemudian untuk analisis angket kebutuhan siswa memiliki empat aspek yaitu aspek pertama yaitu aspek pendapat siswa terhadap bahan ajar, pada aspek ini mendapat skor 3,02 dengan kategori valid. Aspek kedua adalah kebutuhan siswa akan bahan ajar berbasis e-komik pada aspek ini untuk mendapatkan skor 3,31 dengan kirteri yang valid. Kemudian untuk aspek ketiga mengenai kebutuhan siswa terhadap tampilan bahan ajar berbasis e-komik menunjukkan nilai 3,38 dengan kriteria valid. Kemudian pada aspek terakhir yaitu aspek kebutuhan siswa terhadap isi dan bahasa bahan ajar e-comic menunjukkan nilai 3,41 dengan kriteria valid.
References
Aeni,Wiwik Akhirul,dkk.(2018).Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan,06(1):01-106
Ani Cahyadi, M. P. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Serang. Laksita Indonesia.
Gumelar & Mulyati. (2018). Meme: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Anekdot. Scholar.google.ump.ac.id
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks (Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya). Bandung: Yrama Widya
Kulsum,dkk.(2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA
Moeleong, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhsetyo, Gatot,dkk. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Tarigan, Henry Guntur. (1994). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.