Multimodalitas dalam Akun Instagram kokbisa dan Kaitannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Authors

  • Fadila Nur Azza Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sukirno Sukirno Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.19151

Keywords:

Multimodalitas, Instagram Kokbisa, Pembelajaran di SMA

Abstract

Sosial media merupakan sumber informasi yang dominan digunakan di era digital ini. Informasi yang terdapat dalam  Instagram  harus dipilah dengan baik oleh pembaca. Multimodalitas sebagai domain penting dalam membangun makna informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  multimodalitas dalam akun Instagram kokbisa, mendeskripsikan kontribusi moda-moda semiotika, dan mengaitkan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik penelitian menggunakan simak dan catat. Teknik penganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan adalah kartu pencatat data. Hasil penelitian ini ditemukan adanya tiga aspek multimodalitas yaitu interactive meaning, representational meaning, dan compositional meaning. Kontribusi moda semiotik yaitu moda verbal dan visual yang saling berkaitan satu sama lain dan membangun makna. Multimodalitas dapat dikaitkan dengan materi teks ekposisi kelas X menggunakan kurikulum merdeka.

References

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Batolu, D.F & Bustam, M.R. 2022. Analisis Visual dan verbal pada Unggahan Instagram World Health Organization (WHO). Jurnal mahadaya vo. 2, no. 1. 25-30.

Fujiawati, F.S & Raharja, R.M. 2021. Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) sebagai Media Penyajian Kreasi Seni dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, vol. 6, no. 1. 32-44.

Hermawan, B. 2021. Analisis Wacana Multimodal untuk Pemula. Bandung: Upi Press.

Huda, S. 2021. Wacana dalam Berita dan Infografik Tirto.id ‘Mereka yang Bersatu dan Berseteru dalam Aksi Bela Islam II. Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 6, no. 2. 29-42.

Kress, G & Leeuwen, T. 2006. Reading Images. New York: Taylor & Francis Group.

Kusuma, A.E & Linda, G. 2022. Multimodalitas Wacana Kritis Keagamaan dalam Komik Aji Prasetyo. Jurnal Sasak, vol. 4, no. 2. 81-92.

Moleong, L.J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyati, N.S. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi bebas dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Literasi, vol. 1, no. 1, 18-27.

Thuy, T.T.H. 2017.Reading Images-The Grammar of Visual Desain.. Journal of Foreign Studies, vol.33, no.6. 164-168

Sobur, A. 2015. Analisis Teks media. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Downloads

Additional Files

Published

2024-11-07

How to Cite

Azza, F. N., & Sukirno, S. (2024). Multimodalitas dalam Akun Instagram kokbisa dan Kaitannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 11(2), 297–305. https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.19151

Issue

Section

Article