Multimodalitas dalam Akun Instagram kokbisa dan Kaitannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.19151Keywords:
Multimodalitas, Instagram Kokbisa, Pembelajaran di SMAAbstract
Sosial media merupakan sumber informasi yang dominan digunakan di era digital ini. Informasi yang terdapat dalam Instagram harus dipilah dengan baik oleh pembaca. Multimodalitas sebagai domain penting dalam membangun makna informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan multimodalitas dalam akun Instagram kokbisa, mendeskripsikan kontribusi moda-moda semiotika, dan mengaitkan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik penelitian menggunakan simak dan catat. Teknik penganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan adalah kartu pencatat data. Hasil penelitian ini ditemukan adanya tiga aspek multimodalitas yaitu interactive meaning, representational meaning, dan compositional meaning. Kontribusi moda semiotik yaitu moda verbal dan visual yang saling berkaitan satu sama lain dan membangun makna. Multimodalitas dapat dikaitkan dengan materi teks ekposisi kelas X menggunakan kurikulum merdeka.
References
Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Batolu, D.F & Bustam, M.R. 2022. Analisis Visual dan verbal pada Unggahan Instagram World Health Organization (WHO). Jurnal mahadaya vo. 2, no. 1. 25-30.
Fujiawati, F.S & Raharja, R.M. 2021. Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) sebagai Media Penyajian Kreasi Seni dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, vol. 6, no. 1. 32-44.
Hermawan, B. 2021. Analisis Wacana Multimodal untuk Pemula. Bandung: Upi Press.
Huda, S. 2021. Wacana dalam Berita dan Infografik Tirto.id ‘Mereka yang Bersatu dan Berseteru dalam Aksi Bela Islam II. Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 6, no. 2. 29-42.
Kress, G & Leeuwen, T. 2006. Reading Images. New York: Taylor & Francis Group.
Kusuma, A.E & Linda, G. 2022. Multimodalitas Wacana Kritis Keagamaan dalam Komik Aji Prasetyo. Jurnal Sasak, vol. 4, no. 2. 81-92.
Moleong, L.J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyati, N.S. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi bebas dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Literasi, vol. 1, no. 1, 18-27.
Thuy, T.T.H. 2017.Reading Images-The Grammar of Visual Desain.. Journal of Foreign Studies, vol.33, no.6. 164-168
Sobur, A. 2015. Analisis Teks media. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.