Persepsi Siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman terhadap Model Direct Method Berbantuan Aplikasi FonBi dalam Pembelajaran Menyaji Teks Laporan Pengamatan

Annisa Nurul Rahma, Nursaid Nursaid, Claudhea Enjelina Detrial, Nurul Suryani, Vebby Novedra Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pelaksanaan, pengevaluasian, dan terhadap guru yang menerapkan model direct method berbantuan aplikasi FonBi dalam pembelajaran menyaji teks laporan pengamatan di SMPN 2 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian mixed methods atau metode campuran. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggabungkan dua bentuk penelitian yang telah ada sebelumnya, yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Penggunaan metode ini diharapkan dapat membantu menjawab pertanyaan penelitian, memungkinkan penelitian metode campuran untuk mendapatkan pengetahuan dan validasi yang tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman dengan sampel siswa kelas VIII.5 berjumlah 29 siswa.  Teknik pengumpulan data Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi kuesioner atau angket, dan wawancara. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini terdapat dua tahap, yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Terdapat tiga hasil penelitian yang kemudian menjadi simpulan. Ketiga hsil tersebut menunjukan persepsi siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman secara umum memiliki persentase 89,65% dengan kualifikasi ”Tinggi”. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model direct method berbantuan aplikasi FonBi efektif dalam pembelajaran menyaji teks laporan pengamatan.


Keywords


Direct Method; FonBi; Pembelajaran Menyaji; Teks Laporan Pengamatan

References


Agisna, R., Jauhari, Z. A., Zuar, M. S., Sholihin, M., & I, A. K. (2023). Evaluasi Pembelajaran. Social Science Academic, 1(2), 353–362. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3582

Aribowo, E. K. (2017). IPADAGOGI 1 DALAM PRAKTIK: SEBUAH MODEL M-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA 2. http://appshopper.com/

Ezalika, R. (2019). PERSEPSI TERHADAP PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MATERI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPN 7 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Universitas Jambi.

Hasan Marbun, A. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBASIS KELOMPOK DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VI.A SDN 173249 SIBULANBULAN. Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(3).

Hulu, F. (2018). EFEKTIVITAS DIRECT METHOD DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA. In Jurnal Basis (Vol. 5).

Indriyati, I. (2021). EFEKTIVITAS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA. Jurnal Inovasi Riset Akademik, 3, 26–29. https://jurnalcendekia.id/index.php/jp3t/

Kurnia Vilmala, B., & Ma, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Direct Instruction Terhadap Persepsi Dan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Dalam Pembelajaran IPA Fisika Di Kelas VIII SMPN 18 Pekanbaru.

kuta, N. siehul, & Ardianingsih, F. (2018). Metode Langsung (Direct Method) 2 METODE LANGSUNG (DIRECT METHOD) TERHADAP PEMBELAJARAN MAKNA KATA PADA ANAK AUTIS.

Novedra Utami, V., Suryani, N., Enjelina Detrial, C., Nurul Rahma, A., Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P., & Bahasa dan Seni, F. (2023). PEMANFAATAN APLIKASI FONBI DALAM MATERI TEKS LAPORAN PENGAMATAN. www.fonbi.my.id

Nursaid, Mhd Ghaluh, B., Hayati, Y., Ismail Nasution, M., Gustia Ningsih, A., Wulandari, E., & Trinanda Harahap, A. (2024). Development of FonBi Application: A Phonetic Transcription Tool Assisted by Artificial Intelligence for Indonesian Language. International Journal of Information and Education Technology, 14(1), 50–58. https://doi.org/10.18178/ijiet.2024.14.1.2023

Rahma, U. L., & Pristiwati, R. (2019). Keterampilan Menyajikan Teks Persuasi Melalui Model Scaffolding dengan Media Kartu Cerita Lingkungan Kita (Kartalita). In JPK (Vol. 5, Issue 2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Rahmi Sikumbang, H., Pendidikan, A., & Negeri Padang Himayatul Rahmi Sikumbang, U. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Oleh Guru Di Smk Negeri 2 Padang Sumatera Barat. Jurnal Dedikasi Edukasi, 2, 25–29. https://doi.org/10.24036/deduksi.v2i2

Rizki, S., Mastuang, M., & M, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Direct Instruction untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Materi Gerak Melingkar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 26. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.3295

Susilawati, Mahsun, & Johan Mahyudi. (2020). susilawati. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 52–59.

Tafonao Program Studi Pendidikan Agama Kristen, T., & KADESI Yogyakarta, S. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v11i1.20535

Copyright (c) 2024 Annisa Nurul Rahma, Nursaid Nursaid, Claudhea Enjelina Detrial, Nurul Suryani, Vebby Novedra Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020