Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Teks Akademik Mahasiswa Thailand di Universitas Jambi: Kajian Semantik

Suhaina Bakhtiar, Imam Suwardi Wibowo, Rahmawati Rahmawati, Priyanto Priyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa tataran semantik dalam teks akademik mahasiswa Thailand di Universtas Jambi serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan berbahasa dalam teks akademik mahasiswa Thailand di Universitas Jambi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis isi (content analysis). Data penelitian diperoleh dari teks akademik dalam bentuk makalah yang dihasilkan oleh mahasiswa Thailand dengan tema yang telahditentukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tugas kepada mahasiswa asing dari Thailand. Kemudian, dilakukan analisis data dengan menggunakan langkah-langkah analisis isi (Krippendorff, 1993) yang meliputi; (1) pengadaan data; (2) menentukan kategori atau kode yang akan digunakan dalam menganalisis; (3) melakukan pengkodean data dan klasifikasi data; (4) menghitung dan memperingkat setiap kategori kesalahan semantik; dan (5) membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan kesalahan berbahasa yang paling banyak terjadi dalam teks akademik mahasiswa Thailand di Universitas Jambi yaitu pilihan kata atau diksi yang tidak tepat, kemudian diikuti oleh pleonasme, ambiguitas, dan hiperkorek.


Keywords


Kesalahan Berbahasa; Semantik; Teks Akademik

References


Aji, A. B., Istikhomah, E., Al Majid, M. Z. Y., & Ulya, C. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Semantik pada Berita Daring Laman sindonews.com. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 2(2), 65–70. https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.3290

Badudu, J. S. (1987). Pelik-Pelik Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.

Chaer, Abdul. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmirasari, R., & Oktavia, Y. (2022). Pentingnya Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 2(1), 114–119. https://doi.org/10.58218/alinea.v2i1.172

Erlangga, Sari, A., & Alifulia, N. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Program Waktu Indonesia Bercanda Tahun 2017. Kode : Jurnal Bahasa, 11(3), 136–146. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/kjb.v10i3.28311

Herniti, E. (2017). Kesalahan Berbahasa Indonesia Tulis pada Mahasiswa Thailand (Studi Atas Pembelajar BIPA di PBB UIN Sunan Kalijaga). Thaqafiyyat: Jurnal Bahasa, Perdaban, dInformasi Islam, 18(1), 1–18.

Hidayat, R., Khotimah, K., & Saputra, A. (2019). Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Sebuah Tawaran Model Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Telaah, 4(1), 31. https://doi.org/10.31764/telaah.v4i1.1268

Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1), 1–9.

Hudhana, W. D., Wiharja, I. A., & Hamsanah Fitriani, H. S. (2021). Bentuk Kesalahan Kalimat dalam Karya Ilmiah Mahasiswa BIPA Thailand. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 43. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i2.4741

Jazeri, M. (2013). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pebelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Sanggar Kampung Indonesia. Lingua Scientia, 5(1), 1–10.

Krippendorff, Klaus. (1933). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodolog. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahmi, H., & S, N. (2022). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karya Ilmiah Guru SMP di Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Sains Riset, 12(3), 566–579. https://doi.org/10.47647/jsr.v12i3.867

Siagian, E. N. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa (Tulis) Mahasiswa BIPA Tingkat Lanjut Universitas Yale, USA. PS PBSI FKIP Universitas Jember, Seminar Nasional, 11–22. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4849

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif “Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif”. Bandung: Alfabeta.

Yanuar, W., & Siroj, M. B. (2020). Analisis Kesalahan Bahasa Tulis Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Level 2B Wisma Bahasa Yogyakarta. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 90–96. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.31568


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v11i1.20920

Copyright (c) 2024 Suhaina Bakhtiar, Imam Suwardi Wibowo, Rahmawati Rahmawati, Priyanto Priyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020