Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Teks Akademik Mahasiswa Thailand di Universitas Jambi: Kajian Semantik
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v11i1.20920Keywords:
Kesalahan Berbahasa, Semantik, Teks AkademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa tataran semantik dalam teks akademik mahasiswa Thailand di Universtas Jambi serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan berbahasa dalam teks akademik mahasiswa Thailand di Universitas Jambi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis isi (content analysis). Data penelitian diperoleh dari teks akademik dalam bentuk makalah yang dihasilkan oleh mahasiswa Thailand dengan tema yang telahditentukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tugas kepada mahasiswa asing dari Thailand. Kemudian, dilakukan analisis data dengan menggunakan langkah-langkah analisis isi (Krippendorff, 1993) yang meliputi; (1) pengadaan data; (2) menentukan kategori atau kode yang akan digunakan dalam menganalisis; (3) melakukan pengkodean data dan klasifikasi data; (4) menghitung dan memperingkat setiap kategori kesalahan semantik; dan (5) membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan kesalahan berbahasa yang paling banyak terjadi dalam teks akademik mahasiswa Thailand di Universitas Jambi yaitu pilihan kata atau diksi yang tidak tepat, kemudian diikuti oleh pleonasme, ambiguitas, dan hiperkorek.
References
Aji, A. B., Istikhomah, E., Al Majid, M. Z. Y., & Ulya, C. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Semantik pada Berita Daring Laman sindonews.com. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 2(2), 65–70. https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.3290
Badudu, J. S. (1987). Pelik-Pelik Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.
Chaer, Abdul. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Desmirasari, R., & Oktavia, Y. (2022). Pentingnya Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 2(1), 114–119. https://doi.org/10.58218/alinea.v2i1.172
Erlangga, Sari, A., & Alifulia, N. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Program Waktu Indonesia Bercanda Tahun 2017. Kode : Jurnal Bahasa, 11(3), 136–146. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/kjb.v10i3.28311
Herniti, E. (2017). Kesalahan Berbahasa Indonesia Tulis pada Mahasiswa Thailand (Studi Atas Pembelajar BIPA di PBB UIN Sunan Kalijaga). Thaqafiyyat: Jurnal Bahasa, Perdaban, dInformasi Islam, 18(1), 1–18.
Hidayat, R., Khotimah, K., & Saputra, A. (2019). Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Sebuah Tawaran Model Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Telaah, 4(1), 31. https://doi.org/10.31764/telaah.v4i1.1268
Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1), 1–9.
Hudhana, W. D., Wiharja, I. A., & Hamsanah Fitriani, H. S. (2021). Bentuk Kesalahan Kalimat dalam Karya Ilmiah Mahasiswa BIPA Thailand. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 43. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i2.4741
Jazeri, M. (2013). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pebelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Sanggar Kampung Indonesia. Lingua Scientia, 5(1), 1–10.
Krippendorff, Klaus. (1933). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodolog. Jakarta: Rajawali Pers.
Rahmi, H., & S, N. (2022). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karya Ilmiah Guru SMP di Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Sains Riset, 12(3), 566–579. https://doi.org/10.47647/jsr.v12i3.867
Siagian, E. N. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa (Tulis) Mahasiswa BIPA Tingkat Lanjut Universitas Yale, USA. PS PBSI FKIP Universitas Jember, Seminar Nasional, 11–22. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4849
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif “Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif”. Bandung: Alfabeta.
Yanuar, W., & Siroj, M. B. (2020). Analisis Kesalahan Bahasa Tulis Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Level 2B Wisma Bahasa Yogyakarta. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 90–96. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.31568
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.