Analisis Kontrastif Bahasa Makassar dan Bahasa Indonesia dalam Proses Afiksasi
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kebiasaan dan kekeliruan individu dalam berbahasa karena memiliki kemampuan dua bahasa (dwibahasa), contohnya bahasa ibu (b1) dengan bahasa Indonesia (b2). Masuknya unsur (b1) ke dalam (b2) ataupun sebaliknya, sehingga timbulah interferensi. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian analisis kontrastif yang bertujuan untuk memberi wawasan persamaan dan perbedaan antar bahasa, menjelaskan permasalahan dalam belajar bahasa kedua, mengatasi kesulitan belajar, memperbaiki kesalahan, serta membantu pendidik mengembangkan bahan pengajaran b2. Metodenya yaitu wawancara, observasi, serta riset kepustakaan. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis, seperti (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu, (1) imbuhan dalam bahasa Makassar lebih banyak di bagian sufiksasi; (2) imbuhan dalam bahasa Indonesia terdapat prefiksasi, infiksasi, sufiksasi, dan konfiksasi; (3) proses pengimbuhan bahasa Indonesia bersifat tunggal; (4) proses pengimbuhan bahasa Makassar bersifat ganda yakni imbuhan Makassar dengan kata dasar Makassar dan imbuhan Makassar dengan kata dasar Indonesia (logat Makassar).
Keywords
References
Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pranowo. (2014). Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setiyaningsih, Ika. (2019). Inti Sari Morfologi Afiksasi, Reduplikasi, dan Komposisi. Bandung: Pakar Raya.
Simpen, I Wayan. (2021). Morfologi: Kajian Proses Pembentukan Kata. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Surono. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia. Semarang: FIB Undip.
Tarigan, Henry Guntur. (2021). Pengajaran Analisis Kontrastif Bahasa. Bandung: Angkasa.
Tersiana, Andra. (2022). Metode Penelitian Dengan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Widoyoko, Eko Putra. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: 10.30595/mtf.v11i1.21135
Copyright (c) 2024 Lidia Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-6020