Penerapan Media Live Worksheet dalam Pembelajaran Teks Artikel Opini pada Peserta Didik Kelas XII SMA

Nevia Indah Winaryuni, Ika Septiana, Teguh Wibowo

Abstract


Teknologi berkembang pesat dalam dunia pendidikan, termasuk penggunaan media Live Worksheet sebagai solusi pembelajaran digital yang memperluas akses sumber belajar. Media ini memudahkan peserta didik mengakses materi secara tidak terbatas dan menarik, menjadikannya pelengkap yang tidak membosankan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi efektivitas media Live Worksheet dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi peserta didik serta untuk mengetahui sejauh mana media ini dapat menjadi alat bantu yang efektif bagi guru dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data diperoleh dari peserta didik dalam pembelajaran materi teks artikel opini dengan menggunakan media Live Worksheet. Teknik analisis data dengan mendeskripsikan dan menyimpulkan data berdasarkan hasil pengamatan. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan motivasi belajar, kemudahan akses materi, pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan dalam menerapkan media pembelajaran Live Worksheet.


Keywords


Teks Artikel; Media; Live Worksheet

References


Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Faidah, N. N., Listiawati, M., & Yamin, I. M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LIVEWORKSHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 194-208.

Merliana, N. P. E. (2019). Peranan Teknologi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pembelajaran Bahasa Di SMAN 1 Katingan Hulu Kabupaten Katingan. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 214-225.

Pribadi, B. A. (2017). Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Teknologi_Dalam_Pembelajaran/ALJDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Pribadi,+A+Benny.+(2017).+Media+dan+Teknologi+dalam+Pembelajaran.+Jakarta:+Kencana.&printsec=frontcover

Putri, N., Syahrul, R., & Afnita, A. (2018). Pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 192-198.

Niansari, F., Saiba, Y., Sangkala, I., & Haspar, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 8 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 323-331.

Silviana, V. Pemanfaatan Media Vlog Terhadap Keterampilan Menulis Opini Peserta Didik Kelas XII SMA Waskito Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021 (Bachelor's thesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v11i1.21408

Copyright (c) 2024 nevia indah yuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020