Campur Kode Klausa dalam Dialog Web Series 1 “Suami-Suami Masa Kini” Karya Imam Darto
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.22919Keywords:
Campur Kode, Web SeriesAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk campur kode klausa dan faktor penyebab terjadinya campur kode dalam dialog web series 1 “Suami-Suami Masa Kini” karya Imam Darto. Penelitian kualitatif ini bersumber data dari web series 1 “Suami-Suami Masa Kini” Karya Imam Darto. Data berupa dialog yang berwujud campur kode klausa dalam web series 1 “Suami-Suami Masa Kini” Karya Imam Darto. Sampel penelitian ditentukan melalui purposive sampling. Metode simak dan catat dalam penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan data, serta menggunakan metode agih dan metode padan untuk analisis data. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam dialog web series 1 “Suami-Suami Masa Kini” karya Imam Darto terdapat bentuk campur kode klausa berjumlah sembilan belas data. Faktor penyebab terjadinya campur kode dalam dialog web series 1 “Suami-Suami Masa Kini” karya Imam Darto ditemukan karena adanya keterbatasan penggunaan kode, penggunaan istilah yang lebih populer, pembicara, membangkitkan rasa humor dan sekedar bergengsi.
References
Asmiati. (2019). Alih Kode dan Campur Kode pada Masyarakat Bilingualisme Di Desa Bonea Timur Kabupaten Kepulauan Selayar: Kajian Sosiolinguistik. 87. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/8189-Full_Text.pdf
Chaer, A. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal (Revisi). Rineka Cipta.
Chasanah, U. U. (2021). Alih Kode dan Campur Kode pada Film Mekah I’m Coming serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Mendemostrasikan Naskah Drama Kelas XI SMA/MA. 1–188.
Dyastuti, U. H. (2023). Alih Kode dan Campur Kode Tuturan Tokoh pada Aplikasi Webtoon dalam Cerita Day By Bae Karya HAAI Episode 1-23. 125.
Keraf, G. (1991). Diksi dan Gaya Bahasa Gorys Keraf. Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, H. (2008). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya.
Putri, A. R. (2022). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Pedagang dan Pembeli Di Pasar Panorama Kota Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/9707/
Rizki, M. S., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2020). Perilaku Positif pada Komunikasi Antarpribadi dalam Tayangan Web Series Janji (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Komunikatio, 6(2), 59–64. https://doi.org/10.30997/jk.v6i2.3023
Suandi, N. (2014). Sosiolinguistik (Cetakan Pe). Ghaha Ilmu.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan 29). Alfabeta.
Suwito. (1983). Pengantar Awal Sosiolinguistik: Teori dan Problema. Henry Offset.
Umifa, B. A. D., Indarti, T., & Raharjo, R. P. (2022). Alih Kode dan Campur Kode dalam Video Youtube Maudy Ayunda. Jurnal Komunitas Bahasa, 10(2), 49–57. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jkb
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.