Pengembangan Bahan Ajar Bab Dua Kelas X dalam Pembelajaran Teks Anekdot Berdasarkan Indeks Kepadatan Leksikal
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.22963Keywords:
Bahan Ajar, Pengembangan, Teks AnekdotAbstract
Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh sulitnya peserta didik dalam memahami bahan ajar yang memiliki kalimat yang kompleks. Sehingga, penelitian yang dilakukan lebih berfokus pada penurunan kalimat yang kompleks menjadi lebih sederhana berdasarkan indeks kepadatan leksikal pada bahan ajar teks anekdot kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode research and development (R&D), serta menggunakan teori Halliday (1976) dengan cara menghitung indeks kepadatan leksikal yang terdapat pada bahan ajar orisinal dan bahan ajar yang telah dikembangkan. Dari penelitian ini, menunjukkan bahwa hasil awal sebelum indeks kepadatan leksikal diturunkan memiliki skala 8,3 (sangat tinggi), namun setelah dikembangkan menjadi 6,4 (skala sedang). Setelah pengembangan bahan ajar dilakukan, peserta didik dapat membandingkan antara bahan ajar orisinal dengan bahan ajar pengembangan, sehingga mereka dapat membandingkan dan dapat terlihat bahwa peserta didik lebih mampu memahami pengembangan bahan ajar. Hal ini diperkuat oleh adanya hasil nilai rata-rata pretest sebesar 60,7 dan mengalami kenaikan nilai rata-rata posttest menjadi 88,1. Dan juga perkuat dengan adanya hasil angket awal bahwa peserta didik tidak memahami bahan ajar orisinal, namun ketika diberikan bahan ajar pengembangan peserta didik mampu memahami bahan ajar dari teks anekdot. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan indeks kepadatan leksikal dapat membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran terkhususnya pada bahan ajar bab 2 teks anekdot kelas X.
References
Aisyah S, N. E. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 62-65.
Mufida. Z & Wenanda D. (2017). Kepadatan Leksikal Buku Ajar Muatan Lokal Bahasa Madura untuk Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Prosodi, 109-118.
Marlia. (2023). Lexical Density dan Plain Language Dalam Bahasa Hukum: Analisis Konten Pada Pasal-Pasal Kontroversial Undan-Undang Cipta Kerja. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.