Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Canva Sebagai Bahan Ajar Teks Deskripsi Bermuatan Kearifan Lokal Kabupaten Pemalang
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.23688Keywords:
Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Teks DeskripsiAbstract
Penilitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar interaktif berbantuan canva bagi guru dan siswa; (2) mendeskripsikan desain pengembangan bahan ajar interaktif berbantuan canva bermuatan budaya kearifan lokal Kabupaten Pemalang; (3) mengetahui validitas bahan ajar interaktif berbantuan canva bermuatan budaya kearifan lokal Kabupaten Pemalang; dan (4) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar interaktif berbantuan canva. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian ini mengembangkan produk bahan ajar interaktif berbantuan canva sebagai bahan ajar teks deskripsi bermuatan kearifan lokal Kabupaten Pemalang. Data dalam penelitian ini terdapat data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi dan wawancara. Data kuantitatif dalam penelitian ini diperoleh dari angket dan tes. Pada penelitian ini data angket dianalisis untuk mengetahui tingkat kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar interaktif berbantuan canva. Data angket juga digunakan untuk memvalidasi desain produk oleh ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan guru membutuhkan bahan ajar interaktif berbantuan canva. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini telah divalidasi dan menunjukkan tingkat validasi sebesar 96%. Efektivitas produk telah diukur menggunakan pretest dan postest dan kemudian diuji menggunkan uji T Independent Test dan nilai signifikansi sebesar 0.964 > 0,05 dan menunjukkan kriteria valid.
References
Diantoro, F., Purwati, E., & Lisdiawati, E. (2021). Upaya pencapaian tujuan pendidikan islam dalam pendidikan nasional dimasa pandemi covid-19. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 22–33.
Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik-integratif berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter peduli dan tanggung jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).
Parwati, N. N. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Kearifan Lokal Pada Siswa SMP di Kota Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(2).
Pingge, H. D. (2017). Kearifan lokal dan penerapannya di sekolah. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(2).
Sadjati, I. , M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Terbuka.
Sukirno. (2020). Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Non Jurusan Bahasa. PustakaPelajar.
Suroso, E. (2013). Bahasa Sebagai Sarana Berpikir Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran ipa mi/sd. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.