Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Canva Sebagai Bahan Ajar Teks Deskripsi Bermuatan Kearifan Lokal Kabupaten Pemalang

Authors

  • Dimas Yusuf Afrizal Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sukirno Sukirno Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Kuntoro Kuntoro Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Eko Suroso Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.23688

Keywords:

Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Teks Deskripsi

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar interaktif berbantuan canva bagi guru dan siswa; (2) mendeskripsikan desain pengembangan bahan ajar interaktif berbantuan canva bermuatan budaya kearifan lokal Kabupaten Pemalang; (3) mengetahui validitas bahan ajar interaktif berbantuan canva bermuatan budaya kearifan lokal Kabupaten Pemalang; dan (4) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar interaktif berbantuan canva. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian ini mengembangkan produk bahan ajar interaktif berbantuan canva sebagai bahan ajar teks deskripsi bermuatan kearifan lokal Kabupaten Pemalang. Data dalam penelitian ini terdapat data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi dan wawancara. Data kuantitatif dalam penelitian ini diperoleh dari angket dan tes. Pada penelitian ini data angket dianalisis untuk mengetahui tingkat kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar interaktif berbantuan canva. Data angket juga digunakan untuk memvalidasi desain produk oleh ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan guru membutuhkan bahan ajar interaktif berbantuan canva. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini telah divalidasi dan menunjukkan tingkat validasi sebesar 96%. Efektivitas produk telah diukur menggunakan pretest dan postest dan kemudian diuji menggunkan uji T Independent Test dan nilai signifikansi sebesar 0.964 > 0,05 dan menunjukkan kriteria valid.

References

Diantoro, F., Purwati, E., & Lisdiawati, E. (2021). Upaya pencapaian tujuan pendidikan islam dalam pendidikan nasional dimasa pandemi covid-19. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 22–33.

Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik-integratif berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter peduli dan tanggung jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).

Parwati, N. N. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Kearifan Lokal Pada Siswa SMP di Kota Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(2).

Pingge, H. D. (2017). Kearifan lokal dan penerapannya di sekolah. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(2).

Sadjati, I. , M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Terbuka.

Sukirno. (2020). Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Non Jurusan Bahasa. PustakaPelajar.

Suroso, E. (2013). Bahasa Sebagai Sarana Berpikir Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran ipa mi/sd. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118.

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Afrizal, D. Y., Sukirno, S., Kuntoro, K., & Suroso, E. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Canva Sebagai Bahan Ajar Teks Deskripsi Bermuatan Kearifan Lokal Kabupaten Pemalang. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 11(2), 361–372. https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.23688

Issue

Section

Article