Representasi Perempuan Modern dalam Novel Lebih Senyap dari Bisikan Karya Andina Dwifatma (Kajian Feminisme)
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.23747Keywords:
Perempuan Modern, Feminis, Lebih Senyap dari BisikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran perempuan modern dalam novel Lebih Senyap Dari Bisikan Karya Andina Dwifatma. Adapun teori yang digunakan adalah teori kritik sastra feminisme. Teknik pengumpulan data melalui tiga tahapan, mengorganisasi atau menyusun data-data tentang perempuan modern lalu diberikan tanda, mengelompokkan data yang telah ditemukan, dan menguraikan data penelitian berkaitan dengan represesntasi perempuan modern. Dari hasil analisis, penelitian menemukan empat representasi perempuan modern, yaitu (1) perempuan yang tangguh dan mandiri, (2) peduli terhadap kesehatan, (3) mudah bergaul, dan (4) perempuan yang melek teknologi. Temuan tersebut memberikan gambaran perempuan modern terbuka, dinamis, dan mudah beradaptasi.
References
Al’Amin, M. (2014). Representasi perempuan modern dalam iklan 60 tahun tempo scan. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(2), 1–12.
Anggraini, S. R. I., Hasan, Z., & Afrida, A. (2015). Pengaruh obesitas terhadap infertilitas pada wanita pasangan usia subur di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru. JPK: Jurnal Proteksi Kesehatan, 4(1), 49–68.
Asriningsari, A. (2013). Eksistensi Perempuan Modern Dalam Novel Kenanga Karya Oka Rusmini. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 1–7.
Dwifatma, A. (2021). Lebih Senyap Dari Bisikan. Gramedia Pustaka Utama.
Kurniadi, D., Ristiani, D., Atmojo, T. W., Maurida, L., & Sariasih, Y. (2024). Representasi Perempuan Dalam Novel Masyitoh Karya Ajip Rosyidi. Jurnal Bindo Sastra, 7(2), 90–101.
Pradopo, R. D. (2002). Kritik sastra Indonesia modern. Jakarta: Gama Media.
Saebani, B. A. dan A. (2008). Metodologi penelitian kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Setia.
Sinaga, E. R. (2021). Citra Perempuan dalam Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo (Kajian Kritik Feminisme). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 3(2), 10–33.
Sugihastuti, & Suharto. (2002). Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. (1997). Citra Manusia Indonesia dalam Karya Sastra Pramoedya Ananta Toer. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Veranita, M. (2023). Literasi Digital dan Perempuan. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 21(2), 27–33.
Widiasih, N. L. P. A. (2016). Citra Wanita Modern dalam Cerpen Ufo Ga Kushiro Ni Oriru, Kami No Kodomotachi Wa Mina Odoru, Thailand, dan Hachi Mitsu Pai Karya Haruki Murakami. Jurnal Humanis, 15(3), 137–143.
Yulianeta, Y., & Ismail, N. H. (2022). Representasi Perempuan dalam Novel-Novel Pramoedya Ananta Toer. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 23(2), 107–122.
Zulfardi, D. (2017). Kajian Feminisme Cerpen Pasien Karya Djenar Mahesa Ayu dan Implikasinya Terhadap Pengajaran Sastra Indonesia Di Sekolah. Jurnal Curricula, 2(1), 29–37.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.