Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi Menulis Teks Berita Berwawasan Kearifan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.23854Keywords:
Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Teks BeritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal; (2) mendeskripsikan model pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal; (3) mendeskripsikan hasil kelayakan uji validasi pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal; (4) mendeskripsikan uji efektifitas pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F dan kelas VII E SMP Negeri 1 Rawalo. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal yaitu: (1) Kebutuhan dan model pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal didasarkan pada model dalam penelitian ini yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analysis, tahap design, tahap development, tahap implementation, dan tahap evaluation; (2) Kevalidan pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal dapat dikategorikan sangat valid; (3) Keefektifan pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal didasarkan pada hasil nilai pretest dan postest peserta didik. Berdasarkan uji T yang dilakukan mendapatkan hasil 18,942 ≥ 1,994 atau thitung ≥ ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh penggunaan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal terhadap kemampuan menulis teks berita berwawasan kearifan lokal.
References
Abdulsalam Othman, S., Taher Omar, K. M., MTaher Omar, K., & Taha Abdulazeez, S. (2023). Article History Article. Publication Issue, 72(2), 161–177. http://philstat.org.ph
Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620
Agusty, S. S., Afrida, I. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar di SMA Negeri Pakusari Jember. Jurnal Biologi, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1955
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1), 62–65. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Amin, I. (2021). Terampil Menulis Sinopsis dan Resensi Karya Sastra. Guepedia.
Andani, & Anggraini, D. (2023). Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii Smp. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 48–58.
Anisa, C. A., & Rohayati, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perbankan Dasar Berbasis Kontekstual pada Materi Kredit Perbankan Kelas X Akuntansi di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1), 1689–1699.
Anita, Y., Arwin, A., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Guru Sekolah Dasar. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.658
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Azis, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran PAI di Kurikulum Merdeka. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(3), 2130–2138. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/493%0Ahttps://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/download/493/317
Azizah, N., & Aprison, W. (2024). Pembelajaan Berdiferensasi dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidkan Dan Pengajaran, 7(2), 5367–5373.
Damiati, M., Junaedi, N., & Asbari, M. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 11–16.
Di, K., Islam, S. M. P., & Bolong, M. (2021). 3) 1,2,3. 2(4), 74–80. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.13.2.1
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Fauzana Nelmi, & Risda Amini. (2023). Bahan Ajar Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1140–1253. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6151
Fernanda, A., & Sukardi, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Sugesti Imajinasi pada Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(4), 7657–7663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3614
Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73
Alisan, 2024. LITERASI MEDIA DIGITAL DAN KOMPETENSI PENULISAN BERITA. Palembang: Bening Media Publishing.
Ilmawan, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 820–828. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10546
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Kemampuan, P., Menggunakan, M., & Gambar, M. (2024). Muaddib. 2(1), 65–72.
Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, 130.
Khaidir, F., Amran, A., & Noor, I. A. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal of Elementary Education Vol.7, 7(2), 1–27.
Kuntari, S. (2023). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 2(2), 90–94. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1826
Kurniawan, H., Hakim, L., Sanulita, H., Maiza, M., Arisanti, I., Rismawan, M., ... & Amalia, M. M. (2023). TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH: Cara membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Maharani, A., & Hakim, D. L. (2022). Responsi Siswa Terhadap Bahan Ajar E-Lkpd Matematika Dalam Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715.
Mei, A., Naja, F. Y., & Kusi, J. (2022). Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Swasta: Survey Pendidikan Sejarah Universitas Flores. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2066–2076. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2010
Marlina, M. (2020). Strategi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah inklusif.
Muhaimin, Hikmah. 2023. Kepemimpinan Transformatif : Berbasis Kearifan Lokal MenjawabTantangan Global. Indramayu: Penerbit Adab.
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7
Mulia. (2024). Dengan Pebelajaran bebasisi Kearifan Lokal sebagai wujud Bela Negara. Ilmiah Kependidikan, IX(2), 1–14.
Mulyana, C., Ramdani, A. F. Z., & Nur’ainiyah. (2023). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 12 Bandung. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.51729/81108
Munawar, B. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbatuan Aplikasi Comic Life 3 Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Anak Usia Dini the Design of Developing Digital Materials With Rocks Applications Comic Life 3 At Early Childhood Learning Media Courses Badri Munaw. 4, 163–177.
Munawar, B., Farid Hasyim, A., & Ma’arif, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada PAUD Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Golden Age, 4(02), 310–320. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2473
Nasser, Kemal, M., Nur, M., Nasir, M., & Sumarni. (2024). Kebijakan Dan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Yang Fleksibel; Apakah Memang Fleksibel? Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 855–860.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384.
Panggabean, S. (2019). Keterampilan Menulis Diktat untuk kalangan sendiri. 4, 8–9.
Peserta, M., Sekolah, D., Atas, M., Puspitaningrum, A., Abdulkarim, A., Komalasari, K., & Fitriasari, S. (2024). JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter. 9(1), 163–174.
Purba, H. M., Maulina, I., & Hutapea, B. (2021). Teknik 3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan) Dalam Menulis Teks Berita. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(01), 24–38. https://doi.org/10.47709/jbsi.v1i01.1223
Putri, W., & Ratna, E. (2020). Korelasi Keterampilan Menyimak Teks Berita Dengan Keterampilan Menulis Teks Berita. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 461. https://doi.org/10.24036/108235-019883
Rahmawati, D. (2023). ANALISIS UNSUR, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA PADA MEDIA DIGITAL DETIKCOM EDISI TERBIT JANUARI 2023 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS BERITA DI KELAS VIII (Penelitian Deskriptif terhadap Unsur-unsur Pembangun Teks Berita dalam Media Digital Detikcom) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Rama Sanjaya, M., & Sanjaya, D. M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Makalah dan Esai. Jurnal Bindo Sastra, 3(2), 119–125. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index
Rani, F. N., Ansori, Y. Z., & Saputra, D. S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Tematik Bulletin Board Display Terhadap Peningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021, 14–18.
Rukhanda. 2024. Pengembangan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Madiun: Bayfa Cendekia Indonesia.
Rustamana, A., Mutiara, A., Aprilia, N., Aini, A. Q., & Yuda, H. (2023). Peran Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Sejarah. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(7), 10–20. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Suanto, E., Khainingsih, F. G., & Hutapea, N. M. (2022). Pengembangan Lkpd-El Berbasis Problem Based Learning Berkonteks Budaya Melayu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1805. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5659
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42
Sukirno. 2023. Teknik Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Artikel. Lembaga Kajian Nusantara Raya:Banyumas
Susiati, S., Masniati, A., Iye, R., & Buton, L. H. (2020). Kearifan Lokal Dalam Perilaku Sosial Remaja Di Desa Waimiting Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 8–23. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i1.747
Suyasa, P. W. A., Gede, D., Divayana, H., Putu, L., & Damayanthi, E. (2022). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis animaker bagi para guru di SMP Negeri 5 kediri. Proceeding Senadimas Undiksha, 53–59. https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2022/prosiding/file/8.pdf
Syaifuddin. 2022. Buku Ajar Kearifan Lokal Daerah Sumatera Selatan. Palembang:Bening Media Publishing.
Tomlinson, C. A., & Imbeau, M. B. (2023). Leading and managing a differentiated classroom. Ascd.
Tyler, R.W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instructio. Chicago: University of Chicago Press.
Umi Kalsum, E., Siregar, R., & Ramadhan, A. (2023). Strategi peningkatan kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas bahan ajar pada Sekolah Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Karo. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 3(1), 161–163. https://doi.org/10.54123/deputi.v3i1.236
Utari, D., & Muadin, A. (2023). Peranan Pembelajaran Abad-21 Di Sekolah Dasar Dalam Mencapai Target Dan Tujuan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 116. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2493
Widiastuti, Y., Rifki, M., & Arief, N. F. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berdiferensiasi Pada Materi Menulis Artikel Opini Untuk Siswa SMA. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua
Zaeni, A., Sari, N. H. M., Syukron, A. A., Fahmy, A. F. R., Prabowo, D. S., Ali, F.,3 & Faradhillah, N. (2023). Kurikulum Merdeka pada pembelajaran di madrasah. Penerbit NEM.
Ziliwu, T., Laiya, R. E., Fau, H. S., Bahasa, G. P., Indonesia, S., & Selatan, N. (2022). KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ANALISIS KESALAHAN PILIHAN KATA PADA SURAT RESMI YANG DITULIS SISWA KELAS X SMK SWASTA BNKP DARO-DARO. 2(2). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Kohesi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.