Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi Menulis Teks Berita Berwawasan Kearifan Lokal

Authors

  • Murniasih Murniasih Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Kuntoro Kuntoro Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sukirno Sukirno Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Eko Suroso Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.23854

Keywords:

Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Teks Berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal; (2) mendeskripsikan model pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal; (3) mendeskripsikan hasil kelayakan uji validasi pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal; (4) mendeskripsikan uji efektifitas pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F dan kelas VII E SMP Negeri 1 Rawalo. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal yaitu: (1) Kebutuhan dan model pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal didasarkan pada model dalam penelitian ini yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analysis, tahap design, tahap development, tahap implementation, dan tahap evaluation; (2) Kevalidan pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal dapat dikategorikan sangat valid; (3) Keefektifan pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal didasarkan pada hasil nilai pretest dan postest peserta didik. Berdasarkan uji T yang dilakukan mendapatkan hasil 18,942 ≥ 1,994 atau thitung ≥ ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh penggunaan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi menulis teks berita berwawasan kearifan lokal terhadap kemampuan menulis teks berita berwawasan kearifan lokal.

References

Abdulsalam Othman, S., Taher Omar, K. M., MTaher Omar, K., & Taha Abdulazeez, S. (2023). Article History Article. Publication Issue, 72(2), 161–177. http://philstat.org.ph

Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Agusty, S. S., Afrida, I. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar di SMA Negeri Pakusari Jember. Jurnal Biologi, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1955

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1), 62–65. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838

Amin, I. (2021). Terampil Menulis Sinopsis dan Resensi Karya Sastra. Guepedia.

Andani, & Anggraini, D. (2023). Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii Smp. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 48–58.

Anisa, C. A., & Rohayati, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perbankan Dasar Berbasis Kontekstual pada Materi Kredit Perbankan Kelas X Akuntansi di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1), 1689–1699.

Anita, Y., Arwin, A., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Guru Sekolah Dasar. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.658

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Azis, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran PAI di Kurikulum Merdeka. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(3), 2130–2138. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/493%0Ahttps://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/download/493/317

Azizah, N., & Aprison, W. (2024). Pembelajaan Berdiferensasi dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidkan Dan Pengajaran, 7(2), 5367–5373.

Damiati, M., Junaedi, N., & Asbari, M. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 11–16.

Di, K., Islam, S. M. P., & Bolong, M. (2021). 3) 1,2,3. 2(4), 74–80. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.13.2.1

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Fauzana Nelmi, & Risda Amini. (2023). Bahan Ajar Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1140–1253. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6151

Fernanda, A., & Sukardi, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Sugesti Imajinasi pada Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(4), 7657–7663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3614

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Alisan, 2024. LITERASI MEDIA DIGITAL DAN KOMPETENSI PENULISAN BERITA. Palembang: Bening Media Publishing.

Ilmawan, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 820–828. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10546

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Kemampuan, P., Menggunakan, M., & Gambar, M. (2024). Muaddib. 2(1), 65–72.

Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, 130.

Khaidir, F., Amran, A., & Noor, I. A. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal of Elementary Education Vol.7, 7(2), 1–27.

Kuntari, S. (2023). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 2(2), 90–94. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1826

Kurniawan, H., Hakim, L., Sanulita, H., Maiza, M., Arisanti, I., Rismawan, M., ... & Amalia, M. M. (2023). TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH: Cara membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Maharani, A., & Hakim, D. L. (2022). Responsi Siswa Terhadap Bahan Ajar E-Lkpd Matematika Dalam Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715.

Mei, A., Naja, F. Y., & Kusi, J. (2022). Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Swasta: Survey Pendidikan Sejarah Universitas Flores. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2066–2076. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2010

Marlina, M. (2020). Strategi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah inklusif.

Muhaimin, Hikmah. 2023. Kepemimpinan Transformatif : Berbasis Kearifan Lokal MenjawabTantangan Global. Indramayu: Penerbit Adab.

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7

Mulia. (2024). Dengan Pebelajaran bebasisi Kearifan Lokal sebagai wujud Bela Negara. Ilmiah Kependidikan, IX(2), 1–14.

Mulyana, C., Ramdani, A. F. Z., & Nur’ainiyah. (2023). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 12 Bandung. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.51729/81108

Munawar, B. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbatuan Aplikasi Comic Life 3 Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Anak Usia Dini the Design of Developing Digital Materials With Rocks Applications Comic Life 3 At Early Childhood Learning Media Courses Badri Munaw. 4, 163–177.

Munawar, B., Farid Hasyim, A., & Ma’arif, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada PAUD Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Golden Age, 4(02), 310–320. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2473

Nasser, Kemal, M., Nur, M., Nasir, M., & Sumarni. (2024). Kebijakan Dan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Yang Fleksibel; Apakah Memang Fleksibel? Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 855–860.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384.

Panggabean, S. (2019). Keterampilan Menulis Diktat untuk kalangan sendiri. 4, 8–9.

Peserta, M., Sekolah, D., Atas, M., Puspitaningrum, A., Abdulkarim, A., Komalasari, K., & Fitriasari, S. (2024). JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter. 9(1), 163–174.

Purba, H. M., Maulina, I., & Hutapea, B. (2021). Teknik 3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan) Dalam Menulis Teks Berita. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(01), 24–38. https://doi.org/10.47709/jbsi.v1i01.1223

Putri, W., & Ratna, E. (2020). Korelasi Keterampilan Menyimak Teks Berita Dengan Keterampilan Menulis Teks Berita. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 461. https://doi.org/10.24036/108235-019883

Rahmawati, D. (2023). ANALISIS UNSUR, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA PADA MEDIA DIGITAL DETIKCOM EDISI TERBIT JANUARI 2023 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS BERITA DI KELAS VIII (Penelitian Deskriptif terhadap Unsur-unsur Pembangun Teks Berita dalam Media Digital Detikcom) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Rama Sanjaya, M., & Sanjaya, D. M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Makalah dan Esai. Jurnal Bindo Sastra, 3(2), 119–125. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index

Rani, F. N., Ansori, Y. Z., & Saputra, D. S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Tematik Bulletin Board Display Terhadap Peningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021, 14–18.

Rukhanda. 2024. Pengembangan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Madiun: Bayfa Cendekia Indonesia.

Rustamana, A., Mutiara, A., Aprilia, N., Aini, A. Q., & Yuda, H. (2023). Peran Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Sejarah. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(7), 10–20. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Suanto, E., Khainingsih, F. G., & Hutapea, N. M. (2022). Pengembangan Lkpd-El Berbasis Problem Based Learning Berkonteks Budaya Melayu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1805. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5659

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42

Sukirno. 2023. Teknik Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Artikel. Lembaga Kajian Nusantara Raya:Banyumas

Susiati, S., Masniati, A., Iye, R., & Buton, L. H. (2020). Kearifan Lokal Dalam Perilaku Sosial Remaja Di Desa Waimiting Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 8–23. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i1.747

Suyasa, P. W. A., Gede, D., Divayana, H., Putu, L., & Damayanthi, E. (2022). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis animaker bagi para guru di SMP Negeri 5 kediri. Proceeding Senadimas Undiksha, 53–59. https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2022/prosiding/file/8.pdf

Syaifuddin. 2022. Buku Ajar Kearifan Lokal Daerah Sumatera Selatan. Palembang:Bening Media Publishing.

Tomlinson, C. A., & Imbeau, M. B. (2023). Leading and managing a differentiated classroom. Ascd.

Tyler, R.W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instructio. Chicago: University of Chicago Press.

Umi Kalsum, E., Siregar, R., & Ramadhan, A. (2023). Strategi peningkatan kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas bahan ajar pada Sekolah Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Karo. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 3(1), 161–163. https://doi.org/10.54123/deputi.v3i1.236

Utari, D., & Muadin, A. (2023). Peranan Pembelajaran Abad-21 Di Sekolah Dasar Dalam Mencapai Target Dan Tujuan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 116. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2493

Widiastuti, Y., Rifki, M., & Arief, N. F. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berdiferensiasi Pada Materi Menulis Artikel Opini Untuk Siswa SMA. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua

Zaeni, A., Sari, N. H. M., Syukron, A. A., Fahmy, A. F. R., Prabowo, D. S., Ali, F.,3 & Faradhillah, N. (2023). Kurikulum Merdeka pada pembelajaran di madrasah. Penerbit NEM.

Ziliwu, T., Laiya, R. E., Fau, H. S., Bahasa, G. P., Indonesia, S., & Selatan, N. (2022). KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ANALISIS KESALAHAN PILIHAN KATA PADA SURAT RESMI YANG DITULIS SISWA KELAS X SMK SWASTA BNKP DARO-DARO. 2(2). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Kohesi

Downloads

Published

2024-11-07

How to Cite

Murniasih, M., Kuntoro, K., Sukirno, S., & Suroso, E. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi Menulis Teks Berita Berwawasan Kearifan Lokal. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 11(2), 257–270. https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.23854

Issue

Section

Article