Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Kelas VII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.23909Keywords:
Discovery Learning, Menulis, Teks TanggapanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap kemampuan menulis teks tanggapan kelas VII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan pada Agustus 2024. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen, yaitu pretest-posttest control group design. Desain ini menggunakan 2 kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu kelas yang diberi perlakuan model discovery learning sedangkan kelas kontrol adalah kelas pengendali yaitu kelas yang tidak diberi perlakuan (konvesional). Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan setelah menggunkan model discovery learning dibandingkan dengan model konvensional, Hasil tes keterampilan menulis teks tanggapan yang diajaran menggunakan discovery learning lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional, hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Berdasarkan uji normalitas diketahui bahwa Pretest eksperimen (sig) 0,086> 0,05 maka data berdistribusi normal. Nilai signifikansi pada Posttest eksperimen (sig) 0,082 > 0,05 maka data berdistribusi normal. Kemudian nilai signifikansi pretest konvensional (sig) 0,200 > 0,05 maka data berdistribusi normal dan nilai signifikansi posttest konvensional (sig) 0,012> 0,05 maka data berdistribusi normal. Uji data homogenitas berdasarkan pengelolaan data dengan SPSS menunjukkan nilai 0,075 > 0,05 yang berarti data homogen.
References
Hriyanto, A. Y. (2021). Bahasa Indonesia: Untuk Kelas IX (p. 146). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ana, N. (2018). Penggunaan model Discovery Learning dalam peningkatan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran.
Ana, N. (2018). Penggunaan model Discovery Learning dalam peningkatan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran.
Azizah, W. M. (2020). Analisis penerapan model Discovery Learning dalam peningkatan hasil belajar siswa SD. FKIP UNPAS.
Dawud, Y. P. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP & MTs Kelas 9: Membangun Literasi Digital Generasi Milenial (jilid 3). Universitas Negeri Malang, 85-86.
Fitriningtyas, D. (2024). Penerapan model Problem-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan menulis teks tanggapan kritis pada siswa kelas IX B SMP An Nashr, Wajak, Kabupaten Malang tahun pembelajaran 2023/2024. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran.
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, sintaksis, keunggulan, dan kelemahan. MUDARISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam.
Murlyadi, Y. (2015). Bahasa Indonesia untuk SMP-MTS Kelas IX. Bandung: Yrama Widya.
Surriani, N., & Ramli, M. (2023). Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam.
Rachmawati, Z. (2024). Pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palembang. Skripsi: FKIP Universitas Sriwijaya.
Rahman, T. (2018). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang: CV Pilar Nusantara.
Rahmayani, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media video terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan.
Sinaga, N. (2023). Penerapan model Discovery Learning pada teks berita di kelas VIII SMPN 15 Kota Jambi. Universitas Jambi.
Subarna, R. (2021). Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Surakhmad, W. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.