Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Menulis Teks Berita Kelas VII A Siswa SMP N 15 Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.24613Keywords:
Project Based Learning (Pjbl), Teks BeritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model project-based learning (Pjbl) dalam pembelajaran teks berita siswa kelas VII A SMP N 15 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan pada Februari 2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan penelitian ini ialah deskriptif dengan dua kelompok data. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks berita dengan model Project Based Learning di kelas VII A Siswa SMP N 15 Muaro Jambi, pada tahap pelaksanaan kegiatan awal, kegiatan inti, hingga kegiatan penutup dari langkah-langkah model ini telah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dan didukung oleh hasil tes keterampilan menulis berita siswa pada pembelajaran menggunakan model Project Based Learning nilai yang diperoleh siswa adalah nilai baik (tuntas). Dimana hasil menulis teks berita tersebut siswa mampu menuangkan gagasan, pikiran, pandangan, arahan dan pesan untuk berbagai tujuan secara kritis, logis serta kreatif. Melalui proyek ini peserta didik juga mendapatkan pengalaman baru. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik berhasil dalam penerapan model project based learning(PjBL)Â dengan baik.
References
Purba, Andopenta. 2023. Metodologi Penelitian Kualitatif Kulantitatif Pengembangan Pendidikan. Gemulun: Jambi.
Rahman, Taufiqur. 2018. Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianton, Teguh. 2016. Jurnalistik Komprehensif. Yogyakarta: Ombak
Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Aminulllah, 2017. Pembelajaran Project Based learning PJBL Bandung: Remaja Rosda Karya
Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif.
Gulnarto 2013.Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Gulrul. Rajawali Pers. Jakarta.
Hanna Sundari. (2015). Model-Model dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing.
Hardani, Helmina dkk, 2020. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.
Ifni Oktiani, MI nurul dkk, 2017. Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik.
Isodarus, Praptomo Baryadi. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 11(3): 1-11. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kosasih, E. dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta:
Patonah, Siti dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Di Kelas X SMK
Lentera Bangsa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5).
Rahman, Taufiqur. (2018). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan.
Ratna,Widya Iswara., 2021. Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi dalam Pelatihan untuk Peningkatan Building Learning. Seìmarang: Pilar Nusantara.
Suciani dkk, 2018. Pemahaman model pembelajaran sebagai kesiapan praktik pengalaman lapangan (ppl) mahasiswa program studi pendidikan tata boga
Triantoì. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Jakarta : PT Bumi Aksara
Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional.
Warsono & Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen.
Yandryati, J., Gumono, & Purwadi, A. J. (2017). Kemampuan Membacakan Teks Berita pada Siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri Kota Bengkulu tahun Ajaran 2016/2017.Jurnal Korpus, 1(1), 68–72 Yogyakarta : Pustaka Ilmu Gru
Zuchri, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In R. Patta (E.d), (Vol. 4, Issue). Syakir Media Press.
Purba, Andiopenta. 2023. Metodologi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.