Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Menulis Teks Berita Kelas VII A Siswa SMP N 15 Muaro Jambi

Authors

  • Irawaty Br Silitonga Universitas Jambi
  • Eddy Pahar Harahap Universitas Jambi
  • Lusia Oktri Wini Universitas Jambi
  • Andiopenta Purba Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.24613

Keywords:

Project Based Learning (Pjbl), Teks Berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model project-based learning (Pjbl) dalam pembelajaran teks berita siswa kelas VII A SMP N 15 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan pada Februari 2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan penelitian ini ialah deskriptif dengan dua kelompok data. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks berita dengan model Project Based Learning di kelas VII A Siswa SMP N 15 Muaro Jambi, pada tahap pelaksanaan kegiatan awal, kegiatan inti, hingga kegiatan penutup dari langkah-langkah model ini telah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dan didukung oleh hasil tes keterampilan menulis berita siswa pada pembelajaran menggunakan model Project Based Learning nilai yang diperoleh siswa adalah nilai baik (tuntas). Dimana hasil menulis teks berita tersebut siswa mampu menuangkan gagasan, pikiran, pandangan, arahan dan pesan untuk berbagai tujuan secara kritis, logis serta kreatif. Melalui proyek ini peserta didik juga mendapatkan pengalaman baru. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik berhasil dalam penerapan model project based learning(PjBL)  dengan baik.

References

Purba, Andopenta. 2023. Metodologi Penelitian Kualitatif Kulantitatif Pengembangan Pendidikan. Gemulun: Jambi.

Rahman, Taufiqur. 2018. Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianton, Teguh. 2016. Jurnalistik Komprehensif. Yogyakarta: Ombak

Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Aminulllah, 2017. Pembelajaran Project Based learning PJBL Bandung: Remaja Rosda Karya

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif.

Gulnarto 2013.Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Gulrul. Rajawali Pers. Jakarta.

Hanna Sundari. (2015). Model-Model dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing.

Hardani, Helmina dkk, 2020. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Ifni Oktiani, MI nurul dkk, 2017. Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik.

Isodarus, Praptomo Baryadi. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 11(3): 1-11. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kosasih, E. dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta:

Patonah, Siti dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Di Kelas X SMK

Lentera Bangsa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5).

Rahman, Taufiqur. (2018). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan.

Ratna,Widya Iswara., 2021. Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi dalam Pelatihan untuk Peningkatan Building Learning. Seìmarang: Pilar Nusantara.

Suciani dkk, 2018. Pemahaman model pembelajaran sebagai kesiapan praktik pengalaman lapangan (ppl) mahasiswa program studi pendidikan tata boga

Triantoì. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Jakarta : PT Bumi Aksara

Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional.

Warsono & Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen.

Yandryati, J., Gumono, & Purwadi, A. J. (2017). Kemampuan Membacakan Teks Berita pada Siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri Kota Bengkulu tahun Ajaran 2016/2017.Jurnal Korpus, 1(1), 68–72 Yogyakarta : Pustaka Ilmu Gru

Zuchri, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In R. Patta (E.d), (Vol. 4, Issue). Syakir Media Press.

Purba, Andiopenta. 2023. Metodologi

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Silitonga, I. B., Harahap, E. P., Wini, L. O., & Purba, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Menulis Teks Berita Kelas VII A Siswa SMP N 15 Muaro Jambi. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 11(2), 383–390. https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.24613

Issue

Section

Article