Solidaritas Mekanis dan Organis pada Cerpen Cipung Karya Kiki Sulistyo: Perspektif Emile Durkheim
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v12i1.26258Keywords:
Solidaritas sosial, Emile Durkheim, sosiologi sastra, cerpen CipungAbstract
Penelitian ini menganalisis representasi solidaritas sosial dalam cerpen Cipung karya Kiki Sulistyo melalui perspektif teori Emile Durkheim. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi bentuk-bentuk solidaritas mekanik dan organik yang tercermin dalam interaksi sosial masyarakat nelayan dalam cerita. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui pembacaan mendalam dan pencatatan elemen teks yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa solidaritas mekanik mendominasi, ditandai oleh kesadaran kolektif yang kuat, respons emosional bersama terhadap tragedi, serta homogenitas nilai dan pekerjaan nelayan. Sementara itu, solidaritas organik muncul melalui ketergantungan pada figur otoritas (seperti Drs. Zendi) dan mekanisme ekonomi seperti pinjam-meminjam modal. Temuan ini memperkuat teori Durkheim tentang pergeseran solidaritas dalam masyarakat yang mengalami transformasi sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa cerpen Cipung tidak hanya merefleksikan dinamika komunitas tradisional, tetapi juga menjadi medium kritik sosial terhadap tantangan modernitas. Implikasinya, karya sastra dapat menjadi sumber kajian sosiologis untuk memahami perubahan struktur sosial.
References
Abror, M., Agustin, T., Hasan, F., & Hernawayanti, T. (2023). Bangunan masyarakat dalam cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis melalui perspektif Emile Durkheim. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4622–4630.
Arif, A. M. (2020). Perspektif teori sosial Emile Durkheim dalam sosiologi pendidikan. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol1.iss2.28
Durkheim, E. (1893). The division of labor in society. Free Press.
Faruk. (2016). Pengantar sosiologi sastra (Ed. ke-5). Pustaka Pelajar.
Hidayati, N. (2010). Apresiasi prosa fiksi. Penerbit Ombak.
Kosasih, E., dkk. (2004). Sastra Indonesia: Kajian teori dan analisis. Graha Ilmu.
Mahmud, R. (2018). Social as sacred dalam perspektif Emile Durkheim. Tasamuh, 15(2), 111–116. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v15i2.214
Sugiantomas, A. (2020). Pengantar studi sastra. [Nama Penerbit].
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistyo, K. (2023, 12 Maret). Cipung. Jawa Pos. https://www.jawapos.com/minggu/01686717/cipung
Wellek, R., & Warren, A. (1988). Theory of literature. Harcourt Brace Jovanovich.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri, Muh. Akbar Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.