Tindak Tutur Ekspresif dan Asertif dalam Novel Jangan Salahkan Aku Selingkuh Karya Renita April Perspektif Teori John Searle

Authors

  • Muti Nuriyah Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Prissilia Prahesta Waningyun Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v12i1.26277

Keywords:

Tindak Tutur, Ekspresif, Asertif, John Searle, Novel, Jangan Salahkan Aku Selingkuh

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis tindak tutur ekspresif dan asertif dalam novel Jangan Salahkan Aku Selingkuh karya Renita April. Dialog dalam novel dipandang tidak hanya sebagai alat naratif, tetapi juga sebagai medium untuk mengungkapkan konflik, emosi, dan dinamika hubungan interpersonal, khususnya dalam konteks rumah tangga. Penelitian ini menggunakan teori tindak tutur dari John Searle dan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Data utama berasal dari novel tersebut, dengan dialog yang dipilih melalui teknik purposive sampling, khususnya yang mencerminkan tindak tutur ekspresif dan asertif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, dan analisisnya dilakukan berdasarkan kategori tindak tutur. Validitas data diperoleh melalui triangulasi teori dan data. Prosedur penelitian mencakup pembacaan novel, klasifikasi dialog, dan analisis data. Hasil menunjukkan terdapat 26 tindak tutur ekspresif, dominan digunakan oleh tokoh Anna untuk mengekspresikan emosi negatif, serta 19 tindak tutur asertif yang digunakan oleh Dimas untuk membela diri. Interaksi dua jenis tindak tutur ini menciptakan konflik yang intens, memperkuat karakterisasi, dan mencerminkan ketimpangan kuasa dalam hubungan. Selain itu, dialog dalam novel menggambarkan norma patriarki yang menekan perempuan dalam peran domestik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tindak tutur memainkan peran penting dalam menggambarkan dinamika emosional dan konflik sosial budaya dalam karya sastra populer.

References

Afriani, S. F., & Iriyansah, M. R. (2024). Tindak Tutur Komisif dalam Dialog Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Eka Kurniawan. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 47–62.

Agustine, V. N., & Amir, A. (2023). Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel Rindu yang Baik untuk Kisah yang Pelik Karya Boy Candra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 10(1), 1–11.

Al Hakim, M. F., Ni’mah, M., & Hamdiah, M. (2023). Tindak Tutur Ilokusi dalam Novel Arok Dedes Karya Pramoedya Ananta Toer. ASAS: Jurnal Sastra, 12(2).

Apriansah, R. N., Sukarto, K. A., & Pauji, D. R. (2023). Tindak tutur asertif dalam novel Cadl karya Triskaidekaman. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 8(2), 196–203.

Arumdafta, A. C., & Pratiwi, M. R. (2024). Analisis Komunitas Virtual Strict Parents Terkait Ketidaknyamanan Komunikasi Anak Ke Orangtua. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 8(1), 19–33.

Asrulla, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34–46.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Firjatullah, F. M., & Russita, E. (2024). Tindak Tutur Ilokusi Dalam Cerpen Rembulan Di Mata Ibu Karya Asma Nadia. JUPENSAL: Jurnal Pendidikan Universal, 1(2), 203–212.

Handoko, Y., Wijaya, H. A., & Lestari, A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ni’am, M. F., Aeni, A. A., & Anbiya, B. F. (2024). Integrasi Nasional: Gambaran Keadaban Warganet di Dunia Maya. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(5), 117–127.

Noviyanti, T., & Noveria, E. (2023). Tindak Tutur Asertif dalam Novel Ancika: Dia Yang Bersamaku Tahun 1995 Karya Pidi Baiq dan Implikasinya. Simpati, 1(1), 184–198.

Nurhamidah, J. M., Rismawati, R., & Putra, A. W. (2024). Analisis Struktural Naskah Drama Bila “Malam Bertambah Malam” Karya Putu Wijaya. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 232–243.

Rini, D. P., Muntaha, M. F., Sunaryo, S., Nisya, K., Basinu, M., Utomo, A. P. Y., & Kesuma, R. G. (2024). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Dan Direktif Dalam Video Debat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Pada Channel Youtube Guru Gokil Kita. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(2), 19–32.

Sa’diyah, A., Pancarrani, B., & Rosita, F. Y. (2024). Tindak Tutur Ilokusi dalam Novel Paradigma Karya Syahid Muhammad. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 79–92.

Saifudin, A. (2019). Teori tindak tutur dalam studi linguistik pragmatik. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(1), 1–16.

Saleh, F., Yusuf, R., Rosvita, I., & Ibrahim, I. (2024). Tindak Tutur Ekspresif Menurut Searle Pada Interaksi Pembelajaran Siswa SMA 2 Sidenreng Rappang. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 13(1), 49–56.

Sari, I. W. (2022). Tindak Tutur Asertif dan Ekspresif pada Video Ekosistem Pendidikan Merdeka dalam Belajar. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 69. https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2022.3.1.4951

Siwi, G. W., Mujtaba, S., & Hartati, D. (2023). Tindak Tutur Ilokusi dalam Konten Youtube Analisa Channel serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Persuasi di Kelas VIII SMP. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6372–6389.

Utomo, A. P. Y., Farkhatunnisa, A., & Fitriyani, A. (2023). Tindak Tutur Asertif dan Direktif pada Novel" Tak Putus Dirundung Malang" Karya S. Takdir Alisjahbana. VOKAL: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 19–30.

Wello, M. B., & Novia, L. (2021). Developing Interpersonal Skills (Mengembangkan Keterampilan Antar Pribadi). CV. Beta Aksara.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Nuriyah, M., & Waningyun, P. P. (2025). Tindak Tutur Ekspresif dan Asertif dalam Novel Jangan Salahkan Aku Selingkuh Karya Renita April Perspektif Teori John Searle. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.30595/mtf.v12i1.26277

Issue

Section

Article