Meningkatkan Literasi Melalui Analisis Isi Struktur Teks Biografi dengan Problem Based Learning Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Medan
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v12i1.26366Keywords:
Literasi, Teks Biografi, Problem Based Learning, Teaching at the Right LevelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dalam menganalisis struktur teks biografi melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) di kelas X SMA Negeri 1 Medan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 35 siswa. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, tes esai, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi siswa dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai meningkat dari 68,57% menjadi 85,71%, keaktifan siswa meningkat dari 59,3% menjadi 81,25%, dan tingkat keterlaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi model PBL dan pendekatan TaRL mampu menciptakan suasana belajar yang adaptif, meningkatkan partisipasi siswa, dan mendorong pemahaman yang lebih mendalam terhadap struktur teks biografi. Pendekatan ini dapat direplikasi dalam konteks pembelajaran lainnya untuk meningkatkan kualitas literasi siswa secara menyeluruh.
References
Aulia. (2020). Minat literasi mahasiswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2b), 593–596.
Azmi, A., dkk. (2021). Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal.
Bambang. (2020). Pembelajaran berbasis masalah dan pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan menulis berita dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
Danu, A., dkk. (2020). Kemampuan mengidentifikasi ciri dan struktur teks biografi pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Napabalano. Jurnal BASTRA (Bahasa dan Sastra), 5(2). http://ojs.ohu.ac.id/index.php/BASTRA
Efrahim, E., dkk. (2023). Transformasi pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan literasi di sekolah. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora.
Imaniah, I., dkk. (2022). Biografi sastrawan lokal dalam pembelajaran teks biografi untuk peserta didik SMA. Jurnal Sinestesia, 12(2).
Sahidi. (n.d.). Struktur teks biografi dalam buku Bahasa Indonesia. Universitas Muhammadiyah Jember.
Skolastika. (2024). Penerapan pendekatan TaRL dalam meningkatkan kemampuan menulis teks biografi peserta didik kelas X B SMA N 3 Kupang. Jurnal Lazuardi, 7(3).
Siti, S., dkk. (2021). Analisis struktur dan unsur kebahasaan pada teks biografi Nadiem Makarim serta pemanfaatannya sebagai materi ajar Bahasa Indonesia kelas X SMA tahun 2021. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual.
Weni, W., dkk. (2023). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran menganalisis teks biografi pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Kapetakan Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Riset Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 338–348. https://doi.org/10.1234/jrpp.v2i2.12345 (Contoh DOI, ganti dengan yang asli jika tersedia)
Yulina, Y., & Ani, A. (2024). Implementasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui pembelajaran berdiferensiasi pada materi teks biografi kelas X di SMA N 2 Surakarta. Literasi, 8(2)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hotmaida Siregar, Liesna Andriany

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.