PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERORIENTASI PADA PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI UNTUK SISWASEKOLAH DASAR

Authors

  • Johariyah Johariyah SD Negeri 1 Jetis, Kemangkon, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v2i1.296

Abstract

Abstrak: Pengembangan kemampuan menulis narasi siswa SD belum dapat dilakukan secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mewujudkan proses pengembangan kemampuan menulis narasi ini secara lebih baik. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara penggunaan produk pendidikan seperti buku yang dapat menunjang pembelajaran. Pendekatan saintifik adalah suatupendekatan yang karakteristiknya memenuhi tujuan belajar siswa. Dengan enam komponen yang ada pada pendekatan saintifik maka akan dihasilkan bahan ajar menulis narasi yang berkualitas karena dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini 1. mendiskripsikan bahan ajar yang berorientasi pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis narasi untuk siswa kelas V sekolah dasar. 2. mendiskripsikan keefektifan bahan ajar yang berorientasi pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis narasi untuk siswa kelas V sekolah dasar. Bahan ajar ini berisi6 bagian, bagian satu mencermati narasi, bagian kedua menanya, setelah mencermati cerita, siswa membuat pertanyaan bacaan. Bagian ketiga mengidentifikasiatau memberi judul. Bagian keempat menalar, dengan melengkapi cerita. Bagian kelima mencoba, dengan menyelesaikan cerita,dan bagian keenam memproduksi atau membuat narasi. Bahan ajar yang berorientasi pada pendekatan saintifik ini layak dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran menulis narasi untuk siswa kelas V SD. Hal tersebut berdasar hasil uji produk , bahwa nilai rata-rata pre tes kelompok eksperimen adalah 66,38 sedangkan nlai rata-rata post tes adalah 87,15 dan membuktikan nilai rata-rata kelompok eksperimen mengalami kenaikan sebesar 20,77. Kata kunci: bahan ajar, menulis narasi, pendekatan saintifik

References

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Mahir Menulis. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sitepu.2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Suparno dan Mohamad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka

Slamet, St.Y. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

How to Cite

Johariyah, J. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERORIENTASI PADA PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI UNTUK SISWASEKOLAH DASAR. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(1). https://doi.org/10.30595/mtf.v2i1.296

Issue

Section

Article