UPAYA MENINGKATKNAN KEMAMPUAN MEMBACAKAN TEKS BERITA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU PRESENTER BAGI SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 PATIKRAJA SEMESTER 2 TAHUN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v2i1.297Abstract
Abstrak: Kemampuan membacakan teks berita siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Patikraja pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dinyatakan masih rendah. Dalam kegiatan pembelajaran membacakan teks berita tersebut sebagian besar siswa mengalami kesulitan dan kendala psikologis yakni rasa malu, khawatir, dan kurang percaya diri saat membacakan teks berita di depan kelas. Kebanyakan siswa merasa bingung dengan berita yang akan dibawakannya karena mereka kurang menguasai isi berita yang telah dibacanya serta khawatir tidak dapat membacakan beritanya dengan baik. Berdasarkan kondisi tersebut perlu diupayakan solusinya. Penulis memilih media pembelajaran kartu presenter agar siswa dapat membacakan teks berita dengan baik dari awal hingga akhir sesuai dengan isi berita yang dibacanya tanpa rasa malu, khawatir dan kurang percaya diri. Media pembelajaran kartu presenter merupakan alat bantu yang sangat mudah untuk membacakan teks berita.Dengan menggunakan media tersebut kesulitan dan kendala psikologis dapat teratasi serta hasil belajarpun lebih baik. Kemampuan membacakan teks berita menjadi meningkat. Hal ini terbuktibahwa nilai rata-rata kelas meningkat dari 68 menjadi 80. Persentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 70,58% menjadi 94,11%. Kata kunci : membacakan teks berita, kartu presenterReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasarEvaluasiGuru (EdisiRevisi). Jakarta : PT BumiAksara.
PusatPembinaandanPengembanganBahasa.2007. KamusBesarBahasaIndonesia(Edisi III).Jakarta : BalaiPustaka.
Sufanti, Main. 2010. StrategiPengajaranBahasadanSastraIndonesia.Surakarta : Yuma Pustaka.
Soedarso. 1989.SistemmembacaCepatdanEfektif. Jakarta:Gramedia.
Tarigan, Djagodan Henry Guntur Tarigan. 1986. TeknikPengajaranKeterampilanBerbahasa. Bandung :Angkasa.
Wardani, I.G.A.K., dkk. 2002. PenelitianTindakanKelas.Jakarta :PusatPenerbitanUniversitas Terbuka DepartemenPendidikanan Nasional.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. MetodePenelitianTindakanKelasUntukMeningkatkanKinerja Guru danDosen.Bandung : Program PascasarjanaUniversitas Indonesia dan PT RemajaRosdakarya.
Uno, Hamzah B. 2008. Model PembelajaranMenciptakan Proses BelajarMengajaryang KreatifdanEfektif. Jakarta :BumiAksara.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.