PERJUANGAN WANITA MENGATASI DOMINASI PRIA DALAM PAVILLION OF WOMEN KARYA PEARL S BUCK
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v2i1.298Abstract
Abstrak:Penelitian ini mengkaji semangat feminism para wanita dalam mengatasi dominasi kaum pria yang tercermin dalam novel Pavilion of Women yang ditulis oleh Pearl S Buck. Permasalahan yang akan dibahas adalah: 1)Bentuk perlawan dan usaha kaum wanita dalam mengatasi penindasan kaum pria yang tertulis dalam novel tersebut; 2)Hambatan apa saja yang dihadapi para wanita tersebut dalam upaya mereka membebaskan diri mereka dar kungkungan kekuasaan system yang lebih mengutamakan kaum pria. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah New Historicism dan Cultural Materialism. Kedua pendekatan tersebut cocok untuk menganalisa karya sastra yang mengangkat tema ketidaksetaraan gender antara wanita dan pria dalam berbagai kegiatan dan kehidupan sosial dan ekonomi maupun dalam hal peranan di bidang lain, misalnya pendidikan, politik, hukum dan organisasi. Hasil penelitian menyimpul kan bahwa pendidikan dapat menjadi sarana penting untuk meningkatkan kemampuan diri kaum wanita sehingga dapat mengatasi tradisi yang cenderung menyisih kan kaum wanita dan lebih mengutamakan kaum pria. Keterlibatan dalam organisasi pergerakan kaum wanita membua tmereka lebih berani dan percaya diri serta memiliki psisi nilai tawar dalam menghadapi dominasi kaum pria. Kata kunci: Kesetaraan gender, dominasi pria, kebebasan wanita, pendidikan. Organisasi pergerakanReferences
Abrams, M H,2008.A Glossary ofLiterary Terms.Sandiego: Harcourt Brace College Publishers.
Buck, Pearl S., 1961.Pavilion of Women. New York: Pocket Books, Inc.
Endraswara, S., 2003.Metodologi PenelitianSastra. Yogyakarta: Penerbit PustakaWidyatama.
Sukesi, K. 2002. ParadigmaBaruPemberdayaanPerempuan di EraGlobalisasi.Malang: PusatPenelitian Peran Wanita LembagaPenelitian Universitas Brawijaya.
Sukesi, K. 2002. TeknikAnalisis Gender. Malang: Pusat Penelitian PeranWanitaLembaga Penelitian Universitas Brawijaya.
Sugihastutidan Suharto. 2002. KritikSastraFeminis: TeoridanAplikasinya.YogyakartaPustaka Pelajar.
Sumiarni, E. 2004.JenderdanFeminisme. Yogyakarta: Wonderful Publishing Company.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.