EFEKTIVITAS METODE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Authors

  • Juwani Juwani SMK Negeri 3 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v2i1.302

Abstract

Abstrak:Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi di SMK Negeri 3 Purbalingga masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode group investigation terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen jenis kuasi dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Purbalingga, sedangkan sampel yang terpilih adalah siswa kelas X TL A sebagai kelompok kontrol dan kelas X TL B sebagai kelompok eksperimen. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data tes/pengetesan dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t independen. Berdasarkan hasil analisis statistik diketahui bahwa nilai t hasil uji-t variabelmotivasi sebesar 8,104 sedangkan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan angka 2,036. Nilai t hasil uji-tvariabel menulis teks laporan hasil observasi sebesar 3,280 sedangkan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan angka sebesar 2,036. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metodegroup investigation efektif terhadap peningkatan motivasi dan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Purbalingga. Kata kunci: group investigation, motivasi, menulis, teks laporan hasil observasi

References

Budimansyah. 2004. Belajar Kooperatif Model Penyelidikan Kelompok dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas V SD. Malang: Program PPs Universitas Negeri Malang.

Maimunah. 2005. Pembelajaran Volume Bola denganBelajarKooperatif Model Group Investigation padaSiswaKelas X SMA LaboratoriumUniversitasNegeri Malang. Tesistidakditerbitkan. Malang: UniversitasNegeri Malang.

Maryanto, dkk. 2014. Bahasa Indonesia EkspresiDiridanAkademikuntuk SMA/ MA/ SMK/ MAK. Jakarta: Depdikbud.

Permendikbud. 2013. Peraturan Mendikbud RI No. 69 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/ MA. Jakarta: Depdikbud.

Slameto. 2004. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruh-inya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Cet. Ke-4.

Suparno, A. Suhaenah. 2000. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Dikti Depdiknas.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Downloads

How to Cite

Juwani, J. (2016). EFEKTIVITAS METODE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(1). https://doi.org/10.30595/mtf.v2i1.302

Issue

Section

Article