EFEKTIVITAS METODE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v2i1.302Abstract
Abstrak:Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi di SMK Negeri 3 Purbalingga masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode group investigation terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen jenis kuasi dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Purbalingga, sedangkan sampel yang terpilih adalah siswa kelas X TL A sebagai kelompok kontrol dan kelas X TL B sebagai kelompok eksperimen. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data tes/pengetesan dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t independen. Berdasarkan hasil analisis statistik diketahui bahwa nilai t hasil uji-t variabelmotivasi sebesar 8,104 sedangkan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan angka 2,036. Nilai t hasil uji-tvariabel menulis teks laporan hasil observasi sebesar 3,280 sedangkan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan angka sebesar 2,036. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metodegroup investigation efektif terhadap peningkatan motivasi dan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Purbalingga. Kata kunci: group investigation, motivasi, menulis, teks laporan hasil observasiReferences
Budimansyah. 2004. Belajar Kooperatif Model Penyelidikan Kelompok dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas V SD. Malang: Program PPs Universitas Negeri Malang.
Maimunah. 2005. Pembelajaran Volume Bola denganBelajarKooperatif Model Group Investigation padaSiswaKelas X SMA LaboratoriumUniversitasNegeri Malang. Tesistidakditerbitkan. Malang: UniversitasNegeri Malang.
Maryanto, dkk. 2014. Bahasa Indonesia EkspresiDiridanAkademikuntuk SMA/ MA/ SMK/ MAK. Jakarta: Depdikbud.
Permendikbud. 2013. Peraturan Mendikbud RI No. 69 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/ MA. Jakarta: Depdikbud.
Slameto. 2004. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruh-inya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Cet. Ke-4.
Suparno, A. Suhaenah. 2000. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Dikti Depdiknas.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.