METODE PEMODELAN TOKOH PESBUKERSDI MEDIA TV SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v2i1.304Abstract
Abstrak: Kemampuan bermain peran siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Patikraja pada semester gasal tahun pelajaran 2015/2016 dinyatakan masih rendah. Dalam kegiatan pembelajaran bermain peran tersebut sebagian besar siswa mengalami kesulitan dan kendala psikologis yakni rasa malu, khawatir, dan kurang percaya diri saat bermain peran di depan kelas. Kebanyakan siswa merasa bingung dengan cerita yang akan dibawakannya karena mereka kurang menguasai isi naskah dramanya serta khawatir tidak dapat bermain peran/drama dengan baik. Berdasarkan kondisi tersebut perlu diupayakan solusinya. Penulis memilih metode pemodelan tokoh acara PESBUKERS agar siswa dapat bermain peran/drama dengan baik dari awal hingga akhir dengan cara improvisasi tanpa rasa malu, khawatir dan kurang percaya diri. Metode Pemodelan tokoh acara Pesbukers merupakan metode yang sangat menarik perhatian siswa.Dengan menggunakan metode Pemodelan tersebut kesulitan dan kendala psikologis dapat teratasi serta hasil belajarpun lebih baik. Kemampuan bermain peran/drama menjadi meningkat. Hal ini terbuktibahwa nilai rata-rata kelas meningkat dari 68 menjadi 85. Persentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 70,58% menjadi 84,11%. Kata kunci : bermain peran, pemodelanReferences
Arikunto, Suharsimi.dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Ismawati, Esti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra. Surakarta : YUMA PUSTAKA.
Jurnal Pendidikan Widyatama Vol. 7 no. 3 LPMP Jawa Tengah. September 2010.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Perkasa.
Slamet, St.Y. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia.Surakarta : LPP UNS dan UNS Press.
file:///H:/TeoriDramaSebuahRangkuman Ringkas analisis drama.htm Teori Drama
http://martiningsih.blogspot.com/2007/12/macam-macam metode pembelajaranhttp://pakguruonline.pendidikan.net
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.