PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA SMP N 2 MAJENANG KELAS VII A
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v5i1.5024Keywords:
Media Wall Chart dan Kemampuan Menulis Cerita PendekAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wall chart dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa SMP N 2 Majenang kelas VII A. Manfaat dari penelitian ini (1) sebagai acuan guru bahasa Indonesia untuk memperbaiki dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran, (2) sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya terutama yang menyangkut pengajaran bahasa dan sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama yang menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP N 2 Majenang kelas VII yang berjumlah 215 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Majenang kelas VII A yang berjumlah 35 siswa.References
DAFTAR PUSTAKA
Buku Panduan Akademik 2015
Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 4, No. 1, Juni 2017
Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6 ISSN 2354-614X
Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Volume 1, Nomor 1, Agustus 2016 Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman Dan Media Audiovisual Pada Sekolah Menengah Pertama Oleh: Mastini, Sarwiji Suwandi, dan Sumarwati
Keefektifan Penggunaan Media Bagan Dinding (Wall Chart) Dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X Sma Widya Kutoarjo Oleh: Siti Sarifah
Kurniawan, Heru. 2014. Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: Rosda.
Nurgiyantoro, Burhan. 2004. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.
Sukidin dan Minder. 2005. Metode Penelitian . Surabaya: Insan Cendekia.
Tribana, I Gusti Ketut. 2015. Apresiasi Sastra Dalam Pembentukan Pikiran Kritis. Bali: Pustaka Lrasan.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Jurnl Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 3, No 1 (2015)
Jurnal Pngembangan Sumber Daya Insani Vol 1, No 1 (2016)J- SIMBOL (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya) Vol 1, No 1
Jurnal Lingkar Widyaiswara Vol 01-15, No 2
Jurnal SASINDO (Program Studi Sastra Indonesia FBS UNIMED) Vol 1, No 2 (2012)
Jurnal Pepatuzdu, Vol 4, No 1 (2012)
Jurnal UPI, Vol 3, No 3 (2012)
Jurnl Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.