MODA DALAM JARINGAN (DARING) PADA KEGIATAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) SEBAGAI ALTERNATIF BAGI GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI
Abstract
Abstrak: Guru sebagai pendidik pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini, dasar,dan menengah memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik sehingga menjadi determinan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Peran penting seorang guru perlu diimbangi dengan kompetensi guru. Hasil UKG pada tahun 2015 menunjukkan nilai rata-rata nasional yang dicapai adalah 56,69. Pemerintah melalui Kemendikbud dalam rencana strategis tahun 2015-2019 kompetensi guru diharapkan terus meningkat hingga mencapai nilai 80 pada tahun 2019. Untuk itu Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mengembangkan program peningkatan kompetensi guru berdasarkan hasil UKG 2015 yang disebut dengan program Guru Pembelajar dengan menggunakan salah satu moda yaitu moda daring. Selama 3 tahun pelaksanaan program guru pembelajar melalui moda daring didapatka hasil yang sangat signifikan. Kompetensi guru meningkat mulai 22.08 sampai 25.26 pada jenjang guru TK hingga guru SMK.
Keywords
Kompetensi, Guru pembelajar, Moda daring
DOI: 10.30595/mtf.v5i1.5027
Copyright (c) 2019 Nurul Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-6020
User
About The Author
Article Tools
Email this article (Login required)
Email the author (Login required)
Keywords
Bahan Ajar
Bahasa
Bahasa Indonesia
Berita
Cerita Fantasi
Cerpen
Diksi
Gaya Bahasa
Kearifan Lokal
Keterampilan Menulis
Kompetensi, Guru pembelajar, Moda daring
Lirik Lagu
Moral
Nilai Moral
Novel
Pembelajaran Bahasa Indonesia
Pengembangan
Psikolinguistik
Teks Berita
Teks Eksplanasi
Tokoh Utama
Information