MODA DALAM JARINGAN (DARING) PADA KEGIATAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) SEBAGAI ALTERNATIF BAGI GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v5i1.5027Keywords:
Kompetensi, Guru pembelajar, Moda daringAbstract
Abstrak: Guru sebagai pendidik pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini, dasar,dan menengah memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik sehingga menjadi determinan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Peran penting seorang guru perlu diimbangi dengan kompetensi guru. Hasil UKG pada tahun 2015 menunjukkan nilai rata-rata nasional yang dicapai adalah 56,69. Pemerintah melalui Kemendikbud dalam rencana strategis tahun 2015-2019 kompetensi guru diharapkan terus meningkat hingga mencapai nilai 80 pada tahun 2019. Untuk itu Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mengembangkan program peningkatan kompetensi guru berdasarkan hasil UKG 2015 yang disebut dengan program Guru Pembelajar dengan menggunakan salah satu moda yaitu moda daring. Selama 3 tahun pelaksanaan program guru pembelajar melalui moda daring didapatka hasil yang sangat signifikan. Kompetensi guru meningkat mulai 22.08 sampai 25.26 pada jenjang guru TK hingga guru SMK.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.