MODA DALAM JARINGAN (DARING) PADA KEGIATAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) SEBAGAI ALTERNATIF BAGI GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI

Authors

  • Nurul Hidayah UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v5i1.5027

Keywords:

Kompetensi, Guru pembelajar, Moda daring

Abstract

Abstrak: Guru sebagai pendidik pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini, dasar,dan menengah memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik sehingga menjadi determinan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Peran penting seorang guru perlu diimbangi dengan kompetensi guru. Hasil UKG pada tahun 2015 menunjukkan nilai rata-rata nasional yang dicapai adalah 56,69. Pemerintah melalui Kemendikbud dalam rencana strategis tahun 2015-2019 kompetensi guru diharapkan terus meningkat hingga mencapai nilai 80 pada tahun 2019. Untuk itu Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mengembangkan program peningkatan kompetensi guru berdasarkan hasil UKG 2015 yang disebut dengan program Guru Pembelajar dengan menggunakan salah satu moda yaitu moda daring. Selama 3 tahun pelaksanaan program guru pembelajar melalui moda daring didapatka hasil yang sangat signifikan. Kompetensi guru meningkat mulai 22.08 sampai 25.26 pada jenjang guru TK hingga guru SMK.

Downloads

Published

2019-08-02

How to Cite

Hidayah, N. (2019). MODA DALAM JARINGAN (DARING) PADA KEGIATAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) SEBAGAI ALTERNATIF BAGI GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 5(1), 44–53. https://doi.org/10.30595/mtf.v5i1.5027

Issue

Section

Article