PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE TRANSLATE TERHADAP KUALITAS TERJEMAHAN MAHASISWA PSM PBSI UMP
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v5i2.5073Abstract
Abstrak: Pemahaman siswa di SMP Negeri 2 Ajibarang masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya keterlibatan siswa selama proses belajar mengajar dan media yang digunakan guru ketika mengajar. Guru perlu menerapkan metode dan media pembelajaran yang dapat mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Permainan tiga, enam, sembilan adalah salah satu media yang dapat memenuhi harapan tersebut. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui apakah permainan tiga, enam, sembilan dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 7C semester 1 SMP Negeri 2 Ajibarang Tahun 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan keaktivan dan pemahaman siswa setelah menerima pembelajaran dengan permainan tiga, enam, sembilan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan tiga, enam, sembilan dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa dalam belajar.References
DAFTAR PUSTAKA
Andika, Situmorang Mulkan. 2012. Meningkatkan Kemampuan Memahami Wacana melalui Media Pembelajaran Puzzle.
Azizah, Nur. 2013. Tingkat Keteram-pilan Berbicara ditinjau dari Metode Bermain Peran pada Anak Usia 5-6 Tahun, 2(2).
Fitriyah. 2015. Perencanaan Perma-inan Edukasi Belajar Membaca pada Anak Prasekolah Berbasis Smartphone Android. 3(1).
Mukhlisna, Innany. 2017. Modul Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Cerita Petualangan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 2 (2) 791-797.
Nugrahani, Rahina. 2007. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar.Jilid 36, No 01.
Priatmoko, Sigit. Achmad Binadja. 2008. Pengaruh Media Permainan Truth and Dare Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA dengan Visi Sets. 2 (1).
Rohman, Nanan. Bambang Mulyanto. 2010. Membangun Aplikasi Game Edukatif Sebagai Media Belajar Anak-anak. 4(1).
Syahputra, Amin. 2012. Pengunaan Media Permainan Kartu Kuarnet pada Pembelajaran Menulis Karangan Narasi..1(2).
Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : Sekolah Paskasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Madya, Suwarsih. 2013. Metodologi Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Pers.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.