UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE KOOPERATIF STAD DI KELAS VII D SMP NEGERI 2 AJIBARANG
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v5i2.5077Keywords:
Pembelajaran kooperatif STAD, aktivitas, pemahaman belajarAbstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dalam KBM dan pemahaman belajar siswa kelas 7 D SMP Negeri 2 Ajibarang melalui penerapan pembelajaran kooperatif STAD ( Student Teams Achievement Division) meneliti tentang Penelitian Tindakan Kelas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan, setiap pertemuannya mencakup 4 tahap kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subyek penelitian adalah kelas 7 D pada semester ganjil SMP Negeri 2 Ajibarang tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa, mendiagnosis permasalahan kepasifan dan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan dengan metode koomperatif diharapkan dapat menuai hasil yang positif. Peningkatan keaktifan dan pemahaman belajar siswa dapat dilihat dari berubahnya kondisi kelas yang semakin aktif.References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Aryana, I. G. M. R., Al Idrus, A., & Harjono, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif NHT dan STAD Terhadap Hasil Belajar Sikap Siswa SMA Negeri 2 Gerung. Jurnal pijar MIPA, 10(2).
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-teori Belajar, Jakarta: Erlangga
Enjah Takari. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. PT Genesindo.
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000, Pembelajaran Cooperative, Program Pascasarjana Unesa, University Press, Surabaya
Nyimas Aisyah. (2007). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP. Jakarta: Depdiknas.
Sudjana, Nana. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Susanto. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.