PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK OUTBOND TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS VB MI TARBIYATUL ATHFAL PRUWATAN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v5i2.5080Keywords:
Teknik Outbond, Keterampilan Menulis, Puisi BebasAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik outbond terhadap keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VB MI Tarbiyatul Athfal Pruwatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan one-group pretest-postest design. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak delapam belas responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif dan statistik parametris dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang sangat kuat antara teknik outbond terhadap keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VB MI Tarbiyatul Athfal Pruwatan dengan persamaan regresi 7,006 + 0,945X. Nilai koefisien korelasi (r) adalah 0,826 dan besarnya pengaruh penggunaan teknik outbond terhadap keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VB MI Tarbiyatul Athfal Pruwatan adalah sebesar 68,2%, sedangkan sisanya sebesar 31,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel teknik outbond.References
DAFTAR PUSTAKA
Budiastuti, Winda dkk. 2014. Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol. 1 (3). 573-582.
Budiyono. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum 2006, Standar Kompetensi Mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutejo dan Kasnadi. 2009. Menulis Cepat: Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Felicha.
Umar, Totong. 2011. Pengaruh Outbond Training Terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Kepemimpinan Dan Kerjasama Tim. Jurnal Ilmiah SPIRIT. Vol. 11 (3). 59-69.
Wisang, Imelda Olivia. 2014. Memahami Puisi dari Apresiasi Menuju Kajian. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Yamin, Martinis dan Maisah. 2012. Manajemen Pembelajaran Kelas (Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran). Jakarta: Gaung Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.