PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DAN PRINSIP KESOPANAN DALAM PERCAKAPAN PEMBAWA ACARA MUSIK INBOX EDISI DESEMBER 2015 DI STASIUN TELEVISI SCTV

Authors

  • Endang Sayekti

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v6i2.7804

Keywords:

Kata kunci, pelanggaran prinsip kerja sama, prinsip kesopanan, inbox

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dengan judul “Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Prinsip Kesopanan dalam Percakapan Pembawa Acara Musik Inbox Edisi Desember 2015 di Stasiun Televisi SCTV.” Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan dalam percakapan pembawa acara musik Inbox di Stasiun Televisi SCTV. Data penelitian ini adalah percakapan pembawa acara musik Inbox. Data terse-but diambil dari lima episode yang berbeda: 5 Desember dengan jumlah tuturan 1.213, 6 Desember dengan jumlah tuturan 1.149, 8 Desember dengan jumlah tuturan 2015 1.153, 9 Desember dengan jumlah tuturan 779 dan 10 Desember dengan jumlah tuturan 930. Sumber data penelitian ini adalah pemba¬wa acara musik inbox. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun tahap-tahap penelitian yaitu pertama penyediaan data, ke dua penganalisisan data, dan ke tiga penyajian analisis data. Teknik penyediaan datanya menggunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap. Teknik selanjut¬nya adalah teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Tahap penganalisisan data dalam penelitian ini menggunakan metode padan referensial. Tahap penyajian dalam penelitian ini menggu¬nakan metode penyajian informal, yaitu perumusan hasil analisis dengan kata-kata biasa. Hasil analisis pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan yang ditemukan yaitu maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, maksim pelaksanaan, maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatian. Data pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan yang ditemukan dari lima episode yang berbeda yaitu 153 data. Masing-masing terbagi atas pelaggaran maksim kuantitas 4 data, pelanggaran maksim kualitas 33 data, pelanggaran maksim relevansi 12 data, pelanggaran maksim pelaksanaan 4 data, pelanggaran maksim kebijaksanaan 3 data, pelanggaran maksim kedermawanan 2 data, pelanggaran maksim penghargaan 50 data, pelanggaran maksim kesederhanaan 13 data, pelanggaran maksim permufakatan 26 data, pelanggaran maksim kesimpatian 6 data. Pelanggaran tersebut sengaja dilakukan untuk tujuan tertentu yaitu untuk menciptakan suasana humor, untuk mengisi kekosongan bahasa yang terjadi di atas panggung, supaya tidak dipojokan oleh mitra tutur, untuk segera melanjutkan acara, ingin mengetahui permasalahan atau jawaban yang ingin diungkap dan supaya lawan tutur melakukan tindakan tanpa memerintah secara langsung. Kata kunci: pelanggaran prinsip kerja sama, prinsip kesopanan, inbox

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 1988. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta..

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik; Perke-nalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cummings, Louise. 2007. Pragma-tik: sebuah perspektif multi-disipliner. Yogyakarta: Pus-ta¬¬ka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pus¬taka

Dewi, Fitriana Utami. 2014. Publik Speaking; Kunci Sukses Ber-bicara di depan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Se-buah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa Indah.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Ka-mus Linguistik. Jakarta: Gra-media Pustaka Utama.

Mahsun, M.S. 2012. Metode Peneli-tian Bahasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Rahardi, Kunjana.2008. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rohmadi, Muhammad. 2004. Pragmatik Teori dan Analisis. Yogyakarta: Lingkar Media.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Pragmatik. Bandung: ANGKASA.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

(http: //id.m.wikipedia.org/acara- televisi/inbox-sctv)

Diakses 15 November 2015 pukul 20.00 WIB

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 1988. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta..

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik; Perke-nalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cummings, Louise. 2007. Pragma-tik: sebuah perspektif multi-disipliner. Yogyakarta: Pus-ta¬¬ka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pus¬taka

Dewi, Fitriana Utami. 2014. Publik Speaking; Kunci Sukses Ber-bicara di depan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Se-buah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa Indah.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Ka-mus Linguistik. Jakarta: Gra-media Pustaka Utama.

Mahsun, M.S. 2012. Metode Peneli-tian Bahasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Rahardi, Kunjana.2008. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rohmadi, Muhammad. 2004. Pragmatik Teori dan Analisis. Yogyakarta: Lingkar Media.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Pragmatik. Bandung: ANGKASA.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

(http: //id.m.wikipedia.org/acara- televisi/inbox-sctv)

Diakses 15 November 2015 pukul 20.00 WIB

Downloads

Published

2020-07-09

How to Cite

Sayekti, E. (2020). PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DAN PRINSIP KESOPANAN DALAM PERCAKAPAN PEMBAWA ACARA MUSIK INBOX EDISI DESEMBER 2015 DI STASIUN TELEVISI SCTV. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(2), 44–57. https://doi.org/10.30595/mtf.v6i2.7804

Issue

Section

Article