APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERSASTRA
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v6i1.7824Keywords:
Kata Kunci, media pembelajaran, aplikasi tik tok, bahasa dan sastra indonesiaAbstract
Abstrak: Artikel ini merupakan sebuah gagasan tertulis sebagai tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan sebelumnya oleh penulis, terkait dengan pengembangan media pembelajaran. Seiring dengan dicanangkannya revolusi industri 4.0 maka dinamika pembelajaran tidak boleh lagi mengimplementasikan cara yang konvensinal, terutama dalam pemilihan media pem¬¬belajaran. Media pembelajaran di era digital harus diselaraskan dengan perkembangan teknologi. Media pembelajaran haruslah menarik, dekat dan lekat dengan peserta didik. Aplikasi Tik Tok hadir dengan predikat minir dari masyarakat, namun ironisnya rerata anak generasi Z sangat menikmati aplikasi ini, Berdasarkan premis tersebut maka dapat ditarik generalisasi bahwa apabila digunkan serta dimediasi secara tepat maka Aplikasi Tik Tok akan menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik serta menyenangkan. Penggunaan Apli¬kasi Tik Tok sebagai media pembelajaran interaktif diharapkan membantu peserta didik dalam memahami dan menerima proses pembelajaran yang dilakukan guru. Media pembe¬lajaran in¬ter¬aktif dapat mewakili apa yang belum bisa disampaikan guru dan proses pem¬belajaran akan lebih efektif dan efisien. Melalui aplikasi Tik Tok, guru dapat dengan mu¬dah menciptakan pembelajaran interaktif, sehingga dapat disesuaikan dengan lingkungan, situasi, dan kondisi dari peserta didik. Kata Kunci: media pembelajaran, aplikasi tik tok, bahasa dan sastra indonesiaReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aji, W.N. (2016). Peningkatan Keteram-pilan Menulis Teks Eksposisi dengan Metode Inquirydiscovery Learning dan penggunaan Media Video pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 3 Colomadu. MAGISTRA, 95, 34–42.
Aji, W. N. (2017). Implementasi Kuriku-lum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Klaten. Jurnal VARIDIKA, 29(1), 1–8. https://doi. org/https://doi.org/10.23917/varidika.v29i1.5141
Aji, W. N., & Budiyono, S. (2018). The Teaching Strategy of Bahasa Indone-sia in Curriculum 2013. International Journal of Active Learning, 3(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/IJAL. V3I2.12222
Darmawan, S. L. (2013). Promoting Stu-dents Explicit Information Skill In Reading Comprehension Through Graphic Organizer. Premise Journal :ISSN Online: 2442-482x,ISSN Prin-ted: 2089-3345, 2(2), 112–118. https://doi.org/10.24127/pj.v2i2.684
Fatimah Kartini Bohang. (2018). Tik Tok Punya 10 juta pengguna Aktif di Indonesia-Kompas.com. Retrieved September 10, from https://tekno. kompas.com/read/2018/07/05/09531027/tik-tok-punya-10-juta-pengguna-aktif-di-indonesia
Isroqm, A. (2013). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif ( Studi Kasus : Aplikasi Powerpoint ), 1317–1336.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadao Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implemen-tasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang standar Isi, Jakarta, 2016
Purbasari, R. J. (2013). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Mate¬ri Dimensi Tiga untuk Peserta Didik Sma Kelas X. Jurnal Online Univer¬sitas Negeri Malang.
Sulisworo, D. (2016). The Contribution of the Education System Quality to Improve the Nation's Competitivess of Indonesia. Journal of Education and Learning (Edulearn), 10(2), 127. https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i2.3468
Suryaman, M. (2010). Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Sastra. Cakrawala Pendidikan, 112–126
Syifak, M. (2013). Penggunaan Cerita Ber¬gambar untuk Meningkatkan Kemam¬puan Membaca Nyaring Peserta didik Kelas II SDN Margorejo III / 405 Surabaya M . Syifak. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.