Problematika Penguasaan Tiga Bahasa pada Santri Putra Kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok Tahun Ajaran 2019/2020

Nanang Rahmat Hidayat, Santhy Hawanti

Abstract


Penelitian ini berjudul “Problematika Penguasaan Tiga Bahasa Pada Santri Putra Kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok Tahun Ajaran 2019/2020”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi (1) problematika penguasaan bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia dari segi linguistik dan nonlinguistik pada santri putra kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-zam Muhammadiyah Cilongok, (2) faktor apa saja yang menyebabkan problematika penguasaan bahasa bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia dari segi linguistik dan nonlinguistik pada santri putra kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok, Banyumas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian tentang problematika penguasaan bahasa Arab menyatakan adanya permasalahan pada aspek fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, aspek kemampuan individu siswa, aspek keterba-tasan jam belajar, dan aspek guru dan metode pengajaran. Hasil penelitian tentang problematika penguasaan bahasa Inggris menyatakan adanya permasalahan pada aspek fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, aspek kemampuan individu siswa, aspek guru dan metode pembelajaran, dan aspek lingkungan/sosial. Sedangkan hasil penelitian tentang problematika penguasaan bahasa Indonesia menyatakan adanya permasalahan pada aspek fonologi, sintaksis, dan sarana/prasarana.

Keywords


Problematika; Penguasaan; Tiga Bahasa

References


Chaer, Abdul. (2007). Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Iskandarwassid,. dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Izaan, Ahmad. (2016). Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Humaniora.

Kompei. (2018). Manajeman dan Kepemimpinan Pondok Pesantern. Jakarta: Prenadamedia Group.

Chirzin, M Habib,. dkk. (2017). Standar Pendidikan Pesantern Muhammadiyah Tahun 2017. LP2M

Pateda, Mansoer. (1990). Aspek-aspek Psikolinguistik. Yogyakarta: Kanisius.

Rohman, Fathur. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

WS, Winkel. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v8i1.8499

Copyright (c) 2021 Nanang Rahmat Hidayat, Santhy Hawanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020