Problematika Penguasaan Tiga Bahasa pada Santri Putra Kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok Tahun Ajaran 2019/2020

Authors

  • Nanang Rahmat Hidayat Universitas Muhammadiyah purwokerto
  • Santhy Hawanti Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.8499

Keywords:

Problematika, Penguasaan, Tiga Bahasa

Abstract

Penelitian ini berjudul “Problematika Penguasaan Tiga Bahasa Pada Santri Putra Kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok Tahun Ajaran 2019/2020”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi (1) problematika penguasaan bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia dari segi linguistik dan nonlinguistik pada santri putra kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-zam Muhammadiyah Cilongok, (2) faktor apa saja yang menyebabkan problematika penguasaan bahasa bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia dari segi linguistik dan nonlinguistik pada santri putra kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok, Banyumas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian tentang problematika penguasaan bahasa Arab menyatakan adanya permasalahan pada aspek fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, aspek kemampuan individu siswa, aspek keterba-tasan jam belajar, dan aspek guru dan metode pengajaran. Hasil penelitian tentang problematika penguasaan bahasa Inggris menyatakan adanya permasalahan pada aspek fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, aspek kemampuan individu siswa, aspek guru dan metode pembelajaran, dan aspek lingkungan/sosial. Sedangkan hasil penelitian tentang problematika penguasaan bahasa Indonesia menyatakan adanya permasalahan pada aspek fonologi, sintaksis, dan sarana/prasarana.

Author Biography

Nanang Rahmat Hidayat, Universitas Muhammadiyah purwokerto

PBSI - Pascasarjana - UM Purwokerto

References

Chaer, Abdul. (2007). Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Iskandarwassid,. dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Izaan, Ahmad. (2016). Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Humaniora.

Kompei. (2018). Manajeman dan Kepemimpinan Pondok Pesantern. Jakarta: Prenadamedia Group.

Chirzin, M Habib,. dkk. (2017). Standar Pendidikan Pesantern Muhammadiyah Tahun 2017. LP2M

Pateda, Mansoer. (1990). Aspek-aspek Psikolinguistik. Yogyakarta: Kanisius.

Rohman, Fathur. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

WS, Winkel. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2021-07-13

How to Cite

Hidayat, N. R., & Hawanti, S. (2021). Problematika Penguasaan Tiga Bahasa pada Santri Putra Kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok Tahun Ajaran 2019/2020. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 47–55. https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.8499

Issue

Section

Article