Problematika Penguasaan Tiga Bahasa pada Santri Putra Kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini berjudul “Problematika Penguasaan Tiga Bahasa Pada Santri Putra Kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok Tahun Ajaran 2019/2020”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi (1) problematika penguasaan bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia dari segi linguistik dan nonlinguistik pada santri putra kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-zam Muhammadiyah Cilongok, (2) faktor apa saja yang menyebabkan problematika penguasaan bahasa bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia dari segi linguistik dan nonlinguistik pada santri putra kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok, Banyumas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian tentang problematika penguasaan bahasa Arab menyatakan adanya permasalahan pada aspek fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, aspek kemampuan individu siswa, aspek keterba-tasan jam belajar, dan aspek guru dan metode pengajaran. Hasil penelitian tentang problematika penguasaan bahasa Inggris menyatakan adanya permasalahan pada aspek fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, aspek kemampuan individu siswa, aspek guru dan metode pembelajaran, dan aspek lingkungan/sosial. Sedangkan hasil penelitian tentang problematika penguasaan bahasa Indonesia menyatakan adanya permasalahan pada aspek fonologi, sintaksis, dan sarana/prasarana.
Keywords
Problematika; Penguasaan; Tiga Bahasa
References
Chaer, Abdul. (2007). Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Iskandarwassid,. dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Izaan, Ahmad. (2016). Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Humaniora.
Kompei. (2018). Manajeman dan Kepemimpinan Pondok Pesantern. Jakarta: Prenadamedia Group.
Chirzin, M Habib,. dkk. (2017). Standar Pendidikan Pesantern Muhammadiyah Tahun 2017. LP2M
Pateda, Mansoer. (1990). Aspek-aspek Psikolinguistik. Yogyakarta: Kanisius.
Rohman, Fathur. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
WS, Winkel. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.DOI: 10.30595/mtf.v8i1.8499
Copyright (c) 2021 Nanang Rahmat Hidayat, Santhy Hawanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-6020
User
About The Authors
Article Tools
Email this article (Login required)
Email the author (Login required)
Keywords
Bahan Ajar
Bahasa
Bahasa Indonesia
Berita
Cerita Fantasi
Cerpen
Diksi
Gaya Bahasa
Kearifan Lokal
Keterampilan Menulis
Kompetensi, Guru pembelajar, Moda daring
Lirik Lagu
Moral
Nilai Moral
Novel
Pembelajaran Bahasa Indonesia
Pengembangan
Psikolinguistik
Teks Berita
Teks Eksplanasi
Tokoh Utama
Information