Problematika Penguasaan Tiga Bahasa pada Santri Putra Kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok Tahun Ajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.8499Keywords:
Problematika, Penguasaan, Tiga BahasaAbstract
Penelitian ini berjudul “Problematika Penguasaan Tiga Bahasa Pada Santri Putra Kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok Tahun Ajaran 2019/2020”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi (1) problematika penguasaan bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia dari segi linguistik dan nonlinguistik pada santri putra kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-zam Muhammadiyah Cilongok, (2) faktor apa saja yang menyebabkan problematika penguasaan bahasa bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia dari segi linguistik dan nonlinguistik pada santri putra kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok, Banyumas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian tentang problematika penguasaan bahasa Arab menyatakan adanya permasalahan pada aspek fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, aspek kemampuan individu siswa, aspek keterba-tasan jam belajar, dan aspek guru dan metode pengajaran. Hasil penelitian tentang problematika penguasaan bahasa Inggris menyatakan adanya permasalahan pada aspek fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, aspek kemampuan individu siswa, aspek guru dan metode pembelajaran, dan aspek lingkungan/sosial. Sedangkan hasil penelitian tentang problematika penguasaan bahasa Indonesia menyatakan adanya permasalahan pada aspek fonologi, sintaksis, dan sarana/prasarana.References
Chaer, Abdul. (2007). Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Iskandarwassid,. dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Izaan, Ahmad. (2016). Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Humaniora.
Kompei. (2018). Manajeman dan Kepemimpinan Pondok Pesantern. Jakarta: Prenadamedia Group.
Chirzin, M Habib,. dkk. (2017). Standar Pendidikan Pesantern Muhammadiyah Tahun 2017. LP2M
Pateda, Mansoer. (1990). Aspek-aspek Psikolinguistik. Yogyakarta: Kanisius.
Rohman, Fathur. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
WS, Winkel. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.