Analisis Butir Soal Tes Objektif dan Subjektif untuk Keterampilan Membaca Pemahaman pada Kelas VII SMP N 3 Kalibagor

Authors

  • Rosyidah Nur Ainy Sanusi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Furqanul Aziez Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.8501

Keywords:

Analisis Butir Soal, Tes Objektif dan Tes Subjektif, Membaca Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis butir soal tes objektif dan subjektif untuk keterampilan membaca pemahaman pada kelas VII SMP Negeri 3 Kalibagor. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Kalibagor sebanyak 224 siswa terbagi menjadi 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling (teknik sampel acak sederhana), jumlah sampel yang dibutuhkan 25% dari jumlah populasi. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat validitas pilihan ganda valid 72% dan tidak valid 28%, benar salah valid 90% dan tidak valid 10%, menjodohkan dan esai valid 100%. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat reliabilitas dalam butir tes objektif dan subjektif memiliki „tingkat reliabilitas yang tinggi‟. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat kesukaran pilihan ganda termasuk golongan “sukar‟ 4%, ”sedang‟ 32%, dan “mudah‟ 64%. Benar   salah   termasuk   golongan   “sedang”   20%   dan   “mudah‟   20%.   Butir   tes menjodohkan golongan  “sedang‟  16%  dan  “mudah‟  4%.  Selanjutnya,  butir  tes  esai  golongan “sedang‟ 4% dan “mudah‟ 16%. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat kesukaran, dalam bentuk soal pilihan  ganda  kategori  “jelek‟  32%  dan  “cukup‟  68%.  Benar  salah  kategori  soal  “jelek‟  10%,  “cukup” 60%, dan “baik‟ 30% . Adapun butir tes menjodohkan dan esai dinyatakan “baik‟ semua dengan 100%. Kualitas butir soal dilihat dari efektivitas pengecoh bahwa 8 butir soal 32% “buruk,” 12   butir soal 48 % “kurang baik‟, dan 5 butir soal 20 % “baik‟. Analisis butir tes objektif (pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan) dan subjektif (esai) dapat diterapkan pada keterampilan membaca pemahaman.

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung:Refika Aditama.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembe­lajaran. Bandung: Remaja Ros­da­karya.

, 2012. Penelitian Pen­didikan: Metode dan Para­digma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

,2017. Evaluasi Pem­­­be­lajaran. Bandung: Rema­ja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

, 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Fadilah, Dede. 2017. Peningkatan Kete­rampilan Membaca Pema­haman dengan Menggunakan Metode SQ3R pada Siswa Kelas V Min 1 Pesawaran Tahun Aja­ran 2016/2017. PhD Thesis. IAIN Raden Intan Lampung.

Iskandarwassid dan Dadang Sunen­dar. 2016. Strategi Pembelaja­ran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kasmadi, Sumariyah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfa Beta.

Mulyatiningsih Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pen­didikan. Bandung: Alfa Be­ta.

Nana, Sundjana. 2016. Penilaian Ha­sil Belajar Proses Belajar Mengajar: Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian da­lam Pengajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Bpfe.

Nurhadi: 2005. Membaca Cepat dan Efek­tif. Bandung: Sinar Baru.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Simanjuta, D. (2017). Penerapan Stra­tegi Directed Reading Activity (DRA) untuk Meningatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Pemahaman Kelas V SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hu­lu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 47-57.

Somadyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

, 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendi­dikan (Pendekatan Kuantitatif, Kua­litatif dan RnD). Bandung: Alfa Beta.

Sukirno, 2015. Membaca Pemahaman yang Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syamsi, Kastam & Kusmiyatun, Ari. 2006. Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa dengan Pendekatan Proses. Litera, 5 (2): 219-232.

Tampubolon, DP. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Ber­ba­hasa. Bandung: Angkasa.

. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Ber­bahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, Hamzah dan Satria Koni. 2012. Asesmen Pembelajaran. Jakarta : Bumi Angkasa.

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yusuf, Muri. 2014. Metode Pen.elitian Kuantitatif Kualitatif dan Pene­litian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Downloads

Published

2021-07-13

How to Cite

Sanusi, R. N. A., & Aziez, F. (2021). Analisis Butir Soal Tes Objektif dan Subjektif untuk Keterampilan Membaca Pemahaman pada Kelas VII SMP N 3 Kalibagor. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 99–109. https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.8501

Issue

Section

Article