Analisis Butir Soal Tes Objektif dan Subjektif untuk Keterampilan Membaca Pemahaman pada Kelas VII SMP N 3 Kalibagor
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis butir soal tes objektif dan subjektif untuk keterampilan membaca pemahaman pada kelas VII SMP Negeri 3 Kalibagor. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Kalibagor sebanyak 224 siswa terbagi menjadi 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling (teknik sampel acak sederhana), jumlah sampel yang dibutuhkan 25% dari jumlah populasi. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat validitas pilihan ganda valid 72% dan tidak valid 28%, benar salah valid 90% dan tidak valid 10%, menjodohkan dan esai valid 100%. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat reliabilitas dalam butir tes objektif dan subjektif memiliki „tingkat reliabilitas yang tinggi‟. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat kesukaran pilihan ganda termasuk golongan “sukar‟ 4%, ”sedang‟ 32%, dan “mudah‟ 64%. Benar salah termasuk golongan “sedang” 20% dan “mudah‟ 20%. Butir tes menjodohkan golongan “sedang‟ 16% dan “mudah‟ 4%. Selanjutnya, butir tes esai golongan “sedang‟ 4% dan “mudah‟ 16%. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat kesukaran, dalam bentuk soal pilihan ganda kategori “jelek‟ 32% dan “cukup‟ 68%. Benar salah kategori soal “jelek‟ 10%, “cukup” 60%, dan “baik‟ 30% . Adapun butir tes menjodohkan dan esai dinyatakan “baik‟ semua dengan 100%. Kualitas butir soal dilihat dari efektivitas pengecoh bahwa 8 butir soal 32% “buruk,” 12 butir soal 48 % “kurang baik‟, dan 5 butir soal 20 % “baik‟. Analisis butir tes objektif (pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan) dan subjektif (esai) dapat diterapkan pada keterampilan membaca pemahaman.
Keywords
References
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung:Refika Aditama.
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
, 2012. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
,2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
, 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Fadilah, Dede. 2017. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Metode SQ3R pada Siswa Kelas V Min 1 Pesawaran Tahun Ajaran 2016/2017. PhD Thesis. IAIN Raden Intan Lampung.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya
Kasmadi, Sumariyah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfa Beta.
Mulyatiningsih Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.
Nana, Sundjana. 2016. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar: Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Bpfe.
Nurhadi: 2005. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Simanjuta, D. (2017). Penerapan Strategi Directed Reading Activity (DRA) untuk Meningatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Pemahaman Kelas V SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 47-57.
Somadyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
, 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD). Bandung: Alfa Beta.
Sukirno, 2015. Membaca Pemahaman yang Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syamsi, Kastam & Kusmiyatun, Ari. 2006. Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa dengan Pendekatan Proses. Litera, 5 (2): 219-232.
Tampubolon, DP. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Uno, Hamzah dan Satria Koni. 2012. Asesmen Pembelajaran. Jakarta : Bumi Angkasa.
Widoyoko, Eko Putro. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yusuf, Muri. 2014. Metode Pen.elitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
DOI: 10.30595/mtf.v8i1.8501
Copyright (c) 2021 Rosyidah Nur Ainy Sanusi, Furqanul Aziez
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-6020