Analisis Butir Soal Tes Objektif dan Subjektif untuk Keterampilan Membaca Pemahaman pada Kelas VII SMP N 3 Kalibagor

Rosyidah Nur Ainy Sanusi, Furqanul Aziez

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis butir soal tes objektif dan subjektif untuk keterampilan membaca pemahaman pada kelas VII SMP Negeri 3 Kalibagor. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Kalibagor sebanyak 224 siswa terbagi menjadi 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling (teknik sampel acak sederhana), jumlah sampel yang dibutuhkan 25% dari jumlah populasi. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat validitas pilihan ganda valid 72% dan tidak valid 28%, benar salah valid 90% dan tidak valid 10%, menjodohkan dan esai valid 100%. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat reliabilitas dalam butir tes objektif dan subjektif memiliki „tingkat reliabilitas yang tinggi‟. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat kesukaran pilihan ganda termasuk golongan “sukar‟ 4%, ”sedang‟ 32%, dan “mudah‟ 64%. Benar   salah   termasuk   golongan   “sedang”   20%   dan   “mudah‟   20%.   Butir   tes menjodohkan golongan  “sedang‟  16%  dan  “mudah‟  4%.  Selanjutnya,  butir  tes  esai  golongan “sedang‟ 4% dan “mudah‟ 16%. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat kesukaran, dalam bentuk soal pilihan  ganda  kategori  “jelek‟  32%  dan  “cukup‟  68%.  Benar  salah  kategori  soal  “jelek‟  10%,  “cukup” 60%, dan “baik‟ 30% . Adapun butir tes menjodohkan dan esai dinyatakan “baik‟ semua dengan 100%. Kualitas butir soal dilihat dari efektivitas pengecoh bahwa 8 butir soal 32% “buruk,” 12   butir soal 48 % “kurang baik‟, dan 5 butir soal 20 % “baik‟. Analisis butir tes objektif (pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan) dan subjektif (esai) dapat diterapkan pada keterampilan membaca pemahaman.


Keywords


Analisis Butir Soal; Tes Objektif dan Tes Subjektif; Membaca Pemahaman

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung:Refika Aditama.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembe­lajaran. Bandung: Remaja Ros­da­karya.

, 2012. Penelitian Pen­didikan: Metode dan Para­digma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

,2017. Evaluasi Pem­­­be­lajaran. Bandung: Rema­ja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

, 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Fadilah, Dede. 2017. Peningkatan Kete­rampilan Membaca Pema­haman dengan Menggunakan Metode SQ3R pada Siswa Kelas V Min 1 Pesawaran Tahun Aja­ran 2016/2017. PhD Thesis. IAIN Raden Intan Lampung.

Iskandarwassid dan Dadang Sunen­dar. 2016. Strategi Pembelaja­ran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kasmadi, Sumariyah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfa Beta.

Mulyatiningsih Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pen­didikan. Bandung: Alfa Be­ta.

Nana, Sundjana. 2016. Penilaian Ha­sil Belajar Proses Belajar Mengajar: Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian da­lam Pengajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Bpfe.

Nurhadi: 2005. Membaca Cepat dan Efek­tif. Bandung: Sinar Baru.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Simanjuta, D. (2017). Penerapan Stra­tegi Directed Reading Activity (DRA) untuk Meningatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Pemahaman Kelas V SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hu­lu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 47-57.

Somadyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

, 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendi­dikan (Pendekatan Kuantitatif, Kua­litatif dan RnD). Bandung: Alfa Beta.

Sukirno, 2015. Membaca Pemahaman yang Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syamsi, Kastam & Kusmiyatun, Ari. 2006. Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa dengan Pendekatan Proses. Litera, 5 (2): 219-232.

Tampubolon, DP. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Ber­ba­hasa. Bandung: Angkasa.

. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Ber­bahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, Hamzah dan Satria Koni. 2012. Asesmen Pembelajaran. Jakarta : Bumi Angkasa.

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yusuf, Muri. 2014. Metode Pen.elitian Kuantitatif Kualitatif dan Pene­litian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v8i1.8501

Copyright (c) 2021 Rosyidah Nur Ainy Sanusi, Furqanul Aziez

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020