Analisis Butir Soal Tes Objektif dan Subjektif untuk Keterampilan Membaca Pemahaman pada Kelas VII SMP N 3 Kalibagor
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.8501Keywords:
Analisis Butir Soal, Tes Objektif dan Tes Subjektif, Membaca PemahamanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis butir soal tes objektif dan subjektif untuk keterampilan membaca pemahaman pada kelas VII SMP Negeri 3 Kalibagor. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Kalibagor sebanyak 224 siswa terbagi menjadi 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling (teknik sampel acak sederhana), jumlah sampel yang dibutuhkan 25% dari jumlah populasi. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat validitas pilihan ganda valid 72% dan tidak valid 28%, benar salah valid 90% dan tidak valid 10%, menjodohkan dan esai valid 100%. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat reliabilitas dalam butir tes objektif dan subjektif memiliki „tingkat reliabilitas yang tinggi‟. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat kesukaran pilihan ganda termasuk golongan “sukar‟ 4%, ”sedang‟ 32%, dan “mudah‟ 64%. Benar salah termasuk golongan “sedang” 20% dan “mudah‟ 20%. Butir tes menjodohkan golongan “sedang‟ 16% dan “mudah‟ 4%. Selanjutnya, butir tes esai golongan “sedang‟ 4% dan “mudah‟ 16%. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat kesukaran, dalam bentuk soal pilihan ganda kategori “jelek‟ 32% dan “cukup‟ 68%. Benar salah kategori soal “jelek‟ 10%, “cukup” 60%, dan “baik‟ 30% . Adapun butir tes menjodohkan dan esai dinyatakan “baik‟ semua dengan 100%. Kualitas butir soal dilihat dari efektivitas pengecoh bahwa 8 butir soal 32% “buruk,” 12 butir soal 48 % “kurang baik‟, dan 5 butir soal 20 % “baik‟. Analisis butir tes objektif (pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan) dan subjektif (esai) dapat diterapkan pada keterampilan membaca pemahaman.
References
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung:Refika Aditama.
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi PembeÂlajaran. Bandung: Remaja RosÂdaÂkarya.
, 2012. Penelitian PenÂdidikan: Metode dan ParaÂdigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
,2017. Evaluasi PemÂÂÂbeÂlajaran. Bandung: RemaÂja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
, 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Fadilah, Dede. 2017. Peningkatan KeteÂrampilan Membaca PemaÂhaman dengan Menggunakan Metode SQ3R pada Siswa Kelas V Min 1 Pesawaran Tahun AjaÂran 2016/2017. PhD Thesis. IAIN Raden Intan Lampung.
Iskandarwassid dan Dadang SunenÂdar. 2016. Strategi PembelajaÂran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya
Kasmadi, Sumariyah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfa Beta.
Mulyatiningsih Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang PenÂdidikan. Bandung: Alfa BeÂta.
Nana, Sundjana. 2016. Penilaian HaÂsil Belajar Proses Belajar Mengajar: Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian daÂlam Pengajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Bpfe.
Nurhadi: 2005. Membaca Cepat dan EfekÂtif. Bandung: Sinar Baru.
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Simanjuta, D. (2017). Penerapan StraÂtegi Directed Reading Activity (DRA) untuk Meningatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Pemahaman Kelas V SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan HuÂlu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 47-57.
Somadyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
, 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian PendiÂdikan (Pendekatan Kuantitatif, KuaÂlitatif dan RnD). Bandung: Alfa Beta.
Sukirno, 2015. Membaca Pemahaman yang Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syamsi, Kastam & Kusmiyatun, Ari. 2006. Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa dengan Pendekatan Proses. Litera, 5 (2): 219-232.
Tampubolon, DP. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan BerÂbaÂhasa. Bandung: Angkasa.
. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan BerÂbahasa. Bandung: Angkasa.
Uno, Hamzah dan Satria Koni. 2012. Asesmen Pembelajaran. Jakarta : Bumi Angkasa.
Widoyoko, Eko Putro. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yusuf, Muri. 2014. Metode Pen.elitian Kuantitatif Kualitatif dan PeneÂlitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.