Kemampuan Berdialog pada Anak Usia 3 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.9166Keywords:
Kemampuan Berdialog, Faktor Keluarga, Faktor Lingkungan, 3 TahunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berdialog anak usia 3 tahun yang dilihat dari kajian psikolinguistik. Pada saat anak berusia 3 tahun, bahasa anak mulai berfungsi untuk berkomunikasi. Hal ini dikarenakan pada usia 3 tahun, anak semakin banyak menyimpan pembendaharaan kata dan tuturan anak mulai lebih panjang dan tata bahasanya lebih teratur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data pada penelitain ini diambil melalui dialog dengan anak berusia 3 tahun. Teknik dalam pengambilan data menggunakan teknik percakapan antara peneliti dengan subyek berupa isi rekaman yang kemudian dicatat sehingga diperoleh dalam bentuk tulisan. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa dialog pada anak berusia 3 tahun dapat diucapkan dengan baik, walaupun dalam pengucapan bunyi ada beberapa fonem yang kurang jelas dan hasil ini dipengaruhi oleh faktor keluarga dan lingkungan di sekitar tempat tinggal.
References
Aman. 2007. "Metodologi Penelitian Kualitatif". Disampaikan dalam acara Diklat Penulisan Skripsi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi yang diselenggarakan oleh HIMA Pendidikan Sejarah FISE UNY. Yogyakarta: 23 Mei 2007.
Aprilia, Mia Nur dan Nuryani. 2020. "Kemampuan Bercerita Pada Anak Usia 5 Tahun: Kajian Psikolinguistik". Journal Jubindo, Vol. 5 No. 1. Edisi April 2020.
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanti, Elvi. 2018. Keterampilan Berbicara. Depok: PT RajaGRafindo Persada.
Fatmawati, Suci Rani. 2015. "Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik". Jurnal Lentera, Vol. XVIII No. 1. Edisi Juni 2015.
Kushartanti, dkk. 2009. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nuryani, Putra, Dona Aji Karunia. 2013. Psikolinguistik. Tangerang Selatan: Mazhab Ciputat.
Kamus Besar Bahasa Indonesia V Daring
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.